gretonganalways
TS
gretonganalways
Yang Harus Kamu Ketahui Soal Tarif Reduksi Tiket KAI

Bepergian dengan kereta api memang punya sensasi berbeda dibanding naik moda transportasi lain. Mungkin karena ada orang dan cerita baru yang bisa ditemui sepanjang perjalanan. Mungkin juga soal romantisme yang berbeda saat kamu ngobrol sambil ngopi di ruang restorasi kereta. Atau mungkin memang pemandangan indah yang dilewati sepanjang rute perjalanan kereta api kerap kali membuat kamu seakan hanyut dalam lamunan. #ah...
Ngomongin soal kerta api, udah tahu belum sih Gan kalau sekarang untuk memudahkan penumpang yang berhak mendapatkan tiket kereta api dengan tarif reduksi, PT KAI meluncurkan layanan tiket dengan tarif reduksi di aplikasi KAI Access untuk perjalanan mulai 1 September 2019 nanti?

Buat Agan yang belum tahu, berikut beberapa hal yang bisa kamu simak soal layanan tarif reduksi ini Gan.

Berlaku untuk penumpang tertentu

Layanan tarif reduksi ini hanya berlaku untuk penumpang tertentu Gan. Di antaranya, penumpang lanjut usia ( minimal 60 tahun saat tanggal keberangkatan), anggota legiun veteran RI, anggota TNI aktif/ siswa pendidikan TNI, anggota Polri aktif/ siswa pendidikan polri, dan wartawan yang hendak melakukan tugas peliputan.


Besaran diskon berbeda-beda

Untuk tiap kategori penumpang tadi, besaran diskon tiket kereta api yang diberikan juga berbeda-beda Gan. Catat Gan!

  •  Penumpang lanjut usia: diskon 20 persen untuk semua kelas kereta setiap hari
  • Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia: Diskon pada hari Jumat – Senin sebesar 30 persen untuk semua kelas kereta dan pada hari Selasa – Kamis sebesar 50 persen untuk semua kelas kereta.
  • Anggota TNI aktif/siswa pendidikan TNI : Diskon untuk kelas eksekutif sebesar 25 persen setiap hari, serta kelas bisnis dan ekonomi sebesar 50 persen.
  • Anggota Polri aktif/siswa pendidikan Polri : diskon kelas eksekutif sebesar 25 persen setiap hari serta kelas bisnis dan ekonomi sebesar 50 persen.
  • Wartawan dengan tujuan perjalanan melakukan tugas peliputan mendapatkan diskon untuk kelas bisnis dan ekonomi sebesar 20 persen setiap hari.


Syarat dan ketentuan serta cara mendapatkan tarif reduksi

Dilansir dalam Kompas.com, salah satu syarat dan ketentuan agar penumpang dalam kategori di atas bisa mendapatkan layanan ini adalah dengan mendaftarkan kartu identitas ( untuk penumpang lanjut usia), mendaftarkan kartu anggota LVRI ( untuk anggota Legiun Veteran RI), mendaftarkan kartu anggota TNI atau kartu tanda siswa/ surat keterangan siswa pendidikan TNI untuk Anggota TNI aktif / siswa pendidikan TNI; mendaftarkan kartu anggota Polri atau mendaftarkan kartu tanda siswa/surat keterangan siswa pendidikan Polri (untuk anggota Polri aktif/ siswa pendidikan Polri); dan registrasi ke customer service serta melampirkan surat tugas peliputan yang masih berlaku untuk wartawan.

Registrasi tarif reduksi ini sendiri dapat dilakukan di customer service atau loket stasiun di masing-masing stasiun maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta Gan. 
Setelah terdaftar, agan lalu bisa menggunakan tarif reduksi dengan melakukan pemesanan di KAI Access.

  • Untuk bisa mendapatkan layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access ini penumpang harus melakukan update aplikasi KAI Access ke versi terbaru  Gan.
  •  Pilih jadwal kereta yang Agan mau,
  • Saat memasukan data penumpang, pastikan Nomor identitas sesuai dengan data yang telah didaftarkan hak reduksinya di Customer Service atau Loket Stasiun
  • Jika sudah terdaftar, maka akan muncul tombol cek reduksi
  • Klik dan pilih reduksi yang akan digunakan
  • Lalu Agan akan mendapatkan potongan harga tiket sesuai dengan hak reduksi Agan.
  • Saat hari keberangkatan, jangan lupa bawa identitas asli yang sesuai dengan hak reduksi kepada petugas Boarding ya.
 

Jadi, ada kah dari Agan yang masuk kriteria mendapatkan layanan tiket kereta reduksi ini?



Diubah oleh gretonganalways 03-09-2019 08:15
davecchiojalangmanJustika1118
Justika1118 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
5.5K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.