alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b19f1e83c726cc727a1ef/jika-revisi-uu-kpk-disahkan-uii-siap-ajukan-mosi-tak-percaya-ke-jokowi
Lapor Hansip
13-09-2019 11:24
Jika Revisi UU KPK Disahkan, UII Siap Ajukan Mosi Tak Percaya ke Jokowi
Past Hot Thread
Jika Revisi UU KPK Disahkan, UII Siap Ajukan Mosi Tak Percaya ke Jokowi


Medanbisnisdaily.com - Yogyakarta - Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengajukan mosi tak percaya apabila rancangan revisi UU KPK disahkan. UII berencana melayangkan mosi tak percaya kepada semua pihak yang terlibat pengesahan RUU KPK, tak terkecuali ke Presiden Jokowi.

"Kalau ini (rancangan revisi UU KPK) tetap diteruskan maka kami akan melakukan mosi tidak percaya kepada siapapun pihak-pihak yang mendukung adanya revisi ini, siapapun yang mendukung maka kami akan melakukan mosi tidak percaya," ujar Dekan Fakultas Hukum UII, Abdul Jamil.

Hal ini disampaikan Abdul Jamil dalam konferensi pers pembacaan pernyataan sikap UII terhadap revisi UU KPK di Kampus UII Jalan Cik Di Tiro Nomor 1, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (12/9/2019).

"Artinya apa? Kalau mosi tidak percaya ini nanti kita gulirkan, nanti kami akan sebarkan kepada yang lain, bahwa kami tidak percaya lagi kepada pihak-pihak yang telah mendukung adanya revisi undang-undang ini (termasuk ke Presiden Jokowi)," tuturnya.

Tak hanya akan mengeluarkan mosi tak percaya, UII juga akan menempuh jalur hukum melalui judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) apabila kalangan legislatif dan eksekutif mengesahkan rancangan revisi UU KPK tersebut.

"Kalau nanti sudah jadi (revisi UU KPK disahkan), kalau misalnya kok sampai ini tetap diundangkan kan berarti menjadi undang-undang. Kalau menjadi undang-undang maka upaya kami akan melakukan judicial review, itu upaya kami," tegasnya.

Namun sebelum hal itu terjadi, pihaknya berharap revisi UU KPK dibatalkan. Untuk itu, UII akan mengirimkan surat berisi pernyataan sikap UII terhadap revisi UU KPK termasuk pion-poin telaah UII atas draf rancangan revisi UU KPK.

"Tetapi sebelumnya, tetap surat ini akan kita sampaikan kepada Presiden supaya Presiden tetap menolak (revisi UU KPK), meskipun ada pembahasan. Artinya bahwa Presiden supaya menepati janjinya atas penguatan terhadap KPK," pungkas Jamil.

Berikut isi pernyataan sikap UII terhadap revisi UU KPK:

1. Sivitas akademika UII menyatakan menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK, termasuk menolak RUU KPK inisiatif DPR.

2. Mendesak DPR membatalkan revisi undang-undang KPK.

3. Menuntut Presiden Joko Widodo menepati janji untuk melakukan penguatan KPK dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas KKN.

4. Apabila rencana revisi ini tetap dilaksanakan maka kami menyatakan mosi tidak percaya kepada siapapun pihak yang terlibat dalam pengesahan RUU tersebut.dtc

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...aya_ke_jokowi/

emoticon-Belgia
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
13-09-2019 15:36
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
kenapa gak tanya ke partai yg ente dukung di dpr?? knp kok ruu revisinya bs lolos?? partai2 oposisi itu wakil ente juga toh??


Segala kekurangan yg terjadi dunia ini adalah salah jokowi, bre....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
13-09-2019 15:37
Tunggu saja pendapat presiden, melemahkan yg dimaksud itu seperti apa. Revisi juga belum keluar kok ini udah mendahului aja. Sabar netijen!
0
13-09-2019 15:40
Quote:Original Posted By nipta1179

YANG LEBIH PENTING ITU REVISI UNDANG-UNDANG MD3 (MPR, DPR, DPD, DAN DPRD) ITU YANG BIKIN RUWET NEGARA KARENA KEWENANGANNYA MELEBIHI INSTITUSI MANAPUN DI REPUBLIK INI


Nah...ini yg orang2 pada missed.
Atau memang sengaja difokuskan ke RUU KPK ?
0
13-09-2019 15:42
semoga semuanya aman dan lancar aja sih buat gw...kgk ngarti politik2an gw...
0
13-09-2019 15:50
banyak yg ngmng Mahasiswa Dosen UII Goblok Dsb, hey kalian ketahuilah, Civitaa Akademika dalam mengambil keputusan tidak hanya terbawa emosi sesaat sperti kalian, semua sudah dikaji dan dipertimbangkan secara matang untuk mengambil keputusan mebolak RUU KPK, dose. dan staff pengajar Ilmu Hukumnitu lebih concern dan mengijuti perkembangan hukum, Dan sudah pasti RUU ini untuk memperlemah KPK, Efeknya apa kalo KPK semakin lemah? KPK akan sangat mudah dimasuki Politik, Yg berimbas pada penanganan kasus Korupsi, yang mungkin kedepan akan menimbulkan ketidakpuasan dan krtidak adilan bagi masyarakat, Kalo kalian tidak mendukung setidaknya jangan Menggoblok2an org yg sedang berjuang untuk melindungi negara ini, Ini sudah bukan sentimen tentang Pak Jokowi lagi, sudah bukan zamannya kubu ini Ono, UII berenxana mengirim Mosi Tidak Percaya kepada Jokowi karena kedudukannya sebagai Presiden RI...
profile-picture
kenwong12 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
13-09-2019 15:54
masih ada aja yg mikir semua salah Jokowi, Tolong dong digaris bawahi, MOSI TIDAK PERCAYA itu ditujukan kepada pemimpin suatu negara, di Indonesia itu tampu kepemimpinan disebut "PRESIDEN" jadi Mosi Tidak Percaya ini ditujukan kepada Pak Jokowi dalam kapasitasnya sebagai "PRESIDEN" bukan sebagai Pribadi, Itupun kalo Presiden menyetujui RUU KPK.
0
13-09-2019 15:55
Masa iya sih setiap revisi selalu berbentuk pelemahan KPK. Terlalu cepat memutuskan.
0
13-09-2019 16:00
pemain belakang dah gerah ajah

ditambah ketua baru kpk nya

emoticon-Ngakak
0
13-09-2019 16:13
Hmm
Duh siapa sih yang nyetir angkotnya?
Pak pak turun depan yaa
0
13-09-2019 16:27
Downgrade akreditasinya aja emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
13-09-2019 16:33
Balasan post lupis.manis
lalu kenapa pakdemu tidak menolaknya saja? sedangkan dia tau kalau dia tidak mengesahkan UUD tersebut, itu akan menjadi UU. sedangkan dia tau UU tersebut dapat merugikan (melemahkan) yang sekarang kita sebut KPK.? apakah itu bukan sebuah pengesahan yang secara tidak langsung?
tapi whatever , kalian akan selalu seperti itu. membenarkan apa yang menurut kalian benar dan kan mencari pembenaran.
END.
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan fizs89 memberi reputasi
2
13-09-2019 16:36
mosi tidak percaya/percaya mah buodoo amatt emoticon-Leh Uga

kalo tdk setuju ya beda lg emoticon-Big Grin
0
13-09-2019 16:39
diujung tombak nih kpk emoticon-Sorry
0
Lapor Hansip
13-09-2019 16:42
Balasan post nipta1179
ampe muntah jg loe ngomong kaga bkl ngaruh

masi banyak rakyat goblok yg pro revisi atopun kontra revisi tp kaga tau peraturan perundang2an.. let alone substansi ruunye.. netijen mah ngikut2 doang buat keren2an
emoticon-Wakaka
0
13-09-2019 16:50
Quote:Original Posted By kenwong12
lalu kenapa pakdemu tidak menolaknya saja? sedangkan dia tau kalau dia tidak mengesahkan UUD tersebut, itu akan menjadi UU. sedangkan dia tau UU tersebut dapat merugikan (melemahkan) yang sekarang kita sebut KPK.? apakah itu bukan sebuah pengesahan yang secara tidak langsung?
tapi whatever , kalian akan selalu seperti itu. membenarkan apa yang menurut kalian benar dan kan mencari pembenaran.
END.


Wakil rakyatmu siapa di DPR?
Kerjanya ngapain?

Kalian akan selalu seperti itu. Menyalahkan eksekutif apa yang menurut kalian salah dan kan mencari pembenaran pada legislatif hanya karena partai junjungan kalian ada di situ.

END.
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan cipokan.yuk memberi reputasi
0
Lapor Hansip
13-09-2019 16:52
Balasan post purpleishapple
mereka akan selalu mengaitkan ini dengan pemilu. tidak bisa move on. dan akan seperti itulah mereka.
0
13-09-2019 17:06
ujung2nya pasti ke situ juga emoticon-Traveller
profile-picture
zetu memberi reputasi
-1
13-09-2019 17:44
semua salah pakdeemoticon-Leh Uga
0
13-09-2019 18:04
Quote:Original Posted By kakidal27
makanya besok2 lagi kalo pileg pilih yg bener, biar politikus2 minim blangsak jadi mayoritaz


Klo urusan KPK partai bersatu yg sblm nya baku hantam di pilpres skalipun, bingung org dungu kek ane gmn milih yg bnr calon nya.
0
13-09-2019 18:11
Quote:Original Posted By salmino
Ke DPR dong, yg ngajuin revisi kan DPR. Gimana sih,
Toh juga Presiden Jokowi dah dolak 4 poin dari revisi,

emoticon-Blue Guy Bata (L)


"Memang, revisinya belum tuntas. Kita liat aja nanti finalnya gimana. Tapi menurut gw, harusnya ditolak aja sekalian," tutur Ernest.

Kata ernest sih di tolak aje sklian, tp gmn ye klo gk slh semua partai ngedkg revisi... ah sdh lah.
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.