alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75ea3fe83c72659c23aa7e/pacaran-atau-tidak-berhentilah-bertanya-quotkapan-nikahquot
Berhentilah menanyakan waktu pernikahan kepada orang yang belum menikah. Banyak faktor yang membuat pernikahan tidak bisa langsung dilakukan begitu saja. Ada biaya untuk resepsi, ada keluarga yang mesti dikenalkan, ada persyaratan yang harus dipenuhi, dan masih banyak lagi.
Lapor Hansip
09-09-2019 12:59

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Past Hot Thread
Halo Agan Sista, sebelum membahas lebih lanjut, izinkan ane sedikit menceritakan kisah pernikahan yang sedang viral saat ini.

8 Tahun Pacaran, Akhirnya Dua Sejoli Sejak SMP Ini Menikah


Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Berawal dari keisengan, dua sejoli yang berpacaran sejak SMP ini akhirnya memutuskan untuk menikah. Perkara jodoh benar-benar tidak ada yang tahu. Pada saat SMP, Agus dan Sang Kekasih sempat berfoto dengan pose pura-pura sedang melakukan akad. 8 tahun berlalu, keisengan tersebut menjadi kenyataan. 

Melalui akun facebooknya, 05 September 209 lalu, Agus Gunawan membagikan kisah cintanya.
Tak pernah ada yang benar-benar tahu perihal jodoh. Baik Siapa? Kapan? Dimana? Sebagai manusia, tugas kita adalah berusaha.


Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"


Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Belakangan ini, ane mendengar stigma bahwa justru pacaran lama tidak berakhir pada pernikahan. Malah belakangan ini yang kenal sebentar langsung menikah. Tidak salah, dan tidak bisa juga dibenarkan. Hal ini sungguh adalah relatif, persoalan pribadi masing-masing. Bicara dari sudut pandang agama islam, tentu berpacaran itu dilarang. Haram hukumnya mendekati seseorang yang bukan mukhrim. 



Dewasa kini, berpacaran susah sekali untuk dihindari. Lagipula, menikah tanpa mengenal terlebih dahulu rasanya terlalu berisiko. Banyak pernikahan yang pendekatan atau pengenalannya tidak lama justru berakhir tragis. Awalnya si A bersikap sopan, santun, lemah lembut. Belum genap tiga bulan menikah, sifat aslinya mulai keluar. Main tangan, berkata kasar, bahkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang diinformasikan sebelumnya. (Ini terjadi pada salah satu sahabat TS, sedih sekali).

Begitupun berpacaran lama, TS setuju bahwa tidak menjamin ketika menikah kelak, akan harmonis dan sebagainya. Masalah lain yang timbul (katanya) adalah rasa bosan. Belum lagi bahaya-nya zinah ketika berpacaran. Namun perlu diingat, dalam proses mengingatkan, akan lebih efektif jika menggunakan cara yang halus (persuasif), berhentilah menghakimi dan merasa paling benar. Kita ini manusia, bukan tuhan. Menghakimi (sungguh) bukan tugas kita. 

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"


Lagipula, setiap hubungan memang kembali ke individu masing-masing. Komitmen, Komunikasi, dan Pengertian adalah kunci mutlak suatu hubungan. 

Berhentilah menanyakan kepada orang lain "KAPAN MENIKAH?" pertanyaan tersebut sesungguhnya juga ditanyakan oleh orang yang bersangkutan padanya sendiri, dan juga tuhan yang maha kuasa.

Banyak faktor yang membuat pernikahan tidak bisa langsung dilakukan begitu saja. Ada biaya untuk resepsi, ada keluarga yang mesti dikenalkan, ada persyaratan yang harus dipenuhi, dan masih banyak lagi. 

Jadi, kecuali Agan-Sista mau bantu persoalan-persoalan tersebut, berhentilah bertanya hal menohok seperti itu. Jadi manusia, kenapa julid sekali?

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"


sumber foto : google
referensi : disini dan opini pribadi
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
Lapor Hansip
10-09-2019 14:43
Balasan post liamdn91
ini sista ya? kalo sista mah, nunggu aja. nanti di waktu yg tepat, pasti di samperin.

sembari menunggu, jangan lupa memperbaiki diri.

nah kalo berkenan, mampir di thread ane TITIP PESAN UNTUK PEREMPUAN
0 0
0
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
10-09-2019 19:36
saya nggak pernah nanya kapan nikah, justru saya jadi tempat bertanya
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
10-09-2019 19:49
Quote:Original Posted By elvici
saya nggak pernah nanya kapan nikah, justru saya jadi tempat bertanya


Bagus! Wkwkwkwkwk sabar y mbak
profile-picture
elvici memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
10-09-2019 20:34
Quote:Original Posted By agungdar2494
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Dokumentasi Pribadi TS dan Pacar, yang sedang berjuang, mewujudkan cita-cita menikah tahun depan.


Iya deh, aku g' tanya.
emoticon-nyantai
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
10-09-2019 22:41
Percuma, pertanyaan bodoh ini akan tetap ada karena mereka yg nanya gini biasa emang gapunya wawasan untuk membuat pertanyaan lain. Pdhl masih banyak kok pertanyaan basa basi yg lebih polite
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
10-09-2019 23:33
bener gan
setiap orang pasti ingin melaju ke jenjang berikutnya

tapi ada hal-hal lain ya yang bikin susah, tentunya takaran susah disini setiap orang beda-beda

btw kalau sudah mantab dan yaqueeenn
segerakanlah
halal halal halal
emoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 05:56
Quote:Original Posted By indahmami
Dia nulis yg di panggil nenek2.
Di berandaku seliweran berita viral gini.
emoticon-nulisah


Di beranda say ko ngg lewat ya sis#efek ke fb cuma nge-share linkemoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By agungdar2494
Wkwkwkwk dia predatornya yang viral2


Hehe kapok nulis yg Viral aga nyeleneh beritanyaemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
indahmami dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 06:32
nah kecyduk dirimu sering ditanya kapan nikah ye😂😂
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 10:12
Quote:Original Posted By agungdar2494
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Dokumentasi Pribadi TS dan Pacar, yang sedang berjuang, mewujudkan cita-cita menikah tahun depan.


Wew, kapan dihalalin nih?emoticon-Leh Uga
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 10:26
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Di beranda say ko ngg lewat ya sis#efek ke fb cuma nge-share linkemoticon-Ngacir


Wkwkwk..
Aku seneng jalan2 buat cari hiburan.
emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 11:02
Quote:Original Posted By agungdar2494
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"

Dokumentasi Pribadi TS dan Pacar, yang sedang berjuang, mewujudkan cita-cita menikah tahun depan.


Semoga langgeng, lancar sampe pelaminan dan seterusnya aamiin
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 13:32
Quote:Original Posted By agungdar2494
Bagus! Wkwkwkwkwk sabar y mbak


Yeh, dia bilang bagus 😭
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 14:37
kek nikah itu sebuah perlombaan aja yak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 15:03
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Percuma, pertanyaan bodoh ini akan tetap ada karena mereka yg nanya gini biasa emang gapunya wawasan untuk membuat pertanyaan lain. Pdhl masih banyak kok pertanyaan basa basi yg lebih polite


wkwkwkwk iya pertanyaan yg amat sensitif dan gk ada manfaatnya

Quote:Original Posted By ceweknyacuik
bener gan
setiap orang pasti ingin melaju ke jenjang berikutnya

tapi ada hal-hal lain ya yang bikin susah, tentunya takaran susah disini setiap orang beda-beda

btw kalau sudah mantab dan yaqueeenn
segerakanlah
halal halal halal
emoticon-2 Jempol


Siap Gan Noted

Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
nah kecyduk dirimu sering ditanya kapan nikah ye😂😂


wkwkwkwk iya gan

Quote:Original Posted By idaalfaqieh


Wew, kapan dihalalin nih?emoticon-Leh Uga



Tahun Depan, doai suhu

Quote:Original Posted By Indriaandrian


Semoga langgeng, lancar sampe pelaminan dan seterusnya aamiin


Aamiin thanks mbak

Quote:Original Posted By elvici


Yeh, dia bilang bagus 😭


wkwkwkwkwwk

Quote:Original Posted By andijayasaputra
kek nikah itu sebuah perlombaan aja yak


iya gan, aneh. kok cpet2an

profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan Rapunzel.icious memberi reputasi
2 0
2
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 21:13
alhamdulillah seneng banget pasti kenal dari pas masih SMP dan akhirnya berjodoh hingga ke pelaminan

semoga sakinah mawaddah warrohmah
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
11-09-2019 23:45
kalo emang udah jodoh mah ga ngeliat berapa lama pacarannya
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
12-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By agungdar2494
Oh iya. Aku pokoknya yg bermanfaat aja hhahaha. emoticon-Hammer2


Iya liat berita yang bermanfaat aja yaaaaaaa
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
12-09-2019 09:13
hastag teman tapi menikah
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Pacaran Atau Tidak? Berhentilah Bertanya "Kapan Nikah?"
12-09-2019 09:14
Quote:Original Posted By blunar
alhamdulillah seneng banget pasti kenal dari pas masih SMP dan akhirnya berjodoh hingga ke pelaminan

semoga sakinah mawaddah warrohmah


Ya semoga samawa amin
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.