• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!

benben98
TS
benben98
Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!


Bagi Agan yang suka nebeng motor teman atau naik ojol, pasti Agan sering kan pakai helm pinjeman? Nah, hati-hati, Gan, meskipun sepele, ternyata memakai helm secara bergiliran itu bisa berbahaya dan menularkan penyakit! Terutama bagi pelanggan ojol nih, yang bergiliran memakai helm sama ratusan orang yang nggak dikenal. Iih ngeri... apa aja sih penyakitnya?


1. Kutu rambut


Kutu rambut bisa hidup di kepala, alis, bahkan bulu mata seseorang. Kutu rambut akan menimbulkan rasa gatal karena memakan darah manusia. Jika terus digaruk, maka kulit kita bisa terluka.

Kutu rambut ini mudah banget menular, Gan,  salah satunya lewat helm. Kutu bisa loncat dari helaian rambut ke tali pengait atau bagian dalam helm dan singgah di sana. Nah, kalo Agan lagi apes dan dapet helm yang sebelumnya dipakai sama orang yang punya kutu rambut, udah pasti Agan bakal ketularan.

2. Kurap


Kurap adalah salah satu jenis infeksi kulit kepala yang disebabkan oleh jamur dermatofita. Infeksi ini bisa menimbulkan bercak merah berbentuk cincin dan bersisik pada kulit kepala. Selain menyebabkan gatal, kalo nggak diobati, infeksi ini bisa berujung pada kebotakan! Kurap bisa menular melalui benda-benda milik orang yang terinfeksi, salah satunya dari helm.

3. Kudis


Kondisi ini terjadi akibat serangan parasit jenis Sarcoptes scabiei var. Hominis pada lapisan kulit. Parasit ini bisa menempel pada kulit, lalu masuk ke dalam sela-sela kulit dan bertelur di dalamnya! Kulit yang terkena parasit ini akan terasa gatal dan akan muncul ruam merah.

Sama seperti kurap, kudis juga bisa tertular dari benda yang biasa dipakai oleh orang yang terinfeksi, seperti baju, handuk, sisir, dan...yap, helm!

4. Terinfeksi bakteri staphylococcus

Bakteri Staphylococcus biasa ditemukan pada kulit atau hidung orang sehat. Namun, bila jumlahnya berlebihan, bakteri ini akan menyebabkan penyakit yang dinamakan impetigo. Impetigo adalah infeksi yang menimbulkan lenting kemerahan gatal yang bisa pecah kapan aja. Bakteri staph ini nggak boleh dianggep sepele, karena  bisa mengancam nyawa bila infeksinya udah memasuki aliran darah dan sampai ke paru-paru atau jantung. Memakai helm orang lain—terlebih orang yang gak dikenal—bisa meningkatkan risiko terinfeksi bakteri ini

 
Gimana cara mencegahnya?

Cara mencegahnya sih, simpel aja, Gan. Selalu sedia helm sendiri waktu mau nebeng motor temen atau naik ojol. Atau, selalu pakai hair cap(penutup rambut) sebelum memakai helm orang lain, supaya kulit kepala kita terlindungi.


Diubah oleh benben98 11-09-2019 01:43
dhinyzfrndoobeykonodioda
konodioda dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.8K
103
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.