monprodonAvatar border
TS
monprodon
Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya
Indonesia berduka karena meninggalnya Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie pada Rabu (11/9) kemarin. Banyak kenangan dan hal-hal  tentang sosok BJ Habibie di semasa hidupnya yang menarik untuk dibahas termasuk soal makanan kesukaannya Gan. Seperti deretan kuliner ini nih.


Barongko



Dilansir dalamNova.id, salah satu makanan favorit BJ Habibie adalah Barongko. Buat agan yang belum tahu, Barongko itu adalah makanan khas Bugis yang terbuat dari campuran pisang yang dihaluskan bersama sejumlah bahan lain seperti telur, santan, gula pasir dan garam yang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Konon katanya barongko sering disajikan sebagai makanan penutup raja-raja Bugis. Tapidi masa sekarang, barongko dapat dengan mudah ditemukan karena dijual bebas dan biasa disajikan di acara-acara perayaan seperti pernikahan atau syukuran.

Sate Maranggi



Nggak cuma Barongko, dilansir dalam kompas.com salah satu makanan kesukaan Bapak BJ Habibie lainnya adalah sate maranggi. Semasa hidupnya saat ulang tahun beliau suka menyantap kuliner khas Purwakarta ini di rumahnya. Sate maranggi sendiri terkenal karena perpaduan rasa gurih daging dengan rasa manis asam pedas dari bumbu satenya. Biasanya daging yang digunakan pada Sate Maranggi adalah daging sapi atau kambing Gan. Daging ini dipotong-potong dan dibalurkan dengan bumbu bakar khusus dari ulekan bawang merah, bawang putih, kunyit, gula merah, jahe dan ketumbar serta minyak sayur dan garam sebelum akhirnya dibakar di atas arang. Saat dihidangkan, sate disajikan dengan bumbu khasnya yang disebut bumbu acar sate maranggi.

Pallu butung





Saat masih muda,minuman khas dari Bugis ini juga jadi favorit Habibie Gan. Pallu butung sendiri bisa dibilang mirip dengan es pisang ijo karena terbuat dari bahan dasar pisang. Bedanya di Pallu butung, pisang tidak dibalut dengan tepung tapi disajikan dalam bentuk potongan pisang kukus yang  disiram dengan kuah sumsum dan sirup merah.

Putu Cangkir


Putu cangkir juga menjadi kudapan khas Makassar yang disukai BJ Habibie semasa hidupnya. Putu cangkir sendiri terbuat dari ketan putih dan hitam yang ditumbuk hingga halus. Tepung ini kemudian dicampur lagi dengan gula merah dan di bagian tengahnya diisi dengan kelapa parut.

Olahan ikan



Di beberapa artikel media juga disebutkan bahwa Habibie olahan ikan mulai dari ikan bakar, ikan goreng atau sup ikan menjadi salah satu makanan favorit Habibie sejak kecil bahkan hingga saat ia lama berada di Eropa Gan.

 

Diubah oleh monprodon 12-09-2019 04:45
inagita
xxArial
ceuhetty
ceuhetty dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.