• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mobil Nasional Karya Habibie: Harga Cuma Rp30 Juta, Bermesin 1.200cc

kaka88ciao
TS
kaka88ciao
Mobil Nasional Karya Habibie: Harga Cuma Rp30 Juta, Bermesin 1.200cc
Indonesia berduka. Salah satu putra terbaik bangsa, Bacharuddin Jusuf Habibie wafat, Rabu petang, sekira pukul 18.05 WIB. BJ Habibie tercatat sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Semasa hidup, BJ Habibie adalah putra bangsa yang banyak memberi kontribusi positif. Bukan cuma dalam dunia penerbangan, namun Habibie rupanya juga sempat menginisiasi mobil nasional buatan Indonesia. Namanya Maleo.

Hal ini terjadi saat dia dipercaya Soeharto menjabat Menristek. Maleo merupakan proyek mobnas yang dibuat dengan menggandeng perusahaan otomotif asal Australia, Orbital.

Seperti dikutip dari sejumlah literasi, Kamis 12 September 2019, mobil Maleo dibidani BJ Habibie awalnya akan dijual dengan harga bersahabat. Maleo diharap bisa dijual Rp30 juta agar dapat terjangkau masyarakat.

Mobil itu merupakan kendaraan penumpang dengan kapasitas mesin 1.200 cc tiga silinder. Di mana Maleo menggabungkan teknologi mesin dua-tak dengan teknologi injeksi bahan bakar.

Penggunaan mesin dua-tak, membuat mekanisme mesin menjadi sederhana dan jumlah komponen lebih sedikit dibanding mesin berjenis empat-tak. Sebagai mobil nasional, komponen lokal Maleo direncanakan ada di atas 80 persen.

Namun sayang, proyek mobnas Maleo terpaksa berhenti, lantaran dana pengembangan Maleo harus tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto. Meski hanya sebatas purwarupa, namun tetap saja harumnya nama Maleo akan terus abadi dan diingat masyarakat Indonesia. Terima kasih Pak Habibie!




https://www.100kpj.com/mobil/2513-mo...edium=facebook

Ini baru real karya anak bangsa bukan anu.. Anu kawe kawean emoticon-Big Grin

Selamat jalan pak habibie.. Husnul khotimah insya allah.

emoticon-Frownemoticon-Berduka (S)
nurulnadlifaanasabilanona212
nona212 dan 30 lainnya memberi reputasi
23
17.7K
154
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.