midorikusuma
TS
midorikusuma
Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan
Nggak enak badan emang menyebalkan, bikin nggak mood buat ngelakuin aktivitas harian. Selain berkonsultasi ke dokter, kamu juga bisa mengembalikan stamina tubuh dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman tertentu Gan. Misalnya makanan dan minuman berikut yang menurut orang Korea Selatan dianggap sebagai hidangan yang bisa membantu tubuh pulih lebih cepat.

Yuzu Tea



Yuzu Tea atau Yuja-cha dalam bahasa korea adalah minuman yang dibuat dari jeruk citron. Biasanya dibuat dengan cara mencampurkan  selai buah citron (yang terbuat dari potongan buah citron dan gula atau madu yang telah didiamkan beberapa lama) dengan air panas. Minuman ini disebut-sebut menyehatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Biasanya orang Korea meminum Yuja-cha secara teratur untuk mencegah penyakit atau untuk membantu proses pemulihan tubuh ketika sakit. Selain itu minuman yang satu ini juga meredakan penyakit tenggorokan.

Maesil-cha



Maesil-cha adalah teh yang dibuat dari  buah plum Korea Gan. Katanya minuman yang satu ini bisa membantu mengatasi kelelahan dan masalah perut dan pencernaan. Teh ini dibuat dengan menyeduh  sirup atau selai buah plum. Sirup buah plum sendiri dibuat dengan cara mencampur gula dan buah plum lalu mendiamkannya selama dua bulan baru. Setelah didiamkan selama dua bulan, baru kemudian campuran buah plum dan gula yang sudah mencair ini disaring. Air saringan ini yang kemudian diseduh dengan air  sebelum diminum Gan. Sirup buah plum ini juga bisa disimpan di dalam kulkas sehingga bisa kamu konsumsi sewaktu-waktu kamu lagi nggak enak badan.

Bori-cha



Bori-cha merupakan teh barley yang biasa dijumpai di rumah-rumah orang Korea sana dan di restoran-restoran Korea. Saking biasa dikonsumsi, teh ini bisa dibilang jadi pengganti air putih buat orang Korea di sana Gan. Boricha sendiri kaya akan antioksidan, serat dan melatonin sehingga bisa meredakan sakit perut , melancarkan pencernaan dan bisa membantu tidur bisa lebih nyenyak.

Baesuk



Buat Agan yang sedang flu, batuk atau masuk angin, ada  lagi nih hidangan khas Korea Selatan yang bisa kamu coba. Baesuk sendiri terbuat dari buah pir Gan. Buah pir yang bagian bijinya telah dibuang lalu diisi dengan madu, jahe, merica dan terkadang merupakan buah pir kukus yang telah diisi dengan madu, jahe, green peppercorns (merica yang berwarna kehijauan mirip kacang hijau)  dan jujube (sejenis kurma Korea).

Gingseng



Bahan yang paling populer digunakan untuk menyembuhkan flu bagi orang Korea Selatan adlaah gingseng. Nggak cuma dimasak seperti di dalam menu Samgyetang, gingseng juga dinikmati dalam bentuk teh. Gingseng sendiri dikenal juga akan khasiatnya dalam meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh Gan. Untuk teh gingseng sendiri sekarang juga sudah banyak dijual, tapi kalau mau sedikit repot Agan bisa  merebus sendiri akar gingseng di rumah.

Kongnamul-guk



Saat nggak enak badan, nafsu makan mungkin hilang. Salah satu menu yang cocok untuk mengembalikan nafsu makan sekaligus membantu proses pemulihan tubuh yang biasa sering dikonsumsi oleh orang Korea adalah Kongnamul Guk atau sup tauge Gan. Kongnamul guk sendiri terbut dari air kaldu yang berisi tauge dan beberapa bumbu lainnya. Akar tauge yang ada di sup ini dipercaya bisa membantu kamu meredakan pilek karena kaya akan vitamin C yang dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Itu dia beberapa makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi orang Korea Selatan saat nggak enak badan. Semoga bisa jadi rekomendasi buat Agan Sista kalau lagi nggak enak badan di rumah.

[url=https://snackfever.comS E N S O Rmagazine/i-m-so-sick-of-this-sickness-korean-home-remedies]sumur[/url]

Diubah oleh midorikusuma 09-09-2019 11:04
azid12353xxArialceuhetty
ceuhetty dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
29
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.