alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.38 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d74faaf0577a9724a06bac2/yippie-akhirnya-botol-minuman-terbuat-dari-tumbuhan
Lapor Hansip
08-09-2019 19:57
Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan
Past Hot Thread
Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan

Quote:
Maraknya limbah botol plastik yang mencemari lingkungan membuat pihak dari coca-cola akhirnya memikirkan solusi untuk mengakhiri hal tersebut. Coca-cola sebagai perusahaan minuman bersoda rupanya banyak berperan dalam pencemaran lingkungan. Hal ini diakibatkan produksi botol plastiknya yang menghasilkan emisi karbon cukup banyak.

Kita ketahui bahwa produk Coca-cola ada di seluruh dunia yang artinya manufaktur ini berperan banyak dalam pemanasan global. Hampir semua negara di ekspansi oleh Coca-cola. Yang artinya Mereka memiliki pabrik juga disana. Selain mencemari udara dengan emisi karbon yang dihasilkannya ada juga masalah lain seperti mencemari tanah karena tidak bisa didaur ulang dengan baik.

Nah balik lagi ke topik permasalahan, karena botol plastik dinilai mencemari tanah dan udara belum lagi jumlahnya semakin menumpuk di muka bumi maka Coca-cola akhirnya melakukan terobosan terbaru dengan memproduksi botol dari tumbuhan, penasaran bagaimana manfaatnya terhadap lingkungan yuk check thread berikut!


Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan

Sebut saja kemasan ini bernama PlantBottle. Botol minuman ini terbuat dari serat tumbuhan yang tidak memiliki emisi karbon. PlantBottle ini dikembangkan oleh Shel Huang Xiaoyan selaku Vice President dari Coca-Cola China yang sudah mematenkannya pada tahun 2009 lalu. Namun sejak 2015 beliau akhirnya memperbolehkan publik menggunakan konsep ini secara gratis untuk membuat kemasan minuman. Coca-cola sebagai penghadir bioteknologi ini menjadi yang pertama menggunakan PlantBottle.

Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan

Bahan pembuat PlantBottle yaitu senyawa gula yang diambil dari berbagai jenis tumbuhan. Senyawa gula yang ada pada tumbuhan tersebut kemudian diolah menjadi rantai karbon yang memiliki sifat seperti plastik. Seperti kokoh dan tahan terhadap air lalu kemudian digunakan sebagai campuran PlantBottle ini.

Adapun jenis tumbuhan yang digunakan Coca-cola untuk memproduksi kemasan ramah lingkungan ini yakni serat tebu dan limbah tebu yang berasal dari ladang tebu punya manufaktur Coca-cola sendiri. Bahan-bahan alami tersebut menyusun 30% dari kemasan botol coca-cola supaya mudah di-recycle. Atau dikenal dengan istilah 100% recycleable. Dengan begitu, produk-produk minuman yang menggunakan PlantBottle menjadi mudah didaur ulang.

Hingga saat ini Coca-cola telah mengedarkan lebih dari 35 milyar coca-cola berkemasan ramah lingkungan di 40 negara lainnya. Namun untuk Negara Indonesia sendiri sayangnya belum beredar Coca-cola yang berkemasan PlantBottle.

Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan

Karena coca-cola memperbolehkan penggunaan konsep ini untuk umum, konsep tersebut akhirnya membuat banyak perusahaan minuman ikut mengimplementasikannya. Sebut saja air mineral bermerek Dasani dan Jus buah bermerek Odalla yang menyukai penggunaan bioteknologi ini. Pemanfaatan plantbottle ini sebagai kemasan minuman telah berjasa dalam mengurangi 315,000 ton emisi karbon pertahunnya.

Yippie! Akhirnya Botol Minuman Terbuat Dari Tumbuhan
Pepsi Co tak mau kalah dengan Coca-cola dengan mengurangi penggunaan plastik pada produknya

Tak mau kalah, Pepsi Co juga menghadirkan solusi untuk mencegah pencemaran botol plastik seperti yang ada pada sub-produknya yakni air mineral Aquafina yang menggunakan kaleng, Bubbly sparkling water yang juga menggunakan kaleng, dan Lifewtr yang menggunakan botol plastik recycleable jenis rPET (recycleable polyethylene terephthalate). Pepsi juga saat ini sedang melakukan riset untuk mengembangkan botol plastik dari tumbuhan yang katanya akan lebih bagus dari PlantBottle karena biodegradable.

—oOo—

Yippie! akhirnya botol minuman semakin ramah lingkungan. Perlu diingat ya! Bukan karena kemasan coca-cola dibuat dengan Plantbottle maka kita bebas membuangnya sembarangan ke lingkungan. Hal tersebut salah besar!. PlantBottle dikatakan ramah lingkungan karena mengurangi emisi karbon bukan karena biodegradable (bisa didegradasi alam). PlantBottle sendiri masih terdiri dari 70% plastik namun untungnya tingkat pencemarannya dibuat menjadi lebih ringan


Sumber : Disini dan Disini
Sumber gambar : google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
11-09-2019 04:11
goodjob coca cola
gue harap sih nantinya semua produk yang pake plastik sebagai bahan kemasannya mulai berganti sama ini biar ramah lingkungan dan gak nyampah lg di bumi.
kesian apa lagi di indo yang pengolahan samapahnya masih buruk dan produksi sampahnya banyak banget lagi.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 4 balasan
11-09-2019 10:56
mantap gan, cola - cola melaukan terbosan yang sangat bermanfaat untuk bumi
kereeen cola2








daftar harga sewa proyektor di jakarta
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
11-09-2019 11:03
nice info gan, terobosan yang bermanfaat cola - cola









daftar harga sewa proyektor di Jakarta
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
11-09-2019 14:01
Keren banget sih, harus terus dikembangkan lagi agar 90% bahan hancur di alamemoticon-Sundul
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
11-09-2019 18:25
Balasan post h4dewa
Quote:Original Posted By h4dewa
Keren banget sih, harus terus dikembangkan lagi agar 90% bahan hancur di alamemoticon-Sundul


Nah itu dia gan sudah seharusnya kemasan minuman makin biodegradable. Kalo bisa sampe 90% biodegradable
profile-picture
h4dewa memberi reputasi
1
Lapor Hansip
11-09-2019 18:26
Balasan post reisakanaya
Quote:Original Posted By reisakanaya
semoga bisa mengurangi limbah
mari cintai bumi kita
emoticon-I Love Indonesia
konveksi tas


Yippie! Semoga mengurangi limbah ya! Amin
0
Lapor Hansip
11-09-2019 18:27
Balasan post mharyadi
Quote:Original Posted By mharyadi
nice info gan, terobosan yang bermanfaat cola - cola



daftar harga sewa proyektor di Jakarta


Yoi gan! Tapi sayangnya belum beredar di Indonesia, huhhhh....emoticon-Malu
0
Lapor Hansip
11-09-2019 18:28
Balasan post mharyadi
Quote:Original Posted By mharyadi
mantap gan, cola - cola melaukan terbosan yang sangat bermanfaat untuk bumi
kereeen cola2


daftar harga sewa proyektor di jakarta


Buset double post njirr emoticon-Leh Uga

0
Lapor Hansip
11-09-2019 18:32
Balasan post arwanagoreng
Quote:Original Posted By arwanagoreng
goodjob coca cola
gue harap sih nantinya semua produk yang pake plastik sebagai bahan kemasannya mulai berganti sama ini biar ramah lingkungan dan gak nyampah lg di bumi.
kesian apa lagi di indo yang pengolahan samapahnya masih buruk dan produksi sampahnya banyak banget lagi.


Yups betul sekali gan! Itu dia solusi yang seharusnya ditempuh negeri ini... Tapi sayang coca-cola berkemasan ini tidak beredar di Indonesia
0
Lapor Hansip
11-09-2019 18:33
Balasan post m1khs4np
Quote:Original Posted By m1khs4np
tetep air putih yang paling enak dan sehat pastinya...


Kalau air putih berkemasan ini pastinya lebih enak dan lebih sehat gan
emoticon-Request
0
11-09-2019 21:13
makin mantap aja nih patut di apresiasi sama orang-orang yang nemuin kaya gini, soalnya bikin dampak positif bagi lingkungan juga, semoga aja semua produk-produk yang tadinya menggunakan bahan-bahan plastik jadi di ganti semua jadi bahan kaya gini
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
11-09-2019 21:16
Balasan post raliakbarrr
Quote:Original Posted By raliakbarrr
makin mantap aja nih patut di apresiasi sama orang-orang yang nemuin kaya gini, soalnya bikin dampak positif bagi lingkungan juga, semoga aja semua produk-produk yang tadinya menggunakan bahan-bahan plastik jadi di ganti semua jadi bahan kaya gini


Nah itu belum seberapa gan! Di thread ini baru benar-benar memberikan dampak positif (100% biodegradable)

Quote:Yippie! Sedotan dan Gelas Kini Bisa Dimakan, Di Indonesia Udah Ada!


Silahkan mampir gan emoticon-Cek PM (S)
Diubah oleh dompetjadipeci
0
11-09-2019 21:26
Semoga makin banyak yang produksi botol kaya ginian ya gan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
11-09-2019 21:35
kereennnn!!!! akhirnya ada inovasi dari produsen.... jadi gx cuma konsumen aja yang harus memilah ini ituuu

apakah botol minuman ini adalah awal dari revolusi industri di bidang food and beverages? hahahaha
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
11-09-2019 23:28
waaahhh bagusss deh... inivasi yang makin ramah ke lingkunga... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lapor Hansip
12-09-2019 01:47
Balasan post arwanagoreng
@dompetjadipeci tanang gan, coca cola amatil punya garis perintah jelas tentang inovasi kemasan, dari design maupun dari bahan. soon bakal ada di ino sih menurut ane, karena penjualan dan potensi bahan baku di indo juga support buat bikin ini kemasan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
12-09-2019 17:01
yess, akhirnya lahir juga botol palstik yg ramah lingkungan.. baru kemarin ane memikirkannya,,,... emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 3 balasan
Lapor Hansip
12-09-2019 17:39
Balasan post arwanagoreng
Quote:Original Posted By arwanagoreng
@dompetjadipeci tanang gan, coca cola amatil punya garis perintah jelas tentang inovasi kemasan, dari design maupun dari bahan. soon bakal ada di ino sih menurut ane, karena penjualan dan potensi bahan baku di indo juga support buat bikin ini kemasan


Aminn semoga kelak ekspansi ke Indonesia yak, ane sdh nggak sabar melihat bagaimana bentuk kemasannya Yippie!
emoticon-Selamat
0
Lapor Hansip
12-09-2019 17:41
Balasan post spr007
Quote:Original Posted By spr007
yess, akhirnya lahir juga botol palstik yg ramah lingkungan.. baru kemarin ane memikirkannya,,,... emoticon-Big Grin


Kemasan plastik yang ini mah nggak ada apa-apanya gan dibanding kemasan plastik yang ada pada thread ini

Quote:Yippie! Sedotan dan Plastik Kini Bisa Dimakan


Tapi soal jumlah, PlantBottle coca-cola lebih banyak beredar
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.