alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75a8156df231541528f8fc/djarum-keluar-dari-bulutangkis-siapa-yang-akan-menjadi-pengganti-nya
Lapor Hansip
09-09-2019 08:17
Djarum Keluar Dari Bulutangkis, Siapa Yang Akan Menjadi Pengganti nya ?
Past Hot Thread
PB Djarum secara resmi menyatakan mengundurkan diri dari dunia bulutangkis Indonesia. Dengan tidak adanya audisi untuk pemain muda usia 13 - 15 tahun yang akan masuk ke dalam PB Djarum, dapat diartikan bahwa tahun depan adalah tahun dimana era kegelapan untuk masa bulutangkis Indonesia sudah dimulai.

Hampir semua media memberitakan headline seperti diatas, akan tetapi ada beberapa pertanyaan yang sempat mengelitik ke kepala ane dan beberapa agan sista di mari

"Mungkinkah ada pengganti Djarum sebagai sponsor di dunia bulutangkis Indonesia ?" 
"Mengapa PB Djarum begitu powerfull kontribusinya di dunia bulutangkis Indonesia, tidak adakah yang dapat mengantikan nya ?"

Yuk ! kita coba telurusi berdasarkan apa yang ane baca dan tentunya diharapkan kaskuser lain dapat saling melengkapi data yang ane dapatkan

1. Audisi PB Djarum 

2006 merupakan pertama kali PB Djarum membuka audisi untuk pencarian bakat pemain bulutangkis di Indonesia. Fokus nya adalah bibit muda, para pemain muda dengan umur 11 tahun - 13 tahun.
Djarum Keluar Dari Bulutangkis, Siapa Yang Akan Menjadi Pengganti nya ?
Semua yang lolos audisi akan mendapatkan beasiswa berupa pelatihan dan tentunya fasilitas untuk menjadi yang terbaik di dunia bulutangkis di daerah Kudus, yeng merupakan markas utama dari Djarum itu sendiri. 

PB Djarum sendiri merupakan salah satu dari kegiatan Corporate Social Responbility (CSR) PT Djarum melalui Djarum Foundation. Mengusung tema "Bakti Pada Negeri", Djarum Foundation banyak sekali mengadakan acara untuk masyarakat Indonesia selama 60 tahun seperti Bakti Social (donor darah, operasi katarak gratis hingga peningkatan kualitas panti asuhan), Bakti Lingkungan (Trembesi, pembibitan tanaman, dll), Bakti Pendidikan (Beasiswa Plus), Bakti Budaya (Galeri Batik Kudus, Galeri Indonesia Kaya) dan Bakti Olahraga (PB Djarum, Pusat Pembinaan Atlet, Kejuaraan Sirkuit Nasional Bulutangkis)

Menurut ane pribadi, bukan tidak mungkin kalau semua kegiatan CSR PT Djarum dihentikan sementara karena tidak adanya kecocokan antara pemerintah dengan PT Djarum itu sendiri. Mungkin ada beberapa yang tetap dijalankan tapi tidak memiliki dampak yang berarti bagi kaum anak muda itu sendiri. 

Melihat sumbangsih PT Djarum selama 60 tahun terakhir yang membantu di dalam dunia bulutangkis Indonesia, dimana awal mulanya hanya menjadi sponsor dan menyediakan PB Djarum (belum ada nya audisi anak muda), akan sulit bagi Bulutangkis Indonesia mencari perusahaan yang mau dan berkomitmen selama itu untuk dunia Bulutangkis Indonesia. 

2. Akankah PT Djarum Menyerah Menjadi Sponsor ?

Sebagai orang terkaya di Indonesia : Robert Budi Hartono & Michael Hartono ( Btw, buat yang belum tahu, mereka berdua adalah generasi kedua dari pemilik PT Djarum) tentu tidak akan melepas begitu saja untuk urusan bulutangkis. 

Mengapa ? Simple saja, karena Budi Hartono adalah penggemar bulutangkis sedangkan kakaknya, Michael Bambang Hartono adalah pecinta Bridge (masih inget dong atlet tertua yang mendapatkan medali di Asian Games 2019) 

Pemerintah juga tidak akan menyerah begitu saja dan merelakan orang terkaya di Indonesia ini untuk melepas sumbangsih mereka di dunia bulutangkis. Mungkin dapat dikatakan ini adalah masa dimana pemerintah RI seperti ngebaekin pacar yang lagi ngambek dan minta putus. Mungkin aja balikan, gak tertutup kemungkinan putus juga.
 
Djarum Keluar Dari Bulutangkis, Siapa Yang Akan Menjadi Pengganti nya ?
Menurut ane, mungkin saja Djarum pamit tapi tenang dulu masih banyak stok perusahaan mereka yang dapat digerakan untuk menyokong bulutangkis Indonesia. Sebut saja Polytron, BCA, Tiket.Com hingga BliBli bahkan selama 3 tahun terakhir ini, BliBli sudah sangat familiar dengan dunia bulutangkis Indonesia. 

Gak percaya ? Coba dicek BliBli Indonesia Open 2019 saja. Masih hangat dan itu merupakan pengganti dari Indonesia Open Super yang sudah familiar selama beberapa tahun di Indonesia. 

3. Mungkinkah ada 'pemain baru' sebagai sponsor ?

Djarum Keluar Dari Bulutangkis, Siapa Yang Akan Menjadi Pengganti nya ?

Seperti agan sista tahu, kita memiliki Gojek sebagai Decacorn Startup pertama di Indonesia. Disusul kemudian dengan Grab. Kita juga dapat melihat bagaimana Tokopedia melakukan promosi yang fantastis, diikuti pula dengan Shopee yang menggunakan seorang Christiano Ronaldo sebagai bintang iklan nya. 

Djarum Keluar Dari Bulutangkis, Siapa Yang Akan Menjadi Pengganti nya ?
Tapi, apakah mereka mampu menggantikan posisi Djarum ? 
Menurut ane, mungkin tapi tidak bisa dalam jangka waktu yang panjang. Seperti Gojek yang mundur dari sponsor utama liga 1 Indonesia, terlalu banyak drama dan 'permintaan' aneh-aneh membuat Gojek jera menjadi sponsor utama di dunia persepakbolaan Indonesia.

Quote:
Kira-kira bagaimana dengan kelanjutan PT Djarum dan Bulutangkis Indonesia ?
Akan ada 4 skenario yang mungkin saja terjadi :


a. PT Djarum melanjutkan kembali setelah ada perdamaian 
b. Berlanjut dengan menggunakan perusahaan Djarum 'lainnya'
c. Pemain baru sebagai sponsor yang tidak berhubungan dengan PT Djarum 
d. Yo Wis Bye-Bye, Bulutangkis Indonesia terseok-terseok tanpa sponsor


Mana yang menurut agan terjadi ? 
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Diubah oleh ranjanglapuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simanullangputr dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 14
10-09-2019 21:47
Moga disponsori sekalian ama p*rnh*b biar itu kpai bgst kejang jejang..masih byk yg bs diprioritaskan terkait hal negatif kepada anak ini malah ngurusin masalah rokok doang sponsornya..segala menkes ikut geblek juga anak tdk boleh terpapar iklan rokok. Tolol ampe ke dna bgst
0
10-09-2019 22:19


Quote:Original Posted By yahlord
Kayanya sih BliBli yang paling memungkinkan.

Gegayaan sih tuh KPAI bilang eksploitasi anak, udah berlangsung lama baru sekarang diblg eksploitasi anak. Kalo dah nuduh ada jalan keluar sih mending, dah nuduh terus skrg cuci tangan belaga blg gak salah.


iya gan, udah lama juga ini. kenapa baru sekarang. heran bgt sama kerjaan mereka itu sbnernya apa. mengurus apa yang sbnernya gk perlu diurus. dikit" kpai turun. anak di marahi guru, dilaporin kpai malah si guru. padahal jelas" anak yang salah. embel" perlindungan anak emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
10-09-2019 22:20


Quote:Original Posted By EnragedSlayer
Masak Shopee emoticon-Ngakak

Sudah habis duit mereka buat datengin CR7 emoticon-Leh Uga


haha iya gan, datengin cr7 buat joged shopee wkwk emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
10-09-2019 22:21


Quote:Original Posted By sikurus97
bener nih ketika suatu kebijakan atau larangan di keluarkan harusnya di beri jalan keluar jg,kpai yang memberi pelarangan apakah punya jalan keluar dan solusi untuk atlet2 ini?
sebagai yang awam mungkin saja mereka tidak tahu apa yang harus di lakukan


iya gan bner, cuma bisa ngelarang doang tanpa mikir solusinya apa. komisi macam apa ini klo pemikirannya cuma kaya gini emoticon-Cape d...
0
10-09-2019 23:30
kratindeng , pocari sweet , danone emoticon-2 Jempol

monster energy emoticon-Ngakak
0
10-09-2019 23:40
Polemik KPAI Vs PB Djarum Menurut Saya!
sebenernya sadar atau tidak kalau boleh disamakan level badminton indonesia itu mirip brazil dalam sepakbola, hebat kan? jadi prestasi dipastikan akan berkesinambungan, mengapa bisa demikian? Karena para master badminton kita sudah memahami bahwa regenerasi dalam semua bidang olahraga itu sangat penting, dan salah satu penggiat regenerasi badminton adalah djarum grup yang melalui pb djarum konsisten mengadakan audisi utk menjaring talenta muda yg barangkali berbakat dan karena keterbatasan dana akan mustahil untuknya masuk sekolah badminton (#maaf# boro2 sekolah badminton, sekolah biasa aja pas pasan, makan aja susah), dan dalam audisi nasional yg dilakukan oleh pb djarum setiap tahun yg sudah dimulai dari 2006 akan terpilihlah bibit2 muda calon juara dunia badminton, yang mana mereka akan ditempatkan dimes pusat pelatihan, dibina dan dilatih bermain badminton sejak dini sambil tak lupa pelajaran sekolah umum juga diajarkan dan yg paling penting tanpa biaya sepeserpun, kalau dihitung dari 2006 sampai 2019 sudah ada 13 angkatan pembinaan yg dilakukan oleh pb djarum dan selama mereka dibina bukan dalam waktu yang singkat, butuh beberapa tahun sampai mereka terasah dan terseleksi dengan sendirinya untuk menjadi sang juara yg sudah pasti akan mengharumkan negara Indonesia, masalahnya dana pembiayaan utk melaksanakan kegiatan tsb bukan dana yg sedikit sedangkan pemerintah juga terbatas dalam pendanaan, jadi sudah pasti grup djarum juga memanfaatkan kegiatan tsb utk mengiklankan produk mereka supaya produk mereka lancar dan bisa masuk lagi dana yg bisa digunakan utk melakukan pembinaan tsb. Mengapa mereka melakukannya? Menurut saya sudah bukan rahasia umum bahwa kita sebagai manusia selalu berpikir tentang keuntungan dan pengorbanan, dan itu sangat rasional. Contoh lainnya, apakah komisioner KPAI tidak menerima gaji? Sudah pasti mereka juga menerima gaji, dan karena menerima gaji maka mereka bisa bekerja, coba seandainya mereka diharuskan kerja sukarela sudah barang tentu tidak akan ada yg mau melakukan pekerjaan tsb. Jadi intinya menurut saya antara pengorbanan dan keuntungan akan selalu berbanding lurus dalam setiap kehidupan ini.
Dan saya menganggap sudah sewajarnya Djarum melakukan kegiatan yg menguntungkan dan melakukan pengorbanan dalam membina atlet badminton. Dan KPAI bagaimana? Menurut saya KPAI terlalu lebay, kalau menurut KPAI rokok tidak boleh mensponsori olahraga, bisakah KPAI mencarikan solusi sumber pendanaan dalam pencarian bibit atlet seperti yang sudah dilakukan oleh grup djarum selama ini dan sudah terbukti berhasil, jawabannya adalah mustahil, karena KPAI sendiri juga beroperasi menggunakan dana APBN negara. Seorang anak akan menjadi perokok karena sering melihat bapak/ibu atau tetangga dan lingkungan sekitar yang perokok, apa iya seorang anak menjadi perokok karena djarum melakukan kegiatan pembinaan atlet bulutangkis. Hahaha
profile-picture
Jazed memberi reputasi
1
10-09-2019 23:46
Quote:Original Posted By yahlord
Kayanya sih BliBli yang paling memungkinkan.

Gegayaan sih tuh KPAI bilang eksploitasi anak, udah berlangsung lama baru sekarang diblg eksploitasi anak. Kalo dah nuduh ada jalan keluar sih mending, dah nuduh terus skrg cuci tangan belaga blg gak salah.


Lah blibli kan group djarum juga
Mana mau mereka
emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
11-09-2019 02:37
Yang jelas bulutangkis kita dalam 10 tahun kedepan dijamin MUNDUR.
Buat Manajemen Djarum yang terkenal santun dan bersahaja, tapi dengan issue ini lantas mundur , menurut saya itu karena sikap dan tuntutan KPAI sudah terlalu AROGAN.

Jadi ngga heran Jarum yang sudah bersumbangsih sekian lama terhadap bulutangkis RI tersinggung dengan kelakuan KPAI.

Pengganti-nya, ya pasti ada, cuma apa mau ? hihi

Buat atlet/calon atlet dan komunitas bulutangkis bersiap-siaplah mencari pekerjaan dan profesi baru.

TAKBIR saya untuk Bulutangkis NKRI dan PB Djarum , BUKAN untuk KPAI.

Salam.

Diubah oleh Jazed
0
11-09-2019 07:30
Quote:Original Posted By diandraps
iya gan bner, cuma bisa ngelarang doang tanpa mikir solusinya apa. komisi macam apa ini klo pemikirannya cuma kaya gini emoticon-Cape d...


Banyak nih lembaga kayak gini di Indonesia ketika membuat sebuah kebijakan tidak ada keberlanjutan di dalamnya. Lucunya untuk kepentingan masyarakat "katanya"
Tapi masyarakat yang mana?emoticon-Bingung
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
11-09-2019 09:51
tetap semangat
0
11-09-2019 10:10
Kalau pakai nama BCA yang mungkin ngak jadi masalah. Djarum kan nama rokok..,
0
11-09-2019 11:15
mnurutku kalo djarum kluar yah ga ada yg bisa gantikan...
ilang sudah harapan lagu indonesia raya diperdengarkan di luar negeri...
kalah sudah badminton indo lawan malay apalagi lawan cina..
stelah pingpong dan tenis skaarang badminton...

profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
11-09-2019 11:17
Bukalapak







ah lupa sudah phk sebgian pegawai
0
Lapor Hansip
11-09-2019 13:57
Balasan post diandraps
Semua ada di Shopee emoticon-Ngakak
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
11-09-2019 20:28
gudang garam filter emoticon-Cool
0
11-09-2019 22:20


Quote:Original Posted By sikurus97
Banyak nih lembaga kayak gini di Indonesia ketika membuat sebuah kebijakan tidak ada keberlanjutan di dalamnya. Lucunya untuk kepentingan masyarakat "katanya"
Tapi masyarakat yang mana?emoticon-Bingung


nah iya kan gan, masyarakat aja pada gk setuju dengan mereka tapi mereka masih aja ngotot klo memperjuangkan masyarakat emoticon-Cape d...
0
11-09-2019 22:29


Quote:Original Posted By EnragedSlayer
Semua ada di Shopee emoticon-Ngakak


hahah bner juga gan wkwk emoticon-Ngakak
0
11-09-2019 22:55
Semoga penggantinya nanti bener-bener serius nangani audisi ini ya, kasihan banyak anak yang ingin menggapai mimpinya emoticon-Frown. Semoga aja ada jalan keluar nanti biar semuanya jelas
0
12-09-2019 01:36
ya semoga ujungnya yang terbaik deh, kan katanya kpai juga masih mau diskusi dengan pihak djarum kan
0
12-09-2019 15:41
Nyari sponsor yg bisa ngeluarin duit gede buat mendidik/membina n cuma nongolin nama doang tp bukan produk?
0
Halaman 13 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.