remakintan
TS
remakintan
Perhatikan Perkataan Lihat Akibatnya


Malam Semua agan-agan dan sista-sista disini, Bagaimana melewati hari ini? Untuk Jakarta, masih dalam kemacetan kah kalian, atau sudah bebas dari macet? Panas banget gak sih hari ini, ngerasa gak? berharap banget hujan sumpahh..
Oke kembali ke tema hehe, tema kali ini tentang keep calm & stop racism. Masih banyak ternyata rasis ya, masih berkembang terus kayaknya rasis di Indonesia ku ini. Bukannya malah senang dan bahagia dengan keberagamannya Indonesia, dengan banyaknya perbedaan dan dari situlah kita dapat memahami dan menghormati perbedaannya. Beda warna kulit, beda rambut, beda bentuk wajah, beda bola mata, dan lainnya. Aku sendiri bangga akan Indonesia yang memiliki beraneka ragam, karena bisa dapat memahami dan mempelajari perbedaan itu. Tidak bagi beberapa orang kayaknya, yang memanfaatkan itu sebagai perkataan mereka. Tidak terimanya akan perbedaan dan menganggap dirinya lebih dari yang lain. 

Punya teman yang berasal dari papua di kampus, orangnya baik banget, saling bantu satu sama lain, asyik diajak ngobrol, asyik diajak jalan dan lainnya. Sampai suatu ketika, ada orang primitif yang melontarkan kata yang menyakitinya dengan nada bernyanyi dan menyindir. Beberapa hari memang dibiarkan olehnya, dan dia pernah bilang ke aku, "apa aku sebeda itu?" (Sedih gak tuh dengernya). Lalu gak lama dari itu, Kalian tau akibatnya? Dia beberapa minggu enggak masuk kuliah, aku sudah chat tapi tidak dibalas dan ke kosan nya pun tidak ada. Akhirnya tau bahwa dia sudah pindah dan balik ke kota nya padahal dengan kampus dia tidak ada permasalahan apapun. Dan beberapa bulan setelah itu, dia chat aku dengan nomor yang berbeda karena bertepatan dengan sidang magangku, jadi dia mengucapkan selamat. Dari situ, aku mulai nanya ada apa dan kenapa, dia bilang tidak sanggup dengan pergaulan dan lingkungan di kampus dan terkena tekanan batin yang sampai saat itu susah untuk dia lupakan bahkan orang primitif itu tidak adanya permohonan maaf (gilaaaa). Bayangin dari apa yang telah orang primitif ini buat? Kalian mungkin senang dengan perkataan yang kalian lontarkan ke orang lain, tapi apakah ngerasain diri orang lain bagaimana dia mendapatkan itu? Wajar menurutku orang-orang di papua sana demo, rusuh karena tidak terima nya. Ya saya pun jika dikatain seperti itu juga akan memberontak dan memberikan pelajaran kepada orang tersebut.

Dari aku, hati-hatilah jika berbicara dengan orang lain. Minta maaf tidak akan langsung menyelesaikan masalah apalagi sudah membuat orang lain terluka. Itu akan terngiang selalu dipikiran.

Cerita Pengalaman Sendiri
Pict by Google (womantalk.com)

wbros
wbros memberi reputasi
1
448
6
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.