Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
235
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d750fd8d4397205e21a8316/gak-bakal-nyesel-pelihara-musang-yuk-gan
Musang merupakan salah satu alternatif hewan mamalia yang bisa dipelihara, selain kucing, anjing, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara musang.
Lapor Hansip
08-09-2019 21:27

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Cara Menjinakkan, Memelihara, Dan Membeli Musang


Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!


Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!


Musang atau dikenal juga dengan Luwak tergolong sebagai mamalia. 'Pabrik' kopi berjalan ini, konon menghasilkan kopi yang terenak. Bahkan sudah diakui oleh wisatawan asing. Keahlian Musang dalam memilih biji kopi terbaik, dan sistem pencernaannya yang sederhana, membuat biji kopi yang sudah dimakannya, menjadi lebih nikmat untuk diseduh, atau lebih dikenal dengan Kopi Luwak.

Jenis Musang, Karakter dan Harganya


1. Musang Pandan (Musang Luwak)

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Dalam bahasa inggris adalah Palm Civet. Bukan cuma namanya, musang ini benar-benar memiliki aroma khas pandan, Gan. Musang jenis ini tergolong murah karena agak galak, harganya sekitar Rp 270,000 - Rp 700,000. Tergantung dari tingkat jinaknya. Bisa jadi mahal jika memiliki keunikan, seperti berekor putih, atau berwajah putih.

Pertama kali memelihara musang, TS pilih musang ini, Gan. TS yang kala itu belum ahli dalam memilih musang, mendapatkan musang yang hissing, takut manusia. Menjinakkannya butuh kesabaran tingkat tinggi.

Banyak cara menjinakkan musang, cara yg TS pilih adalah cara ter-ekstrim dan berisiko. Yakni pendekatan dengan tangan.

A. Tangan dikepal, arahkan ke musang secara perlahan.

B. Jangan ragu sedikitpun, ketika musang mulai berdesis. Hirup nafas panjang-panjang, supaya rasa sakit digigit dan dicakar berkurang.

C. Pertahankan kepalan tangan, kurang dari tiga puluh detik, musang akan berhenti menggigit. Itu tandanya si musang mulai mengenali bau, dan memahami bahwa Agan bukanlah bahaya.

D. Keluarkan tangan Agan secara perlahan.

E. Ambil pisang yang telah dipotong seukuran ibu jari, beri makan musang agan dengan tangan tersebut. Pelan-pelan, berulang kali.

F. Lakukan langkah ini setiap memberi makan. Niscaya dalam waktu dua hari sang Musang akan luluh kepada Agan.

2. Musang Akar

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Yang satu ini, adalah tipikal musang yang mudah beradaptasi, Gan. Musang ini memiliki warna mirip dengan musang pandan, hanya wajahnya lebih hitam, telinganya terbuka lebar. Harganya tiga kali dari harga musang pandan, berkisar dari Rp 900,000 - Rp 1,200,000. Musang akar banyak dijumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bangka. Jujur saja, musang akar adalah favorit TS.

3. Musang Bulan

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Musang satu ini memiliki warna yang eksotis, yakni hitam pekat tidak bercorak, dan berekor putih. Harganya berkisar antara Rp 1,200,000 - Rp 3,000,000an. Harga ini didapatkan karena sifatnya yang ramah, dan bulunya yang tebal dan eksotis. TS belum pernah pelihara musang jenis ini (mahal), namun sering menjumpai teman komunitas yang punya. Iri.

4. Musang Binturong/Binturung

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Musang satu ini adalah yang paling spesial Gan, harganya pun fantastis bisa sampai Rp 8,000,000 atau bahkan lebih. Ukuran musang ini adalah yang paling besar dibanding musang lainnya. Binturung mahal karena kelangkaannya. Bahkan sesungguhnya musang jenis ini termasuk satwa yang dilindungi. Tidak boleh dipelihara.

Masih banyak lagi jenis musang lainnya, musang rase, musang bali, musang biul, dan banyak lagi. TS hanya menjelaskan yang TS pernah asuh saja. Binturung termasuk (peace). Sebelum kemudian kami lepaskan ke alam liar (semoga doi hidup dan beranak pinak.

Untuk breeding, musang sebaiknya berumur diatas 1 tahun Gan. Lebih baik lagi kalo si Betina lebih tua dibanding si Jantan.

A. Letakkan kedua musang di 2 kandang terpisah, bersebelahan. Buat kenalan. Untuk waktunya tidak ditentukan, berbeda setiap musang. Semakin lama semakin baik, bisa sampai sekitar 3 bulan.

B. Jika pengenalan sudah dirasa cukup, gabungkan musang ke dalam 1 kandang. Biasanya betina akan sedikit defense, dan mungkin mereka akan berkelahi sedikit. Cukup diperhatikan sedikit, kalau perkelahiannya fatal, segera pisahkan lagi.

C. Untuk musang yang sudah siap disatukan, alangkah baiknya jika kandangnya ditutup kain, hal ini dilakukan untuk menjaga privasi mereka. Siapa tau malu.

D. Perkimpoian memakan waktu sekitar 1 bulan.

Ciri-ciri perkimpoian berhasil, atau musang hamil.

A. Betina enggan dikimpoikan lagi oleh si Jantan.

B. Betina tampak tidak seaktif sebelumnya.

C. Betina lebih defensive (sensitive) dari biasanya.

D. Perutnya akan sedikit membesar dan turun (bukan lebar kesamping).

E. Puting susu akan membesar, dan seiring dengan masa kehamilan yang menua, bulu disekitar puting akan rontok (membentuk lingkaran).

Musang, sungguh peliharaan yang TS sarankan kepada para pembaca pecinta hewan. Percaya atau tidak, bahwa kotoran musang tidak bau. Tergantung dari makanan, dan perawatannya. Ts menganjurkan pisang sebagai makanan utama. Pepaya sesekali, untuk melancarkan pencernaan. Biji kopi merah, kepala ayam, kulit ayam, dan lain-lain sesekali sebagai penambah nafsu makan.

Banyak orang memelihara musang sengaja membuatnya obesitas, agar terlihat lucu. Namun TS tidak menganjurkan hal tersebut. Sama seperti manusia, obesitas itu tidak baik. Rentan sakit jantung.

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Ada juga orang-orang yang memangkur (memotong) taring musang. Dengan alasan supaya tidak digigit dan rabies. TS juga tidak menganjurkan ini. Ini sungguh kejam sekali. Kalau tidak mau digigit, jangan menyakiti. Gunakan sarung tangan dan sebagainya saja.

Sekian dulu thread kali ini. Kalau ada pertanyaan tentang tips lebih lengkap. Termasuk breeding, di komentar ya.

Sumber : pengalaman dan opini pribadi. Sedikit wikipedia.
Sumber foto : Google
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tibobkidzz dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 12
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:40
Beli ah 😊😊😊
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:40
waduh kaga deh, ane uda punya 6 ekor kocheeng di rumah. ga kuat nambah lagi makannya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Lapor Hansip
11-09-2019 11:42
Balasan post agungdar2494
Quote:Original Posted By agungdar2494


Wah mantap Gan. Tapi kalo buat pelihara, ane gak saranin yang liar Gan.



Ane respect ama orang2 yg "takut gak bisa ngurus", itu tanda seseorang yg memiliki rasa kepedulian tinggi, terhadap binatang. :Toast



Sebetulnya dimakan semua sih Gan, Dagingnya, Cekernya, dan Kepala ayam. Tapi sejauh yg ane amati selama memelihara, kepala ayam favorit musang. Trus harganya jg paling murah wkwkwk (musang emg pengertian ke owner)

Eek bisa dilatih Gan. Punya ane 4 4 nya berak di kamar mandi.
Tapi kalo kaget atau stress, dia tanpa sengaja bakal berak ditempat.



Cek OLX Gan. Daerah jakarta mah banyak.
Kalo punya halaman luas, buat kayak kandang kelinci yang lebar menyamping itu gan.
Tapi kalo ngekos macem ane, pake kandang kucing. Dan sesekali latih buat lepas aja Gan. Bisa kok musang diperlakukan kayak kucing.


jangankan binatang bang , ngurus dri sendiri aja dlu masih blm beres wkwkwkwk , soalnya kita butuh waktu atau effort buat ngerawat gitu , ane pernah punya ikan cupang mati terus gara gara susah cari makannya dan akhirnya beli ikan biasa aja emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:43
Quote:Original Posted By indramamoth
Ane pernah diajak bos ane brli musang pandan buat anaknya gan. Kata si penjual musangnya emang peranakan, induknya udah peranakan dan jinak juga. Eh bener musang yang dibeli bos ane jinak banget, ane ulurin tangan diendus-endus gt, gigit tapi g sakit. Sampai dia naik ke kepala terus gigit2 telinga. Tingkahnya lucu mirip kucing emoticon-Ngakak


Geli banget itu pas musang gigit2 telinga wkwkwk

Quote:Original Posted By mengeja

Repot juga ya bre udah kaya kucing atau anjing musti vaksin juga

Nice thread

emoticon-Jempol


Gak musti sih Bre, ke 4 musang ane gak ad yg vaksin.
Itu cuma untuk orang2 yg punya uang, dan mengutamakan pencegahan rabies secara menyeluruh aja hehehe

Quote:Original Posted By Hargo Dumilah
@agungdar2494 yang mahal yang mananya gan


Gak ada yang mahal sih.
Musang King itu durian, mahal deh wkwkwk
0 0
0
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:44
Quote:Original Posted By oviz.
Beli ah 😊😊😊


Kuy Lah, ntar cerita2 dimari ya, atau kalo ad yg mau tanya2 juga boleh.

Quote:Original Posted By rebelx
waduh kaga deh, ane uda punya 6 ekor kocheeng di rumah. ga kuat nambah lagi makannya emoticon-Ngakak (S)


Waduh Enak bener Gan bisa pelihara 6 kucing di Rumah. Iri ane emoticon-Cool

Quote:Original Posted By thebalckhost


jangankan binatang bang , ngurus dri sendiri aja dlu masih blm beres wkwkwkwk , soalnya kita butuh waktu atau effort buat ngerawat gitu , ane pernah punya ikan cupang mati terus gara gara susah cari makannya dan akhirnya beli ikan biasa aja emoticon-Ngakak


wkwkwkwk bener juga sih, anak Kos ya Gan?

0 0
0
Lihat 2 balasan
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Lapor Hansip
11-09-2019 11:47
Balasan post agungdar2494
Quote:Original Posted By agungdar2494


Kuy Lah, ntar cerita2 dimari ya, atau kalo ad yg mau tanya2 juga boleh.



Waduh Enak bener Gan bisa pelihara 6 kucing di Rumah. Iri ane emoticon-Cool



wkwkwkwk bener juga sih, anak Kos ya Gan?



gak jg bang lebih tepatnya satu jalur beda rumah wkwkwk , ente melihara gni gak takut lepas atau berontak gitu bang ?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:50
gw pernah liat musang lagi makanin tikus yg dia bunuh di samping rumah. sereem cuy besuara kletak nguyah pala tikus emoticon-Takut
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:53
Quote:Original Posted By thebalckhost


gak jg bang lebih tepatnya satu jalur beda rumah wkwkwk , ente melihara gni gak takut lepas atau berontak gitu bang ?


Gak Sih Gan. Malah ada temen ane, musangnya beneran kayak kucing. udah bisa keliaran sekitaran kompleks wkwkwkwk.
Kalo punya ane, mendep dirumah dia, gak berani keluar. Intinya kembali ke musangnya masing2 ya gan. tiap musang punya karakter yang berbeda, ada yg penakut, pemarah, berani, aktif, tukang bercanda.. unik2 pokoknya.

Quote:Original Posted By angelpesek
gw pernah liat musang lagi makanin tikus yg dia bunuh di samping rumah. sereem cuy besuara kletak nguyah pala tikus emoticon-Takut


emoticon-Takut seketika ane mengimajinasikan. Itu musang liar gan?

profile-picture
angelpesek memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Lapor Hansip
11-09-2019 11:54
Balasan post agungdar2494
Quote:Original Posted By agungdar2494


Gak Sih Gan. Malah ada temen ane, musangnya beneran kayak kucing. udah bisa keliaran sekitaran kompleks wkwkwkwk.
Kalo punya ane, mendep dirumah dia, gak berani keluar. Intinya kembali ke musangnya masing2 ya gan. tiap musang punya karakter yang berbeda, ada yg penakut, pemarah, berani, aktif, tukang bercanda.. unik2 pokoknya.



emoticon-Takut seketika ane mengimajinasikan. Itu musang liar gan?



dibelakang rmh ane gak musang adanya berang berang sama biawak , hewannya masih bnyk yg liar" wkwkwk emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelpesek dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:54
ane lebih suka kucing gan, asyik klo dijahilin. Btw nice infoemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
angelpesek dan agungdar2494 memberi reputasi
0 2
-2
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:54
Quote:Original Posted By agungdar2494
Gak Sih Gan. Malah ada temen ane, musangnya beneran kayak kucing. udah bisa keliaran sekitaran kompleks wkwkwkwk.
Kalo punya ane, mendep dirumah dia, gak berani keluar. Intinya kembali ke musangnya masing2 ya gan. tiap musang punya karakter yang berbeda, ada yg penakut, pemarah, berani, aktif, tukang bercanda.. unik2 pokoknya.



emoticon-Takut seketika ane mengimajinasikan. Itu musang liar gan?


liar gan, antara serem n mw muntah emoticon-Takut
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:56
Quote:Original Posted By agungdar2494
Wah mantap Gan. Tapi kalo buat pelihara, ane gak saranin yang liar Gan.



Ane respect ama orang2 yg "takut gak bisa ngurus", itu tanda seseorang yg memiliki rasa kepedulian tinggi, terhadap binatang. :Toast



Sebetulnya dimakan semua sih Gan, Dagingnya, Cekernya, dan Kepala ayam. Tapi sejauh yg ane amati selama memelihara, kepala ayam favorit musang. Trus harganya jg paling murah wkwkwk (musang emg pengertian ke owner)

Eek bisa dilatih Gan. Punya ane 4 4 nya berak di kamar mandi.
Tapi kalo kaget atau stress, dia tanpa sengaja bakal berak ditempat.



Cek OLX Gan. Daerah jakarta mah banyak.
Kalo punya halaman luas, buat kayak kandang kelinci yang lebar menyamping itu gan.
Tapi kalo ngekos macem ane, pake kandang kucing. Dan sesekali latih buat lepas aja Gan. Bisa kok musang diperlakukan kayak kucing.


Okee makasih buat infonya gan emoticon-Cendol (S)
Bisa pke kandang kucing ternyata,, oiya untuk makanan biasanya dikasih apa tuh?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:57
Quote:Original Posted By thebalckhost


dibelakang rmh ane gak musang adanya berang berang sama biawak , hewannya masih bnyk yg liar" wkwkwk emoticon-Ngakak


waaah berang2 emoticon-Matabelo , ane sempet pengen peliihara otter , tapi harus punya kolam.. ksian dia kalo gk ada kolam. Daerahnya agan masih alami banget ya, iri ane.

Quote:Original Posted By Helm.Proyek
ane lebih suka kucing gan, asyik klo dijahilin. Btw nice infoemoticon-Big Grin


Thanks Gan. Ane juga suka (banget) kucing emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By angelpesek


liar gan, antara serem n mw muntah emoticon-Takut


emoticon-Takut kretak kretek emoticon-Takut
profile-picture
thebalckhost memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 11:58
saiya kok lebih suka liat musang dialam bebas daripada didalem kurungan....
profile-picture
profile-picture
angelpesek dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Lapor Hansip
11-09-2019 12:00
Balasan post leh..uga
Quote:Original Posted By leh..uga
Ah kurang greget

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
emoticon-Cool


ih dedenya gak atut di gigit... lutu lutu emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
angelpesek dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 12:01
Quote:Original Posted By SleptNight


Okee makasih buat infonya gan emoticon-Cendol (S)
Bisa pke kandang kucing ternyata,, oiya untuk makanan biasanya dikasih apa tuh?


pisang sebagai makanan utama. Pepaya sesekali, untuk melancarkan pencernaan. Biji kopi merah, kepala ayam, kulit ayam, dan lain-lain sesekali sebagai penambah nafsu makan.

Quote:Original Posted By tuhan666
saiya kok lebih suka liat musang dialam bebas daripada didalem kurungan....


ane belum pernah sih liat musang liar di alam Gan. emoticon-Mewek
tapi melepaskan musang ke alam liar, pernah.
profile-picture
angelpesek memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 12:05
gigit ga ya?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 12:09
gigit ga ya?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
Lapor Hansip
11-09-2019 12:11
Balasan post betiatina
Quote:Original Posted By betiatina
gigit ga ya?


Kalo udah jinak, gak gigit Gan.
Kayak kucing atau anjing llah emoticon-Shakehand2
profile-picture
betiatina memberi reputasi
1 0
1
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
11-09-2019 12:28
kasih makan kopi gan, biar jd kopi luwak emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia