alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7171eae83c723e407e8196/beberapa-fakta-unik-bendera-negara-negara-di-dunia
Lapor Hansip
06-09-2019 03:36
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Past Hot Thread
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang beberapa fakta unik bendera negara-negara di dunia.

emoticon-I Love Indonesia

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera negara-negara di dunia.
Gambar: wordflagshop.com

Bendera adalah sepotong kain yang umumnya berbentuk segi empat yang menjadi lambang negara atau panji-panji sebagai simbolisme dan identifikasi.

Biasanya sering digunakan sebagai lambang kedaulatan negara yang terinspirasi dari keadaan alam, sosial, politik, budaya, dan sejarah negara yang bersangkutan. Ada banyak bendera negara-negara di dunia yang beberapa di antaranya memiliki fakta menarik GanSis. Apa sajakah? Ini dia!

emoticon-I Love Indonesia

Bangladesh
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Bangladesh.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang logo bulatnya gak di tengah, tapi agak ke kiri. Alasannya biar saat berkibar terlihat berada di tengah. Kocak ya GanSis.



Denmark
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Denmark.
Sumber: wikipedia.com

GanSis bendera Denmark adalah bendera tertua yang masih digunakan sampai saat ini karena gak pernah diganti sejak tahun 1219. Tua banget ya GanSis. Tahun segitu Majapahit saja belum berdiri.



Dominika
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Dominika.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang benderanya terdapat warna ungu. Kok aneh? Ya, soalnya zaman dulu warna ungu itu mewah GanSis. Biang pewarnanya langka dan sangat mahal yaitu dari bekicot langka yang hanya ada di daerah tertentu di Afrika. Makanya coba ada gak bendera negara-negara di dunia yang menggunakan warna ungu selain Dominika? Gak ada kan. Dominika pun menggunakan warna ungu baru sekarang saja, gak sejak dulu saat biang pewarna ungu masih mahal.



Filipina
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Filipina saat masa damai.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Filipina saat masa perang.
Gambar: wikipedia.com

Warna aslinya posisi biru ada di bagian atas, tapi ketika dalam kondisi perang warna merah bertukar posisi menjadi di atas. Unik kan GanSis. Alasannya karena warna biru berarti perdamaian, sedangkan warna merah berarti patriotisme dan keberanian. Tinggal bolak-balik posisi atas-bawah kalau damai atau perang.



Indonesia-Monako, Chad-Romania, dan Belanda-Luksemburg
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Indonesia.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Monako.
Gambar: wikipedia.com

Keenam negara memiliki bendera yang kembar dengan negara lain. Indonesia dan Monako sangat mirip, hanya warna merah dan rasio yang berbeda. Warna merah Indonesia agak cerah, sedangkan Monako lebih marun. Secara rasio Indonesia 2:3, sedangkan Monako 4:5.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Chad.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Romania.
Gambar: wikipedia.com

Chad dan Romania juga sangat mirip, hanya warna biru yang berbeda. Warna biru Chad lebih gelap daripada Romania. Secara rasio mereka sama-sama 2:3.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Belanda.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Luksemburg.
Gambar: wikipedia.com

Belanda dan Luksemburg pun serupa, hanya berbeda warna dan rasio. Warna merah dan biru Belanda lebih gelap daripada Luksemburg. Secara rasio juga berbeda, Belanda 2:3 dan Luksemburg 3:5 atau 1:2.



Britania Raya
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Britania Raya.
Gambar: wikipedia.com

Bendera ini merupakan gabungan dari beberapa bendera lainnya: Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Perkembangan bendera nasional Britania Raya atau biasa disebut Union Jack.
Gambar: wikipedia.com



Iran
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Iran.
Gambar: wikipedia.com

Pada bendera Iran tertulis lafaz Allahu Akbar sebanyak 22 kali. Di bagian tengah juga berlambangkan kalimat Tauhid.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Tauhid pada bendera nasional Iran.
Gambar: wikipedia.com



Jepang
Pada tanggal 13 Agustus 1999, Jepang mengubah benderanya. Dari begini:

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Jepang sebelum perubahan.
Gambar: quora.com

Menjadi begini:

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Jepang setelah perubahan.
Gambar: wikipedia.com

GanSis melihat perbedaannya gak? Bingung?

emoticon-Leh Uga

Ane kasih tahu, ya.

Bendera lama merahnya butek, bendera baru merahnya cerah. Bendera lama agak sedikit ke kiri, bendera baru pas di tengah. Bendera lama gak bulat sempurna, bendera baru bulat sempurna.

Apa alasan Jepang mengubah benderanya? Perfeksionis (kesempurnaan). Jepang banget ya alasannya hahaha.



Libya era Khadafi
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Libya di era Muammar Khadafi.
Gambar: wikipedia.com

Selama 34 tahun di bawah kepemimpinan Kolonel Muammar Khadafi, bendera Libya hanya berwarna hijau tua. Ya, Cuma hijau tua doang GanSis. Gak ada motif apa-apa lagi. Sederhana banget, ya?



Moldova dan Paraguay
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Moldova tampak depan.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Moldova tampak belakang.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Paraguay tampak depan.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Paraguay tampak belakang.
Gambar: wikipedia.com

Cuma kedua negara ini yang memiliki bendera dengan sisi depan dan belakang yang berbeda.



Mozambik
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Mozambik.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang benderanya terdapat lambang senapan serbu AK-47. Gahar ya GanSis.



Nepal
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Nepal.
Gambar: wikipedia.com

Bendera Nepal adalah satu-satunya di dunia yang gak berbentuk segi empat atau kuadrilateral. Lucu begitu kan bentuknya zig-zag hahaha.



Qatar
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Qatar.
Gambar: wikipedia.com

Cuma bendera Qatar yang menggunakan rasio 11:28, makanya bendera mereka terlihat sangat tipis memanjang ke samping.



Swiss dan Vatikan

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Swiss.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Vatikan.
Gambar: wikipedia.com

Cuma kedua negara ini yang sama-sama menggunakan rasio 1:1 untuk bendera nasional, makanya terlihat persegi/kotak.



Thailand
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Thailand.
Gambar: wikipedia.com

Dulu bendera Thailand bukan merah-putih-biru-putih-merah GanSis, tapi gambar gajah.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera gajah.
Gambar: wikipedia.com

Pada suatu hari Thailand tertimpa badai topan. Saat Raja turun ke lapangan untuk mengecek keadaan rakyat, beliau melihat bendera gajah sudah terbalik gak jelas karena tersapu angin. Lalu beliau berinisiatif mencari desain yang kalau dibolak-balik atas bawah tetap mirip agar wibawa dan kehormatan negara tetap terjaga. Jadilah bendera yang sekarang yang kalau GanSis bolak-balik posisi atas-bawah bakal sama saja.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia

Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


Diubah oleh mengeja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muntarzoon dan 49 lainnya memberi reputasi
50
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 12
09-09-2019 10:37
bendera jamaika keren, uyee emoticon-afro
0
09-09-2019 11:06
Britania raya tuh Wales gak termasuk ya?
bukannya termasuk ya?
cuma Irlandia doang yang enggak.
Jadi Inggris, Wales, Skotlandia sama Irlandia Utara.
Makanya namanya jadi UK and Ireland.
bener gak sih?
ahahhaha
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
09-09-2019 11:14
owh bgtu yah faktanya emoticon-Wagelaseh
0
09-09-2019 11:35
Mantep gan... nambah wawasan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
09-09-2019 13:17
Quote:Original Posted By Helm.Proyek
bendera jamaika keren, uyee emoticon-afro

Yoi uyee cet encet... cet encet #reggae

emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By simangkiy
Britania raya tuh Wales gak termasuk ya?
bukannya termasuk ya?
cuma Irlandia doang yang enggak.
Jadi Inggris, Wales, Skotlandia sama Irlandia Utara.
Makanya namanya jadi UK and Ireland.
bener gak sih?
ahahhaha

Wales masuk England Gan

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 7vhia
owh bgtu yah faktanya emoticon-Wagelaseh

Yoi

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By vasbungaku1985
Mantep gan... nambah wawasan emoticon-I Love Indonesia

Yoi semoga bermanfaat

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
vasbungaku1985 dan Helm.Proyek memberi reputasi
2
09-09-2019 13:51
dominika skrg ganti jadi republik dominika ya
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
09-09-2019 20:27
Quote:Original Posted By Gdeokasaputra
dominika skrg ganti jadi republik dominika ya

Bukan, Dominika dan Republik Dominika dua negara yang berbeda Gan

emoticon-Big Grin
0
09-09-2019 20:41
mantap perlu di apresiasi nih thread bagus yang menambah wawasan, jadi tau nih setiap bendera pasti ada maknanya masing-masing
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
Lapor Hansip
09-09-2019 21:53
Balasan post mengeja
ohgitu yaa gan baru tau ane, jadi pengen ngulikemoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
09-09-2019 22:12


Quote:Original Posted By mengeja
UI/UX apaan Gan? Maklum masih belajar

emoticon-Big Grin

Eh UI doang deh... User Interface, jadi kalau bikin desain gimana biar yang ngeliat jadi enak, kan itu memperhitungkan presisinya juga kan jdi orang liatnya bakal ditengah lingkarannya. Cmiiw
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
10-09-2019 07:32
Quote:Original Posted By raliakbarrr
mantap perlu di apresiasi nih thread bagus yang menambah wawasan, jadi tau nih setiap bendera pasti ada maknanya masing-masing

Makasih

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By dezno
ohgitu yaa gan baru tau ane, jadi pengen ngulikemoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

Yoi Gan

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By dhikapradana
Eh UI doang deh... User Interface, jadi kalau bikin desain gimana biar yang ngeliat jadi enak, kan itu memperhitungkan presisinya juga kan jdi orang liatnya bakal ditengah lingkarannya. Cmiiw

Oh semacam estetika biar enak dilihat. Ok makasih penjelasannya

emoticon-Big Grin
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
11-09-2019 11:30
jadi ada macem mace maknanya ya gan, emoticon-Toast
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
11-09-2019 11:40
Quote:Original Posted By seyanver
jadi ada macem mace maknanya ya gan, emoticon-Toast

Yoi Gan ada filosofinya masing2

emoticon-Toast
0
11-09-2019 22:25
bendera yang paling bagus pasti Indonesia wuhuu
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
11-09-2019 22:59
Libya lawas keren
emoticon-2 Jempol
0
12-09-2019 05:39
Quote:Original Posted By boncel1998
bendera yang paling bagus pasti Indonesia wuhuu

Yoi pastinya

emoticon-Cool

Quote:Original Posted By nasgorbasi
Libya lawas keren
emoticon-2 Jempol

Apaan keren ngebosenin gitu cuma ijo polosan

emoticon-Leh Uga
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
12-09-2019 11:42
Quote:Original Posted By adipura1
keren tuh bendera yang ada warna ungu nya emoticon-2 Jempol









konveksi tas

Yoi soalnya zaman dulu warna ungu langka bre

emoticon-Big Grin
0
12-09-2019 22:46


Quote:Original Posted By mengeja
Oh semacam estetika biar enak dilihat. Ok makasih penjelasannya

emoticon-Big Grin

ya semacam begitu gan haha... Sekarang pasti terutama perusahaan e-commerce butuh orang yang pinter desain UI/UX buat pengembangan aplikasinya gan
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
13-09-2019 05:59
Quote:Original Posted By dhikapradana
ya semacam begitu gan haha... Sekarang pasti terutama perusahaan e-commerce butuh orang yang pinter desain UI/UX buat pengembangan aplikasinya gan

Istilahnya PSK ya Gan, pekerja seni komersil hehe. Desain grafis gajinya enak kali ya

emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
Halaman 11 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.