alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7a5d91349d0f5b30291420/mana-yang-lebih-dulu-nabi-adam-atau-dinosaurus
Lapor Hansip
12-09-2019 22:00
Mana yang Lebih Dulu, Nabi Adam atau Dinosaurus?
Mana yang Lebih Dulu, Nabi Adam atau Dinosaurus?

Ajaran Islam menegaskan bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah swt di bumi. Namun Teori Charles Darwin menyatakan, jika manusia pertama berasal dari kera kemudian berevolusi menjadi manusia.

Dalam teorinya, Charles Darwin mengatakan, "Suatu benda (bahan) mengalami perubahan dari yang tidak sempurna menuju kepada kesempurnaan." Lalu, diperluas teorinya hingga sampai kepada asal usul manusia, dan pada saat hidupnya manusia kera saat itu bersamaan dengan hewan raksasa uang dikenal sebagai Dinosaurus.

Pertanyaan yang selalu simpang siur kebenarannya, yaitu sebenarnya mana lebih dulu manusia pertama Nabi Adam atau Dinosaurus makhluk hidup pertama di bumi ini?

Dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Muhammad Iskandar mengatakan, sebenarnya hal tersebut memang sudah dijelaskan di dalam Alquran, yaitu pada surat Albaqarah.

Ketika Allah berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah, padahal kami sentiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?. Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (Surat Al Baqarah: 30)

"Kalau percaya pada Islam, sebenarnya sudah dijelaskan di Albaqarah bahwa Nabi Adam itu diciptakan sebagai khalifah dan manusia pertama di bumi. Di dunia itu ada yang dipimpin," ujarnya saat ditemui di Kampus UI Salemba, Selasa, (10/9/2019).

Iskandar juga menjelaskan, jika teori Darwin memang sudah terbantahkan. Bahwa manusia pertama itu bukan berasal dari Kera, karena Nabi Adam sendiri diciptakan sebagai manusia sempurna.

Saat itu Allah memerintahkan Malaikat turun ke bumi untuk mengambil sebagian tanah, dengan tujuan menciptakan Adam. Untuk itu manusia tercipta dari tanah dan ketika mati akan kembali ke tanah.

Selain itu, Nabi Adam ditugaskan sebagai Khalifah pertama yang ditugaskan memimpin manusia. Kemungkinan besar memang sebenarnya Dinosaurus itu benar ada karena saat itu Allah menciptakan bukan hanya manusia, tapi ada makhluk lainnya yang tidak dijelaskam di dalam Alquran selain terciptanya Adam.

"Mungkin saja ada binatang atau ciptaan Allah yang lain seperti dinosaurus. Bisa dikatakan kalau dinosaurus itu ada karena segala sesuatunya itu harus ada yang dipimpin. Bahkan salah satu Nabi bisa menguasai bahasa binatang," katanya.

Ini artinya, keberadaan Dinosaurus yang sering dipertanyakan keberadaannya, masih kata Iskandar, kemungkinan ada.

"Ini bisa jadi antara dinosaurus dan Nabi Adam diciptakan bersamaan. Namun posisinya lain karena Adam adalah manusia yang diciptakan sebagai khalafah pertama," paparnya.

Allah berfirman: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kukuh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik," (Al Mu’minun Ayat 12-14).

sumur

TS pribadi lebih mempermasalahkan cara menjawab si dosen
berkata "memang sudah dijelaskan"
tapi jawabannya "mungkin" "ini bisa jadi"
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh kaum.milenial
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 11
12-09-2019 23:04
bukannya dinosaurus peliharaannya Nabi Adam dulu manusia khan 33kaki emoticon-Toast
0
12-09-2019 23:04
65 juta tahun itu waktu yg lama, dan mungkin dino ini kaga punah melainkan udh berevolusi ke stage yg lebih lanjut.

Lalu meninggalkan bumi, dan bikin peradaban diluar, fossil2 yg ketemu itu nenek moyang mreka.

emoticon-Ngakak
0
12-09-2019 23:08
Quote:Original Posted By sfast
Goblok amat sih, semua sdh dijelaskan di alkitab, kejadian.

Dinousarus diluan ada baru manusia.

Memahami agama itu pakai otak dan nalar.

Pahami dulu konsep apa itu manusia? Manusia itu seperti apa? Apa wujudnya seperti kita saat ini? Atau homo sapien, itu manusia?

Mempeelajari sains itu pakai otak.

Klo dibuat teori nya , ya manusia awalnya dari kera (belum sempurna jadi manusia modern), kemudian tuh tuhan sempurnakan dia jadi sosok manusia purba. Saat itu ada banyak manusia purba, nah, adam hawa ini manusia purba yang PERTAMA KALI MENGAKUI ADA NYA TUHAN KALIAN, BUKAN ANIMISME DINAMISME, BUKAN MENYEMBAH ROH LELUHUR, TAPI MENYEMBAH SOSOK TUHAN MAHA KUASA.

Kemudian mereka berdua ini, berbeda pandangan dgn manusia purba lainnya, mereka menyentuh hal yg tidak boleh mereka sentuh, singgung, ambil (contoh menyingung kepercayaan leluhur) dll. Makanya mereka diusir dari kelompok dan mengembara.

Lu boleh beragama, tp mohon jgn telan bulat2 lah. Banyak org pikir adam hawa makan apel makanya dikeluarkan dr taman eden? Hanya karena makan apel? Apel itu hanya kiasan, emangnya zaman itu ada apel apa????? Apel hanya perumpamaan ttg sesuatu yg tdk boleh dilanggar/dilakukan.


Let me askin, apakah semua kitab yg dikeluarkan zama batu boleh diterapkan pada zaman robot?
Apakah boleh disesuaikan yg berarti mengubah makna dari kitab tsb?

Apakah perkembangan manusia itu harus dibatasi dgn agama munkin??
profile-picture
profile-picture
yueda dan areszzjay memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
12-09-2019 23:08
Mungkin gak, manusia pertama bukan kera tapi mukanya mirip kera.
0
12-09-2019 23:14
yang penting taat bray
0
12-09-2019 23:21
Dinosaurus gan

Soalnya dinosaurus yg mirip kera kemudian berevolusi jadi manusia emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0
12-09-2019 23:32
Pada akhir terbentuklah jaman onta idiot.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan rachmacool memberi reputasi
2
12-09-2019 23:35
Gw ga tau mana yg lebih dulu, bodo amat juga sih emoticon-Ngakak
Tapi gw pengen ngakak aja kalau manusia itu evolusi dari monyet emoticon-Ngakak

Berarti kita masih bisa berovolusi lagi, menuju ke sempurnaan ? emoticon-Cool
0
12-09-2019 23:36
pertama, TS harus belajar teori Darwin dulu dengan baik dan benar.

Kedua, jangan mengaitkan karangan sastra dengan hal ilmiah.

ketiga, apakah hawa terus menerus dihamilin adam, melahirkan tanpa jeda, mempunyai anak perempuan yang di hamilin sama adam dan anak laki2 mereka dan begitu seterusnya ?
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1
12-09-2019 23:38
dinosaurus
0
Lapor Hansip
12-09-2019 23:46
Balasan post sarotherodon
@sarotherodon Dulu pas nganggur kerjaannya gulat ama T -Rex ya gan. Makannya steak stegosaurus.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan areszzjay memberi reputasi
2
12-09-2019 23:49
Manusia mah berasal dari peju yg berevolusi menjadi sperma berekor emoticon-Jempol
0
12-09-2019 23:52
Thread yang dijadikan referensi kurang legend.

Sudah jelas-jelas lebih duluan bangsa nisnas dari penjelasan di thread legend 2009 ini:
https://www.kaskus.co.id/show_post/0...00000069290747
emoticon-Cool

Sepuh @indicus punya kemampuan menembus dimensi ke lima, mau ke masa lalu ataupun masa depan. emoticon-Cool
0
Lihat 1 balasan
12-09-2019 23:53
Duluan adam gan emoticon-shakehand

Urutannya gini:
Adam
Bibieb
Coli
Dino

Fyi, dinosaurus itu muslim gan emoticon-Blue Guy Smile (S)








































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sweetjulia dan 5 lainnya memberi reputasi
6
12-09-2019 23:54
ini menarik si, ane selalu inget teori bokap ane yang awam sekali dengan hal seperti ini,bahkan mungkin terkesan cocoklogi
jadi menurut beliau mungkin saja dinosaurus itu benar ada nya dan hidup berbarengan dengan nabi adam di masa itu,nah menurut bokap ane nih itu dinosaurus itu kayak hewan-hewan di jaman ini lah karna nama adam sendiri kan di kisahkan memiliki tinggi badan sekitar 30 meter. jadi mungkin nabi adam hidup layaknya kita dijaman ini kala itu sama hewan-hewan lucu,mengingat juga hewan-hewan nya kan berevolusi tu jadi makin cilik
tapi ya itu tadiii bokap ane orang awam yang tidak punya ilmu nya,itu hanya pendapat ke awamannya saja. Ane sharing sharing saja gan hehe emoticon-Malu
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1
12-09-2019 23:54
Gw yg lebih dulu,ras alien reptilian emoticon-Cool
0
12-09-2019 23:55
Sejarah Dinosaurus sih sudah jelas duluan dinosauros (di al kitab ada ), yang manusia yg masih ambigu, menurutku sejarah manusia jutaan tahun juga di lihat dari
Pertama Artifak Rama bridge srilangka (di google ada itu buatan manusia)
kedua Pyramida yang tersebar di dunia, Jepang ,mesir ,china,indonesia, inggris,amerika (blm ada yg bisa menjelaskan cara membangunnya)
Dari segi Islam, kita punya 324000 nabi 25 rasul yang tersebar khususnya nabi yang ada di ana mana, Jarak rasul dengan rasul kadung ribuan tahun sebagai contoh nabi Isa dengan Rasulullah sekitar 600 tahun, jadi kapan adam turun kebumi manusia g ada yg tahu
0
Lihat 1 balasan
13-09-2019 00:01
Semua sudah ada dan tertulis di kitab suci.
Kalo gak ada, berarti yang nulis lupa.

Gitu aja repot...!



































science vs fiction
Diubah oleh junaedi1982new
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan rachmacool memberi reputasi
2
13-09-2019 00:05
Itu serius beneran dosen UI..?

Kok koplak begitu ya..? emoticon-Big Grin emoticon-Hammer emoticon-Ngacir
0
Lapor Hansip
13-09-2019 00:05
Balasan post wasitnamntabgan
Gue percaya tuhan. Tuhan yg mana? Well, tuhan yg mengatakan hiduplah dgn baik kepada sesama manusia. Intinya berbuat baik dalam hidup. Ngak perlu tuhan disembah2, di bela2. Yg penting jadi manusia yg baik dalam hidup. Jalani hidup dgn baik.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.