alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d78d6854601cf35db43adb2/banyak-bank-sumut-setor-uang-palsu-ke-bank-indonesia
Lapor Hansip
11-09-2019 18:12

Banyak Bank Sumut Setor Uang Palsu ke Bank Indonesia


Banyak Bank Sumut Setor Uang Palsu ke Bank Indonesia

Kepala Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat (tengah) bersama dengan Kapolda Sumatera Utara (kanan) dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di kegiatan pemusnahan uang palsu (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat mengungkap banyak bank di Sumatera Utara menyetor uang palsu ke Bank Indonesia.

Pihaknya kemudian mengembalikan uang palsu tersebut ke bank bersangkutan. "Jadi, ada banyak bank di Sumatera Utara ini yang menyetor uang palsu ke Bank Indonesia. Setelah kedapatan uang palsu itu dari perbankan, kita kembalikan ke perbankan yang menyetor. Jadi kerugian bukan pada Bank Indonesia," kata Wiwiek saat pemusnahan uang palsu di Polda Sumatera Utara, Rabu 14 Agustus 2019.

Wiwiek menyebut, uang palsu yang dimusnahkan dengan cara dibakar sebanyak 21.632 lembar. Terbagi dalam pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu dan lainnya.

Uang palsu yang jika dirupiahkan sebanyak Rp 1,5 miliar lebih ini, sebagian merupakan hasil setoran masyarakat ke perbankan yang kemudian dilakukan klarifikasi di Bank Indonesia selama periode 2013-2018.

Dia merinci uang palsu itu pecahan Rp 100 ribu sebanyak 8.974 lembar, pecahan Rp 50 ribu sebanyak 11.850 lembar, pecahan Rp 20 ribu sebanyak 636 lembar dan pecahan Rp 10 ribu, Rp 5 ribu serta Rp 2 ribu.

Sebanyak 24 kasus selesai dan tiga kasus masih dalam tahap penyidikan

"Uang palsu ini dimusnahkan setelah inkrah dari pengadilan," ucap Wiwiek.

Sebelumnya, Polda Sumatera Utara bersama Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara memusnahkan dengan cara membakar, uang palsu sebanyak 21.632 lembar di halaman Mapolda Sumatera Utara.

"Dalam memerangi peredaran uang palsu, Polda Sumatera Utara dan Polres jajaran menangani 27 kasus, periode tahun 2017-2019. Sebanyak 24 kasus selesai dan tiga kasus masih dalam tahap penyidikan," kata Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto.

Dia menyebut perlindungan terhadap mata uang rupiah dimuat dalam UU No.7 Tahun 2011 tentang mata uang. Pada Pasal 35, 36 dan 37 diatur tentang kejahatan terhadap mata uang rupiah dalam hal pemalsuan.

"Menyimpan secara fisik uang rupiah palsu, mengedarkan atau membelanjakannya diancam dengan ancaman pidana sepuluh tahun hingga seumur hidup. Untuk itu, mari sama sama kita tingkatkan kewaspadaan. Kepada masyarakat, selalu melihat secara detail agar tidak menjadi korban, lakukan dengan dilihat, diraba dan diterawang," ucap Kapolda. []


https://www.tagar.id/banyak-bank-di-...bank-indonesia

Dulu ane sering dengar gosip orang medan, katanya atm bank bank di medan banyak uang palsu, waktu itu ane tidak pedulikan, karena ane pikir itu hanya hoax buat resahin masyarakat, dalam hati ane 'mana mungkin ada bank yg isi uang palsu? Tidak masuk akal'

Ternyata apapun yg tidak masuk akal maupun nalar di pulau jawa Bali, Nyata terjadi di medan emoticon-Ngakak (S)

Mupet nyata cetan nya emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
wbros dan pinkypatrick memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
11-09-2019 18:13
Semua Urusan Mesti Uang Tunaiemoticon-Ngakak
profile-picture
rupakesee memberi reputasi
1 0
1
11-09-2019 18:24
emang bank di tanah lost tribe nggak scan uang yang masuk, masak kalah sama minimarket kecil pinggir jalan yang punya alat scan uang palsu pakai sinar ultraviolet
0 0
0
11-09-2019 18:27
Yang boneng gan,,Bank setor uang palsu ke BI..??

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
0 0
0
11-09-2019 18:42
kagak bisa diperkarakan tuh ?
0 0
0
11-09-2019 18:49
woww emoticon-Kagets
0 0
0
11-09-2019 18:58
Luar biasah
0 0
0
11-09-2019 19:02
gotham city is real emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
garren007 dan masih.abu.abu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
11-09-2019 19:03
semua kejahatan ada di Gotham emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garren007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
11-09-2019 19:11
Diterima duitnya
Diterawang duitnya
Langsung tembak di tempat penyetornya

Sekian
0 0
0
11-09-2019 19:14
waduh, kok bisa ya
0 0
0
11-09-2019 20:00
bank nya noob...
profile-picture
mr.trapp memberi reputasi
0 1
-1
Lapor Hansip
11-09-2019 20:14
Balasan post laziale.id
makanya gak mungkin butuh batman seorang. Mesti seluruh anggota justice league turun tangan baru bisa. emoticon-Big Grin
profile-picture
Bukan.Arab memberi reputasi
1 0
1
11-09-2019 20:16
medan gotham city
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
1 0
1
11-09-2019 21:20
Lah biasanya kan bank juga setor uang yang diduga palsu ke BI untuk dicek dan dimusnahkan? Biasanya sih uang yg diduga palsu dikategorikan UTLE, dikelompokkan sendiri dan diberi tanda
Tapi lain cerita kalo itu uang disetor dengan kategori ULE terus minta tuker, kalo gitu sih parah
0 0
0
11-09-2019 21:25
Well, that adds another to the famous list of Gotham province.
profile-picture
anaklayangan23 memberi reputasi
1 0
1
11-09-2019 21:37
Quote:Original Posted By twintower911
Semua Urusan Mesti Uang Tunaiemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By RTAK.II
emang bank di tanah lost tribe nggak scan uang yang masuk, masak kalah sama minimarket kecil pinggir jalan yang punya alat scan uang palsu pakai sinar ultraviolet


Quote:Original Posted By wasitnamntabgan
gotham city is real emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By laziale.id
semua kejahatan ada di Gotham emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By wauwaw
medan gotham city


Quote:Original Posted By lupineprince
Well, that adds another to the famous list of Gotham province.


Penduduk kota Medan sekitar 2,2-2,3 juta jiwa.

Agama: Islam 59.68%, Kristen Protestan 21.16%, Buddha 9.90%, Katolik 7.10%, Hindu 2.15%, Konghucu 0.01%

Penduduk pribumi kota Medan adalah suku Melayu (6-7%), penduduk mayoritas adalah suku Jawa (33%), suku Minang (9%), suku Tionghoa 'cimed' (10-11%), suku Batak gabungan (20% lebih), suku Mandailing (9-10%), suku Aceh (3%), suku Sunda (2%), suku India, suku Maluku, dll.



Sicimed 'sakit jiwa' ini menggiring opini dan melakukan generalisasi seolah-olah seluruh propinsi Sumatra Utara tidak aman atau berbahaya, padahal mayoritas posting hanya berita dari kota 'ghotam' Medan dan sekitarnya. emoticon-Wink


Daftar kabupaten dan kota di propinsi Sumatra Utara

1 Kabupaten Asahan
2 Kabupaten Batu Bara
3 Kabupaten Dairi
4 Kabupaten Deli Serdang
5 Kabupaten Humbang Hasundutan
6 Kabupaten Karo
7 Kabupaten Labuhanbatu
8 Kabupaten Labuhanbatu Selatan
9 Kabupaten Labuhanbatu Utara
10 Kabupaten Langkat Stabat
11 Kabupaten Mandailing Natal
12 Kabupaten Nias
13 Kabupaten Nias Barat
14 Kabupaten Nias Selatan
15 Kabupaten Nias Utara
16 Kabupaten Padang Lawas
17 Kabupaten Padang Lawas Utara
18 Kabupaten Pakpak Bharat
19 Kabupaten Samosir
20 Kabupaten Serdang Bedagai
21 Kabupaten Simalungun
22 Kabupaten Tapanuli Selatan
23 Kabupaten Tapanuli Tengah
24 Kabupaten Tapanuli Utara
25 Kabupaten Toba Samosir
26 Kota Binjai
27 Kota Gunungsitoli
28 Kota Medan
29 Kota Padang Sidimpuan
30 Kota Pematang Siantar
31 Kota Sibolga
32 Kota Tanjung Balai
33 Kota Tebing Tinggi


emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
profile-picture
ashrose memberi reputasi
1 0
1
11-09-2019 22:13
Begok kali bah, bank disana
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lapor Hansip
12-09-2019 09:06
Balasan post wasitnamntabgan
gotham without batman

emoticon-Wkwkwk
0 0
0
12-09-2019 09:25
batman akan beraksi
wahay mupet waspadalah 😁
0 0
0
12-09-2019 20:21
uang palsu masallah banyak nyo
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.