alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6b2193c820844bc251b04c/motor-sering-mati-setelah-dicuci-bisa-jadi-ini-5-penyebabnya
Lapor Hansip
01-09-2019 08:40
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Past Hot Thread
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Jakarta, IDN Times – Selain bisa membuat motor kembali tampak kinclong, mencuci motor juga mencegah terjadinya karat akibat debu atau tanah yang mengeras pada komponen besi.

Tapi ada banyak kasus motor mendadak mati setelah dicuci atau setelah diguyur hujan deras. Kira-kira apa penyebabnya, ya?


1. Air masuk karburator
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Kalau kamu masih menggunakan motor dengan sistem karburasi, maka ini perlu untuk kamu perhatikan.

Karburator menjadi komponen yang cukup penting karena berfungsi untuk mengabutkan atau mengolah bahan bakar dengan udara sebelum disemburkan ke dalam ruang pembakaran.

Jika sampai kemasukan air, otomatis motor tidak bisa menyala karena kinerja pembakaran akan terganggu.


2. Perhatikan throttle body
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Ada baiknya kamu juga memperhatikan komponen seperti throttle body karena komponen ini cukup rentan rusak bila terkena air secara terus menerus.

Throttle body biasanya terletak di bagian depan dekat mesin, jadi kalau mencuci pada bagian mesin harus ekstra hati-hati. Kalau bisa semprot secara perlahan dan tekanan air jangan terlalu tinggi serta disemprot dari atas ke bawah, bukan sebaliknya.


3. Meski tertutup, soket rawan rembes
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Soket listrik biasanya terletak di bawah jok motor atau ada di dekat setang depan dan dilapisi selang karet. Soket ini berkaitan dengan sistem kelistrikan, untuk itu harus tetap hati-hati saat mencuci karena ada kemungkinan air bisa merembes dan menciprat melalui celah jok yang nantinya dapat menyebabkan korsleting pada soket.

Kalau kelistrikan sudah terciprat oleh air, apalagi dalam intensitas yang cukup sering seiring berjalannya waktu motor tidak bisa menyala.


4. Posisi ECU perlu menjadi perhatian
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Pada motor injeksi, terdapat salah satu komponen penting yang mampu membuat motor menyala yakni ECU.

Letak ECU sangat variatif tergantung produsennya, tapi sering kali terletak pada bagian belakang atas dan dekat sepak boar. So jangan menyiram terlalu banyak air ke bagian ini agar ECU tidak terpapar air.


5. Busi motor terpapar air
Motor Sering Mati Setelah Dicuci? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Sistem pengapian seperti busi ini adalah komponen yang mampu memicu api agar masuk ke ruang pembakaran yang dapat membuat motor dapat menyala.

Busi juga merupakan salah satu komponen yang paling rentan untuk terkena dan dimasuki air karena posisinya yang berada di luar dekat mesin.

Solusi untuk mencegah busi kemasukan air adalah dengan mengecek kop busi dan segera menggantinya apabila kop yang lama sudah mulai rusak agar busi lebih tertutup dan terlindung.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

profile-picture
azid12353 memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
11-09-2019 17:28
izin masuk
Motor ane dulu sekali cuci langsung mati gara-gara ada kabel yang terkelupas, jadinya ngeground trus. Tikus biadab
Diubah oleh bukanrobinlo
0
11-09-2019 18:41
Motor ane jarang di cuci emoticon-Malu (S)
0
11-09-2019 19:59
klo motor batang terutama yg naked rawannya di kop busi..
makanya klo d tempat steam yg modern selalu ada alat kompresor untuk ngeringin kop.
untuk motor injeksi jelas socket paling rawan..
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
17-09-2019 18:43
Izin nyimak gan, info yang sangat menarik nih. Makasih banyak atas ilmunya gan
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.