alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.84 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d750fd8d4397205e21a8316/gak-bakal-nyesel-pelihara-musang-yuk-gan
Lapor Hansip
08-09-2019 21:27
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Past Hot Thread
Cara Menjinakkan, Memelihara, Dan Membeli Musang


Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Musang atau dikenal juga dengan Luwak tergolong sebagai mamalia. 'Pabrik' kopi berjalan ini, konon menghasilkan kopi yang terenak. Bahkan sudah diakui oleh wisatawan asing. Keahlian Musang dalam memilih biji kopi terbaik, dan sistem pencernaannya yang sederhana, membuat biji kopi yang sudah dimakannya, menjadi lebih nikmat untuk diseduh, atau lebih dikenal dengan Kopi Luwak.

Jenis Musang, Karakter dan Harganya


1. Musang Pandan (Musang Luwak)

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Dalam bahasa inggris adalah Palm Civet. Bukan cuma namanya, musang ini benar-benar memiliki aroma khas pandan, Gan. Musang jenis ini tergolong murah karena agak galak, harganya sekitar Rp 270,000 - Rp 700,000. Tergantung dari tingkat jinaknya. Bisa jadi mahal jika memiliki keunikan, seperti berekor putih, atau berwajah putih.

Pertama kali memelihara musang, TS pilih musang ini, Gan. TS yang kala itu belum ahli dalam memilih musang, mendapatkan musang yang hissing, takut manusia. Menjinakkannya butuh kesabaran tingkat tinggi.

Banyak cara menjinakkan musang, cara yg TS pilih adalah cara ter-ekstrim dan berisiko. Yakni pendekatan dengan tangan.

A. Tangan dikepal, arahkan ke musang secara perlahan.

B. Jangan ragu sedikitpun, ketika musang mulai berdesis. Hirup nafas panjang-panjang, supaya rasa sakit digigit dan dicakar berkurang.

C. Pertahankan kepalan tangan, kurang dari tiga puluh detik, musang akan berhenti menggigit. Itu tandanya si musang mulai mengenali bau, dan memahami bahwa Agan bukanlah bahaya.

D. Keluarkan tangan Agan secara perlahan.

E. Ambil pisang yang telah dipotong seukuran ibu jari, beri makan musang agan dengan tangan tersebut. Pelan-pelan, berulang kali.

F. Lakukan langkah ini setiap memberi makan. Niscaya dalam waktu dua hari sang Musang akan luluh kepada Agan.

2. Musang Akar

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Yang satu ini, adalah tipikal musang yang mudah beradaptasi, Gan. Musang ini memiliki warna mirip dengan musang pandan, hanya wajahnya lebih hitam, telinganya terbuka lebar. Harganya tiga kali dari harga musang pandan, berkisar dari Rp 900,000 - Rp 1,200,000. Musang akar banyak dijumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bangka. Jujur saja, musang akar adalah favorit TS.

3. Musang Bulan

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Musang satu ini memiliki warna yang eksotis, yakni hitam pekat tidak bercorak, dan berekor putih. Harganya berkisar antara Rp 1,200,000 - Rp 3,000,000an. Harga ini didapatkan karena sifatnya yang ramah, dan bulunya yang tebal dan eksotis. TS belum pernah pelihara musang jenis ini (mahal), namun sering menjumpai teman komunitas yang punya. Iri.

4. Musang Binturong/Binturung

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Musang satu ini adalah yang paling spesial Gan, harganya pun fantastis bisa sampai Rp 8,000,000 atau bahkan lebih. Ukuran musang ini adalah yang paling besar dibanding musang lainnya. Binturung mahal karena kelangkaannya. Bahkan sesungguhnya musang jenis ini termasuk satwa yang dilindungi. Tidak boleh dipelihara.

Masih banyak lagi jenis musang lainnya, musang rase, musang bali, musang biul, dan banyak lagi. TS hanya menjelaskan yang TS pernah asuh saja. Binturung termasuk (peace). Sebelum kemudian kami lepaskan ke alam liar (semoga doi hidup dan beranak pinak.

Untuk breeding, musang sebaiknya berumur diatas 1 tahun Gan. Lebih baik lagi kalo si Betina lebih tua dibanding si Jantan.

A. Letakkan kedua musang di 2 kandang terpisah, bersebelahan. Buat kenalan. Untuk waktunya tidak ditentukan, berbeda setiap musang. Semakin lama semakin baik, bisa sampai sekitar 3 bulan.

B. Jika pengenalan sudah dirasa cukup, gabungkan musang ke dalam 1 kandang. Biasanya betina akan sedikit defense, dan mungkin mereka akan berkelahi sedikit. Cukup diperhatikan sedikit, kalau perkelahiannya fatal, segera pisahkan lagi.

C. Untuk musang yang sudah siap disatukan, alangkah baiknya jika kandangnya ditutup kain, hal ini dilakukan untuk menjaga privasi mereka. Siapa tau malu.

D. Perkimpoian memakan waktu sekitar 1 bulan.

Ciri-ciri perkimpoian berhasil, atau musang hamil.

A. Betina enggan dikimpoikan lagi oleh si Jantan.

B. Betina tampak tidak seaktif sebelumnya.

C. Betina lebih defensive (sensitive) dari biasanya.

D. Perutnya akan sedikit membesar dan turun (bukan lebar kesamping).

E. Puting susu akan membesar, dan seiring dengan masa kehamilan yang menua, bulu disekitar puting akan rontok (membentuk lingkaran).

Musang, sungguh peliharaan yang TS sarankan kepada para pembaca pecinta hewan. Percaya atau tidak, bahwa kotoran musang tidak bau. Tergantung dari makanan, dan perawatannya. Ts menganjurkan pisang sebagai makanan utama. Pepaya sesekali, untuk melancarkan pencernaan. Biji kopi merah, kepala ayam, kulit ayam, dan lain-lain sesekali sebagai penambah nafsu makan.

Banyak orang memelihara musang sengaja membuatnya obesitas, agar terlihat lucu. Namun TS tidak menganjurkan hal tersebut. Sama seperti manusia, obesitas itu tidak baik. Rentan sakit jantung.

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Ada juga orang-orang yang memangkur (memotong) taring musang. Dengan alasan supaya tidak digigit dan rabies. TS juga tidak menganjurkan ini. Ini sungguh kejam sekali. Kalau tidak mau digigit, jangan menyakiti. Gunakan sarung tangan dan sebagainya saja.

Sekian dulu thread kali ini. Kalau ada pertanyaan tentang tips lebih lengkap. Termasuk breeding, di komentar ya.

Sumber : pengalaman dan opini pribadi. Sedikit wikipedia.
Sumber foto : Google
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jukinightray dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 12
11-09-2019 18:31
waktu baca judulnya, trus baca isi threadnya, kayaknya ini thread repost ya, dulu udah ada thread macem ini kayaknya.
0
11-09-2019 18:33
Quote:Original Posted By feliia
Ooh gitu gan, thanks infone. btw kalo beli kelinci brapa yah


Soal harga ane gk tau sist,coba cari referensi di olx.
Harganya gk jauh beda sama di pasaran
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 19:52
Quote:Original Posted By agungdar2494
Kalo beli, beli yg udah jinak aja Gan. Kalo bisa dari yg masih kecil (tapi bukan baby), cari yg udah makan pisang. Aman kok.



kira2 di umur berapa bang?? bisa infoin bang ciri2nya yg sehat gda penyakit??
0
11-09-2019 20:54
gan dlu musang ente disuntik vaksin g?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 21:18
Quote:Original Posted By garanpacul5
Soal harga ane gk tau sist,coba cari referensi di olx.
Harganya gk jauh beda sama di pasaran


Paling enak cod kali yah gan biar tau langsung kondisi si kelinci
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 21:34
Quote:Original Posted By hakoniwa93
temen gw ada yg melihara, lucu juga sih bisa jinak kyk sugar glyder gitu

dipanggil langsung nyamperin, beda sama koeching oren yang cuman nyamperin kalo dibawain makanan emoticon-Ngakak (S)


seriusan bisa jinak gan???

soalnya ane gx mau melihara binatang yang gx jinak..... gx bisa diajak maaiinnn hahahaha
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
11-09-2019 22:11
Quote:Original Posted By feliia
Paling enak cod kali yah gan biar tau langsung kondisi si kelinci


Mending kepasar hewannya langsung sist, soalnya ane belom pernah beli hewan di olx
Tapi ya terserah sistanya aja,enak dimana emoticon-Salaman
Diubah oleh garanpacul5
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 22:23
Quote:Original Posted By agungdar2494
waaah asik juga rumahnya Gan emoticon-Toast



Pengen Gan, tapi berdasarkan kepercayaan ane, gak boleh gan </3



Yup kalo udah keliatan rada melendung, sebaiknya sediakan kain kering



mungkin bisa aja Gan, tp gk perlu



Wahh Red Panda? Lucu maksimal sih itu, tp emg boleh dipelihara Gan?



Wah Sekarang masih gak gan?



Sabar ya Gan. Coba pelihara kura2 atau Ikan gan, panjang umur dan jarang mati.



Belum pernah coba sih Gan, kayaknya sih bisa. Tapi harus dari masih kecil kalo mau ngeliat mereka akrab Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!


Ane waktu itu kurang tau soal itu gan,ane kira kelinci ane waktu itu kegemukan emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 22:29
Quote:Original Posted By garanpacul5
Mending kepasar hewannya langsung sist, soalnya ane belom pernah beli hewan di olx
Tapi ya terserah sistanya aja,enak dimana emoticon-Salaman


Kalo dijakarta dimana yah pasar hewanya emoticon-Big Grinemoticon-Smilie
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 23:05
Quote:Original Posted By feliia
Kalo dijakarta dimana yah pasar hewanya emoticon-Big Grinemoticon-Smilie


Jakarta ane gk tahu sist,ane waktu ke pasar pramuka yang ane liat cuma burung doang
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
11-09-2019 23:18
kalo gemuk kaya doraemon dong brrti... trus ngambek, aku musang bkn doraemon... upsss.. nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
12-09-2019 01:19
ihh kok gemes gemes amat musangnya gendut gendut begituu huhu jadi pengen pelihara
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
12-09-2019 07:38
Temen Ane Dapet Di Kebon Nih Bre
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
12-09-2019 14:55
Balasan post shoyusushi
Quote:Original Posted By shoyusushi


seriusan bisa jinak gan???

soalnya ane gx mau melihara binatang yang gx jinak..... gx bisa diajak maaiinnn hahahaha


Temen gw punya si jinak, gw kalo ke kost dia dulu cuman gw suit2in aja langsung nyamperin.
Gw gendong2 jg kaga gigit.

Kaga tau deh gmn cara dia jinakinny emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
12-09-2019 18:07
Gak mirip sama doraeman kan di RL nya juga.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
12-09-2019 18:14
Quote:Original Posted By garanpacul5
Soal harga ane gk tau sist,coba cari referensi di olx.
Harganya gk jauh beda sama di pasaran


Betul sekali gan

Quote:Original Posted By cimbuaii
kira2 di umur berapa bang?? bisa infoin bang ciri2nya yg sehat gda penyakit??


Ciri2 musang sehat.
A. Eeknya padat dan gk bau
B. Bulu nya halus mengkilat
C. Aktif

Quote:Original Posted By uangkul
gan dlu musang ente disuntik vaksin g?


Nggak gan

Quote:Original Posted By feliia
Paling enak cod kali yah gan biar tau langsung kondisi si kelinci


Yup

Quote:Original Posted By shoyusushi
seriusan bisa jinak gan???

soalnya ane gx mau melihara binatang yang gx jinak..... gx bisa diajak maaiinnn hahahaha


Seriusan. Ane buktiin sendiri dari yg liar.

Quote:Original Posted By garanpacul5
Mending kepasar hewannya langsung sist, soalnya ane belom pernah beli hewan di olx
Tapi ya terserah sistanya aja,enak dimana emoticon-Salaman


Olx COD mending gan. Pasar hewan mah jaranh jinak. Trus (maaf) perawatannya suka sembarangan.

Quote:Original Posted By garanpacul5
Ane waktu itu kurang tau soal itu gan,ane kira kelinci ane waktu itu kegemukan emoticon-Ngakak


Turut berduka ya gan emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By feliia
Kalo dijakarta dimana yah pasar hewanya emoticon-Big Grinemoticon-Smilie


Krg tau mbak. Mending olx aja COD

Quote:Original Posted By aygilagility
ihh kok gemes gemes amat musangnya gendut gendut begituu huhu jadi pengen pelihara


Yuhuu.. tp obesitas jg gk baik sih gan.

Quote:Original Posted By hakoniwa93
Temen gw punya si jinak, gw kalo ke kost dia dulu cuman gw suit2in aja langsung nyamperin.
Gw gendong2 jg kaga gigit.

Kaga tau deh gmn cara dia jinakinny emoticon-Ngakak (S)


Dengan cinta dan kasih sayang Gan wkwkwk

Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Gak mirip sama doraeman kan di RL nya juga.


Gak wkwkwk doraemon itu gk mirip apa2 wkwk
0
12-09-2019 18:47
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Gak mirip sama doraeman kan di RL nya juga.


Aku mulai diikuti kamu. emoticon-Malu
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1
12-09-2019 18:52
Quote:Original Posted By hakoniwa93
Temen gw punya si jinak, gw kalo ke kost dia dulu cuman gw suit2in aja langsung nyamperin.
Gw gendong2 jg kaga gigit.

Kaga tau deh gmn cara dia jinakinny emoticon-Ngakak (S)


hihihihihi berarti yang keren mahhh temennya agan sanggup bikin jinak musangnya!!

soalnya kucing aja yang naluriahnya hewan rumahan, kalo kita pungut dari jalan belom tentu mau jinak loohhh
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
12-09-2019 18:55
Quote:Original Posted By agungdar2494




Seriusan. Ane buktiin sendiri dari yg liar.




keereeeennn!!!!
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

ada tips gimana cara ngejinakinnya gx gan???

apakah harus sering diajak main dan dimanja manja kayak kucing atau gimana gan???
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
Halaman 11 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.