alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6dd86b2f568d2834092630/shinya-yamanaka-penemu-ips-cells-harapan-baru-di-dunia-kedokteran
Lapor Hansip
03-09-2019 10:05
Shinya Yamanaka, Penemu iPS Cells, Harapan Baru Di Dunia Kedokteran.
Past Hot Thread
Shinya Yamanaka, Penemu iPS Cells, Harapan Baru Di Dunia Kedokteran.
gbr diambil dari : nature.com

Beberapa waktu yang lalu, masih di tahun 2019, seorang dokter di Jepang, Kohji Nishida, mengobati seorang pasien yang mengalami kerusakan pada lapisan kornea matanya, menggunakan kornea mata yang dihasilkan dari iPS Cells.

iPS cells, merupakan singkatan dari induced pluripotent stem cells.

Banyak dari kita tentu sudah mendengar tentang stem-cells, sel-sel tubuh yang merupakan cikal bakal sel-sel tubuh yang lain. Stem cells bisa menjadi sel jantung, menjadi sel kulit dan sebagainya.

Sifat dari stem cells ini tentu saja membuka banyak kemungkinan dalam dunia kedokteran, namun tidak mudah untuk mendapatkan stem cells, karena jumlah stem cells pada organisme dewasa tidak cukup banyak untuk bisa digunakan untuk menyembuhkan pemiliknya. Sementara praktek mengambil stem cells dari embryo manusia, tentu saja sulit diterima secara moral.

Pada kondisi inilah di tahun 2006, seorang ilmuwan dari Jepang Shinya Yamanaka mempublikasikan penemuannya.

Shinya Yamanaka, Penemu iPS Cells, Harapan Baru Di Dunia Kedokteran.
gbr diambil dari : www.ucsf.edu

Jika stem-cell bisa berkembang menjadi sel-sel tubuh yang berbeda, maka Shinya Yamanaka menemukan cara untuk memutar balik kembali proses tersebut, sehingga dari berbagai macam sel-sel tubuh yang ada, dia bisa mengembalikan sel-sel tersebut kembali menjadi stem-cells yang berpotensi untuk diprogram ulang sehingga didapatkan sel-sel tubuh yang dibutuhkan.

Jadi secara kasarnya, bayangkan anda menderita gagal-ginjal. Daripada menunggu donor ginjal, dengan metode yang ditemukan Shinya Yamanaka, dokter dapat mengambil sel-sel kulit anda, mengembalikannya kembali menjadi stem-cells, kemudian stem-cells tersebut diprogram agar menjadi sel-sel ginjal.

Metode ini selain lebih cepat (tidak perlu menunggu adanya donor), juga lebih aman, karena ginjal yang terbentuk, berasal dari stem-cell anda sendiri. Sehingga tidak terjadi penolakan karena tubuh merasa menerima sesuatu yang asing.

"Stem-cell" yang ditumbuhkan di laboratorium dengan metode temuan Shinya Yamanaka inilah yang kemudian diberi nama iPS cells.

Meskipun iPS cells tidak sempurna sama seperti stem-cells yang didapatkan dari embryo, metode ini menyediakan cara yang jauh bisa diterima secara moral dan etika. Berkat penemuannya ini, di tahun 2012, Shinya Yamanaka menerima hadiah nobel di bidang pengobatan/kesehatan.

Masih panjang jalan yang harus ditempuh sebelum teknologi ini bisa dimanfaatkan secara sempurna. Namun peneliti-peneliti lain di berbagai belahan dunia bekerja sama untuk mempelajari dan mengembangkan hasil temuan Shinya Yamanaka ini.

Temuan Shinya Yamanaka bukan hanya berpotensi untuk menolong banyak orang di berbagai penjuru dunia. Penemuannya ini tentunya juga mengharumkan nama bangsa.

Semoga suatu saat nanti kita juga bisa melihat nama-nama ilmuwan dari Indonesia menerima hadiah nobel di bidang ilmu pengetahuan.

Sumber referensi :
1. https://www.nature.com/articles/d41586-019-02597-2
2. https://www.nature.com/news/how-ips-...-world-1.20079
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
11-09-2019 11:06
ckck...
moga dimanfaatkan dng baik, nice sharenya
0
11-09-2019 11:07
Quote:Original Posted By LoveIsEverglow
Sama Gan emoticon-Frown ane juga jomblo


(Psst... Ane ga jomblo gan... )
0
11-09-2019 11:22
Wew pasti mahal yak biaya nya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
Lapor Hansip
11-09-2019 11:53
Balasan post lonelylontong
nah, harus diliat dari niat awalnya, membantu apa kejar komisi.
emoticon-Ngakak (S)
0
11-09-2019 11:56
org indonesia masih sibuk ributin agama
0
11-09-2019 12:54
Nice shere gan.
0
11-09-2019 13:06
bentar lagi oled cells

emoticon-Matabelo
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh silentrunner
0
11-09-2019 13:53


Quote:Original Posted By lonelylontong
Cmiiw, DNA itu spt blue print. Makanya utk test DNA, bisa ambil dr rambut, dd kulit, dsb. Kok bisa yg diambil rambut, tp dr tes DNA, bisa ketahuan kalau umur sekian punya sakit jantung?

Krn DNA yg ada hubungannya dfn jantung, jg ada di sel rambut.

Jd setiap sel punya DNA lengkap. Itu sebabnya ketika msh dlm bentuk stemcell, teorinya sel itu bisa berubah jadi sel apa saja.



Ini yang unik, jadi kalau saya tdk salah baca, ada beda antara stem cell asli yg blm pernah jadi sel lain, dgn iPS cell yg sdh pernah jadi sel lain.

Pada iPS cell, "pengalaman" yg terekam saat dia sempat jadi sel "dewasa" msh tersimpan saat kembali ke bentuk stem cell.

Tentu perlu penelitian lbh lanjut utk tahu efeknya.


emoticon-Shakehand2
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1
11-09-2019 14:24
ini bisa bikin kaya wolverine dan sabertooth, sama deadpool ??emoticon-Wow
0
11-09-2019 14:24
Quote:Semoga suatu saat nanti kita juga bisa melihat nama-nama ilmuwan dari Indonesia menerima hadiah nobel di bidang ilmu pengetahuan.


selama myicin terus yang dilahap & agama terus yang dipake buat cuci otak & kurikulum pendidikan yang mewajibkan siswa musti 'bisa' semua bidang dasar, ga akan ada ilmuwan lulusan negeri ini yang bisa dapet nobel emoticon-Hammer2
kalo model pak habibie gitu kan beliau lanjut sekolah di jerman, dah beda pola didiknya
0
11-09-2019 15:53
Ilmu Pengetahuan Sosial tah?
0
11-09-2019 16:08
Quote:Original Posted By kobeedogawa
ini bisa bikin kaya wolverine dan sabertooth, sama deadpool ??emoticon-Wow


Kalau itu rekayasa genetika. Lain lagi gan, tp juga sedang pesat2nya diteliti.
0
Lapor Hansip
11-09-2019 17:20
Balasan post g3gh3t
Quote:Original Posted By g3gh3t
harus segera dipatenkan ni kalau gak dicuri negara lain

btw indon mah mustahil dapat nobel di science
lha warganya aja pada hobi demo sara dan drama kayak pelastique emoticon-Entahlah


kalo menurut ane masih mustahil karena orang sini cara berpikirnya masih berantakan, ngga sistematis dan akademis banget gan haha
0
Lapor Hansip
11-09-2019 18:28
Balasan post haf2
Quote:Original Posted By haf2
Menuju hidup sehat dan abadi selamanya


Shinya Yamanaka, Penemu iPS Cells, Harapan Baru Di Dunia Kedokteran.
0
11-09-2019 23:21
mantappo nihhh... jadi perkembangan dan inovasi baru buat dunia kedokteran... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
0
12-09-2019 15:08
iPS cell ya, awal denger pas nonton GTO live action emoticon-Matabelo
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1
12-09-2019 15:12
Quote:Original Posted By tatanxberuxs
iPS cell ya, awal denger pas nonton GTO live action emoticon-Matabelo


Great Teacher Onizuka?
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
12-09-2019 15:38
Balasan post lonelylontong
yoyoi, yg ova terakhir malah muridnya nemuin tentang perkembangan iPS cell n dapet beasiswa, keren juga mantan reman bisa hasilin murid macam begitu emoticon-Leh Uga
0
12-09-2019 20:47
Huwaah kereen. Nanya ke Halodoc ah, kapan kira2 penemuan ini bisa dipakai masyarakat. Pasti membantu banget.
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.