alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7a1d4f8d9b171b4627d5bf/ternyata-kosakata-bahasa-indonesia-dan-portugis-banyak-kesamaan
Lapor Hansip
12-09-2019 17:26
Ternyata Kosakata Bahasa Indonesia Dan Portugis Banyak Kesamaan
Past Hot Thread
Ternyata Kosakata Bahasa Indonesia Dan Portugis Banyak Kesamaan
Bahasa Indonesia yang sudah sering kita gunakan sehari-hari, sejauh yang kita ketahui banyak memiliki kesamaan dengan kosakata bahasa Melayu.

Adanya kesamaan bahasa Indonesia dengan bahasa Melayu memang suah nampak jelas, karena dahulunya orang-orang di Nusantara menggunakan bahasa Melayu.

Tapi sebagian orang mungkin belum tahu, jika ternyata bahasa Indonesia memiliki beberapa kesamaan dengan bahasa Portugis.

Akun Twitter milik SBS Radio, mengungkapkan persamaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Portugis melalui sebuah unggahan video.

Dalam video tersebut nampak dua orang karyawan SBS Radio, yang satu bernama Jason Mathias dari SBS Portugis, dan satunya lagi Tia Ardha dari SBS Indonesia.

Keduanya diminta untuk menyebutkan beberapa kata menggunakan bahasa mereka masing-masing. Ternyata ketika mereka mengucapkan kata-kata yang diminta, ejaan dan pelafalannya antara kedua bahasa tersebut hampir sama.




Ada alasan logis yang bisa menjelaskan, kenapa bahasa Indonesia dan bahasa Portugis memiliki kesamaan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bangsa Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang menginjakan kaki di Nusantara sekitar abad ke-16.

Kala itu, penduduk Nusantara menggunakan bahasa Melayu untuk berkomunikasi, yang dimana bahasa Melayu sendiri banyak menyerap kosakata dari bahasa Portugis.

Oleh sebab itu, bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa Melayu, memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Portugis.

Sumber: https://www.indozone.id/news/8JsB4l/...p-ini-buktinya
Diubah oleh hamzahalwalid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
12-09-2019 17:30
Maklum kan pernah di kolonialisasi sama portugis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 3 balasan
Lapor Hansip
12-09-2019 17:32
Balasan post Kruingputih4
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Maklum kan pernah di kolonialisasi sama portugis


Yup betul gan, penjajah paling pertama di Nusantara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 4 lainnya memberi reputasi
5
12-09-2019 17:37
ane terkejoed sangadh

emoticon-Cool
0
12-09-2019 17:39
Keju = kue ijo ???
perasaan putih atau kekuningan emoticon-Hammer
0
12-09-2019 18:55
karena pernah ada di asia ya
0
12-09-2019 20:07
Quote:Original Posted By Gentingtong
Keju = kue ijo ???
perasaan putih atau kekuningan emoticon-Hammer


yg bener yg mn bree??

keputihan apa kekuningan??

masing2 beda obat'a....
emoticon-Malu
0
12-09-2019 20:15
Ane mundur..... Alon alon....



Yg pertama tiba di sini, tapi gak berkuasa lama emoticon-Big Grin
0
12-09-2019 20:30
alasan yg paling masuk akal, karena mereka pernah menjajah kita
0
12-09-2019 22:22
inferior ???
profile-picture
armstrongjoe memberi reputasi
1
14-09-2019 00:06
wah ternyata begitu ya
profile-picture
armstrongjoe memberi reputasi
1
14-09-2019 00:08
ane baru tau juga pas nonton video ini... kalo ternyata mayan banyak juga ya kosa kata yang sama
profile-picture
armstrongjoe memberi reputasi
1
14-09-2019 00:24
Ternyata Kosakata Bahasa Indonesia Dan Portugis Banyak Kesamaan

Inggris juga banyak bray
Inggris = indo

Rail = rel
Transformation = transformasi
System = sistem
Social = sosial

Ternyata Kosakata Bahasa Indonesia Dan Portugis Banyak Kesamaan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 8 lainnya memberi reputasi
7
14-09-2019 00:34
wahh mirip semua, jadi selama ini ane ngomong dan berkomunikasi dalam bahasa portugis nihh? keren juga nih ane wkwkw, eh tapi ane suka nih sama mbaknya, cara ngomongnya enak buat didenger gitu deh, mungkin karena orang radio kah?
profile-picture
armstrongjoe memberi reputasi
1
14-09-2019 01:18
waaah mirip banget. jadi bisa dibilang ane bisa 2 bahasa ni, bahasa indo n portugis wkwkwk
0
14-09-2019 01:23
Quote:Original Posted By sukuu04
waaah mirip banget. jadi bisa dibilang ane bisa 2 bahasa ni, bahasa indo n portugis wkwkwk


Hahaha kocak tapi bener juga, bisa dimasukin cv nih gan bisa bahasa asing
0
14-09-2019 01:51
Iyalah wong loanwords semua
Sama aja kayak:
Spanyol x Belanda
Jerman x Polandia
Swahili x Indonesia
Welsh x Portugis

Pasti banyak banget kata2 yang sama..
Apalagi Belanda x Indonesia emoticon-Ngakak
Kata supir, advokat, handuk, verboden, telat, onderdil, langsam, gratis, akurat, tante, om udah gak asing lagi. Kata gratis aja bisa ditemuin di Norsk, Danish, Catalan, French, dll. Sopir juga sama, bisa ditemuin di French (Chauffeur) ato di Hungarian (Sőfőr).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yagami92 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
14-09-2019 01:52
Quote:Original Posted By Gentingtong
Keju = kue ijo ???
perasaan putih atau kekuningan emoticon-Hammer


Queijo di Portuguese
Queso di Spanish
profile-picture
ulermaboq memberi reputasi
1
14-09-2019 01:53
Quote:Original Posted By sukuu04
waaah mirip banget. jadi bisa dibilang ane bisa 2 bahasa ni, bahasa indo n portugis wkwkwk


emoticon-Ngakak
Vocabnya doang gan
Ane sebagai yang pernah nyentuh Portugis di Duolingo dan sempet direfresh pas ngobrol ama orang Timles ane cuma bisa bilang:
Grammarnya beda total emoticon-Ngakak

Lagipula Portugis itu ada banyak jenis
Ada 2 versi yang terpopuler:
Portugis asli Portugal
Portugis versi Brazil

Bedanya ibarat American English sm British English

Terutama penggunaan kata você/tu untuk kata ganti orang ke-2. Brazil lebih sering pake você untuk kata ganti "kamu"
Contoh:

Você partiu meu coração
Diubah oleh doombringer2211
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dansye dan 2 lainnya memberi reputasi
3
14-09-2019 01:57
Quote:Original Posted By inhaidir
alasan yg paling masuk akal, karena mereka pernah menjajah kita


Kata2 serapan itu masuk pas mereka jajah kita
Begitu juga dengan kata serapan dari bahasa Belanda

Kalo kata2 serapan dari Bahasa Sansekerta kayak dharma, agama, budi, surya, dll kan dari jaman2 kerajaan Hindu-Buddha

Kalo Arab sama Persian lewat penyebaran Agama Islam
profile-picture
copong390 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
14-09-2019 02:19
Oh, pantesan ane mirip Christiano Ronaldo gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan uliemoetz memberi reputasi
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.