ihsa37
TS
ihsa37
Salahkah jika berdarah Cina?


Ini adalah negara indonesia yang amat kucinta. Negara dengan ribuan pulau dan budaya yang tersebar dari sabang sampai merauke. Namun meski saya lahir dan besar di indonesia saya tak bisa dibilang seratus persen indonesia. Seperempat dari genetik saya merupakan turunan dari orang Cina dan saya pun memiliki mata sipit dan kulit putih khas orang Cina.

Terkadang saat saya di sekolah saya cukup terganggu dengan hal ini. banyak yang bersikap membeda bedakan dan mengejek ke-Cina-an saya terlebih karna saya tidak bisa bahasa Cina (nggak pernah diajarin sih).

Memang hal ini tidak terlihat jelas namun hal ini akan muncul jika saya bertengkar dengan seorang teman. Diantara ejekan ejekan yang dia lontarkan pasti akan ada ucapan ucapan rasis yang menyangkut darah Cina saya. Mulai dari dikatakan orang asing hingga penjajah (padahal Cina nggak pernah jajah indonesia).

Ada juga ciri khas terkenal dari orang Cina. Pasti pernah dengarkan kalau orang Cina itu identik dengan sikapnya yang pelit? Saya pun sering sekali mengalami hal seperti itu. Saya sebenarnya orang yang baik dan kadang mentraktir teman makan atau meminjamkan uang (dan tidak dikembalikan) namun saat pertama kali saya tidak meminjamkan uang saya langsung dicap si Cina pelit.

Excuse me WTF? Emang kamu pernah ngasih kalo aku minjem uang? Apa hakmu bilang aku pelit? Saya tak habis pikir pada orang orang seperti ini yang langsung mencap saya sebagai orang pelit setelah sekali saja menolak meminjamkan uang. Karna rumornya sudah menyebar maka saya ikuti saja dan benar benar menjadi orang pelit. Siapapun yang minjam uang tidak saya kasih dan saya berhenti mentraktir teman buat jajan dan hasilnya uang saya jadi menumpuk. Terima kasih TEMAN.

Anehnya banyak pula yang iri pada saya karna kulit saya yang putih (lebih putih dari kulit cewek indo) dan ada juga yang iri pada kemampuan saya mencari uang. Terima kasih berkat darah Cina saya, hal hal buruk dari indonesia seperti budaya jam karet tidak pernah melekat dalam nadi karna ayah saya selalu mengajarkan untuk on time.

Sikap rasis yang saya dapatkan dari masa persekolahan membuat saya menjadi individu yang lebih baik. Mereka yang bilang saya pelit sekarang iri pada kekayaan saya. Mereka yang mengejek saya Cina sekarang ingin memiliki sikap pebisnis Cina. Sikap rasis yang saya terima justru mendorong saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya sungguh berterima kasih dan saya bangga pada darah Cina yang mengalir dalam nadi saya tapi saya tetap cinta indonesia. Bagaimanapun negeri ini adalah tanah air saya dan seluruh Cina keturunan di indonesia.
wbros
wbros memberi reputasi
1
401
11
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.