scorpiigirlAvatar border
TS
scorpiigirl
Program Kerja Nusantara Sehat apa itu?


   

Hallo guys jumpa lagi dengan ane scorpiigirlemoticon-Kangen

Apa kabar? Semoga semua dengan keadaan baik-baik ya!

Kali ini ane akan membahas sebuah program kerja yang mungkin di telinga kalian masih asing dan kurang tahu mengenai program kerja ini. 
Jadi daripada penasaran yuk langsung ane akan bahas di bawah

 


Ini adalah program kerja yang di buat oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang diberi nama Nusantara Sehat atau biasa disingkat dengan NS. Nah program kerja NS ini sendiri sudah berjalan dari tahun 2015 sampai dengan sekarang adalah salah satu program presiden  pak Jokowi dan wakilnya Jusu Kalla dalam menjalankan nawacita yang menjadi pokok kerja beliau. Dan dibuatlah program kerja ini untuk menjawab tantang kerja tersebut.

 

Jadi sebelum lanjut ke topik yang mendasar aku jelasin dulu yah Nusantara Sehat itu apa dan gimana....

 

Nusantara Sehat itu adalah program pegabdian tenaga kesehatan di wilayah terpencil Indonesia untuk mengatasi ketimpangan tenaga kesehatan. Nah jadi dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, ahli gizi, farmasi, kesehatan lingkungan dan ahli laboratorium medilk yang sudah mempunya STR (surat Tnda Registrasi) dan dibawah umur 30 tahun boleh untuk mengkuti program kerja ini.


Ada dua program kerja yang digagas oleh NS yaitu NS Individual dan NS Team based. Keduanya sama saja namun  berbeda cara kerjanya. Sebelum anggota menjalani NS Individual mereka terlebih dulu akan masuk ke program kerja team based yang terdiri dari beragam profesi yang beranggotakan 7 orang. Pegabadian kerjanya gak lama kok hanya dua tahun, tapi kayanya tahun ini hanya satu tahun saja setahu ane melihat berita-berita yang ane dapat dari internet.  Nah sehabis itu anggota team based akan ditempatkan ke wilayah-wilayah yang terpencil seperti Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, pulau nias, dan daerah fokus yang menjadi prioritas NS adalah Papua. Mereka akan ditempatkan di salah satu puskesmas disana dan memberikan bantuan kesehatan yang layak bagi masyarakat pendalaman sana. Setelah pegabdian team based mereka akan ditawari oleh Kemenkes untuk melanjutkan Sekolah lagi atau menjadi tenaga NS Individual. tidak sedikit juga enaga NS yang mengambil beasiswa untuk bersekolah kembali.
Beberapa fakta mengenai program Nusantara Sehat:

Quote:

 

Quote:


Jangan lupa emoticon-Rate 5 Stardanemoticon-Cendol Gan yahh!





Sampai jumpa di thread ane selanjutnya~


Quote:


Diubah oleh scorpiigirl 07-05-2019 05:25
kudanil.la
anasabila
4iinch
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
10
7.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.