• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Aplikasi Ini Permudah Kita Melacak Siklus Menstruasi

vika991
TS
vika991
Aplikasi Ini Permudah Kita Melacak Siklus Menstruasi
Banyak perempuan yang masih memprediksi hari datangnya menstruasi dengan mengira-ngira berdasarkan tanggal menstruasi di bulan sebelumnya. Hal ini merepotkan dan menyulitkan saat ingin mengetahui apakah jadwal menstruasi teratur, saat merencanakan atau mencegah kehamilan, atau untuk mengetahui jika ada kelainan.

Sekarang ini kita tidak perlu repot lagi mengingat-ingat atau mencatat secara manual dengan adanya aplikasi ponsel. Lima aplikasi menstruasi berikut dapat membantu kita untuk memprediksi tanggal menstruasi kita secara lebih tepat. Bahkan aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kita untuk memperhatikan konsistensi aliran darah, seberapa parah kram perut kita setiap bulannya, atau melacak masa kesuburan.

1 . Clue
Clue telah dinobatkan sebagai aplikasi terbaik untuk memantau siklus menstruasi dan ovulasi oleh jurnal Obstetrics & Gynecology dari American College of Obstetricians and Gynaecologists. Aplikasi ini menggunakan sains untuk membantu penggunanya mengidentifikasi pola unik dalam siklus menstruasi. Dapat diunduh secara gratis di Android dan iOS, Clue memiliki desain elegan dan menyajikan informasi yang rinci tentang siklus menstruasi, sehingga menjadi favorit banyak perempuan.

Kelebihan lainnya adalah fitur-fiturnya yang lebih komprehensif, seperti pencatatan riwayat kesehatan pengguna sampai suasana hati pada saat itu. Pengguna dapat mengisi atau menjelaskan tentang kebiasaan berolahraga, hubungan seksual, konsumsi alkohol dan obat-obatan, aliran darah pada bulan itu, dan juga selera makan. Semakin sering menambahkan data ke dalam aplikasi, semakin mudah bagi aplikasi ini untuk memprediksi siklus menstruasi.

Spoiler for Gambar:


2 . Flo Period & Evolution
Flo Period & Evolution menyediakan berbagai informasi penting dan detail mengenai siklus haid seperti durasi tidur, konsumsi air, aktivitas fisik, dan rutinitas lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur password untuk menjaga privasi informasi mengenai siklus menstruasi kita.

Flo Period & Evolution memungkinkan pengguna tidak hanya mencatat soal aliran darah saat menstruasi, namun juga bagaimana perasaan saat menstruasi, gejala-gejala yang terlihat atau terasa, serta dorongan seksual. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak pola tidur, konsumsi air, dan aktivitas fisik. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Android ataupun iOS dan dapat terhubung dengan Apple Health App. Desainnya sederhana dengan warna-warna yang lembut.

Spoiler for Gambar:


3 . Eve Tracker App by Glow
Eve Tracker App adalah aplikasi yang mencatat pola menstruasi untuk dapat memprediksi menstruasi kita yang mendatang dan juga peluang kita untuk hamil. Pengguna dapat menemukan tanggal siklus menstruasi dengan mudah dengan huruf yang besar dan tebal saat memasuki halaman beranda.

Pengembang aplikasi ini menyediakan fitur yang merekam suasana hati, gejala-gejala yang sedang dialami dan juga melihat data kesehatan secara keseluruhan dalam bagan yang menarik dan komprehensif. Dengan Eve, kita dapat memperhatikan pola menstruasi kita yang sebelumnya, serta memperkirakan datangnya masa menstruasi dan ovulasi selanjutnya, dan memvisualisasikan riwayat siklus kita dengan cara baru yang interaktif. Aplikasi ini juga menyediakan akses ke komunitas di mana pengguna dapat mendiskusikan pola menstruasi, dan juga kesehatan mereka.

Eve Tracker App dapat diunduh secara gratis untuk Android dan iOS. Fitur unik lainnya adalah informasi terkait gejala Pre-Menstrual Syndrome (PMS), dan prediksi soal proses yang akan dilalui berdasarkan horoskop atau zodiak sehingga memberikan pendekatan yang lebih personal bagi pengguna.

Spoiler for Gambar:


4 . Cycles
Sama seperti aplikasi lainnya, Cycles membantu memprediksi tanggal menstruasi selanjutnya ataupun masa kesuburan. Terlepas dari siklus menstruasi yang teratur atau tidak, Cycles secara otomatis menyesuaikan panjang siklus jika kita menekan tombol pada hari pertama menstruasi.

Uniknya, Cycles menawarkan sebuah fitur untuk mengundang pasangan ke aplikasi tersebut agar dapat ikut memperhatikan siklus mereka. Dengan begitu, pasangan pengguna juga dapat memprediksi tanggal-tanggal penting dalam siklus pengguna dan dapat memberikan dukungan emosional dan bahkan mungkin merencanakan sebuah malam yang romantis.

Aplikasi ini menggunakan pelacakan kesuburan yang didukung secara ilmiah, dengan tingkat akurasi prediksi masa kesuburan sampai 95 persen. Ada juga pilihan kata sandi agar dapat menjaga keamanan informasi pengguna.

Spoiler for Gambar:


5 . Period Diary
Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 pilihan gejala-gejala PMS dan juga 20 mood yang bisa kita masukkan agar dapat mengetahui suasana hati kita pada saat sedang menstruasi atau beberapa hari sebelumnya. Ini semua juga terhubung pada aplikasi kalender di ponsel kita agar kita bisa melihatnya dalam tempat yang sama. Desainnya yang ramai dan ceria juga membuat masa menstruasi terasa lebih ringan dan perasaan menjadi lebih positif.

Aplikasi ini juga memiliki fitur bagan untuk melihat perkembangan menstruasi selama ini; fitur untuk menulis catatan, kalender, dan catatan menstruasi; serta forum untuk berbincang seputar menstruasi dengan para pengguna lainnya. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur password lock untuk menjaga kerahasiaan kita.

Spoiler for Gambar:


6 . Femometer
Femometer berfokus pada pelacakan masa kesuburan perempuan lewat pencatatan siklus menstruasi agar lebih memudahkan kalkulasi masa  kesuburan. Aplikasi ini dapat diunduh dari iOS maupun Android.

Femometer juga mengeluarkan alat tes fisik kesuburan yang disebut Ovutest Femometer. Dapat ditemukan di Tokopedia, Blibli.com, BukaLapak, dan Shopee, Ovutest ini adalah termometer yang dapat mendeteksi masa subur kita melalui suhu basal tubuh.

Spoiler for Gambar:


Kita bisa menghubungkan Ovutest dengan ponsel kita melalui bluetooth. Untuk mendeteksi kesuburan, masukkan ujung stainless Femometer kita ke bawah lidah dan diamkan selama 10 detik langsung setelah bangun tidur pagi-pagi. Setelah itu informasi yang kita butuhkan tentang kesuburan kita akan secara otomatis terlihat di aplikasi Femometer dalam ponsel kita.





KnightDruidtata604aldysadi
aldysadi dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.