alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75154b9a972e166b010298/makanan-pokok-khas-buton-quotkasuamiquot-tak-kalah-enak-dengan-nasi
Lapor Hansip
08-09-2019 21:50

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Past Hot Thread
Assalamualaikum selamat mengakhiri liburan hehe

Berbicara tentang liburan ke suatu tempat biasanya setiap daerah pasti punya ke khasan masing-masingkan yang bikin dia beda dari daerah-daerah lain mulai dari kultur, tempat-tempat wisata atau makanan khas dari daerah tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas kali ini saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari daerah saya Buton tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kalau teman-teman lagi mampir atau jalan-jalan ke pulau Buton kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi salah satu makanan yang palik eksis dari dulu sampai sekarang di sana, namanya “kasuami” teman-teman pasti penasarankan kasuami itu jenis makanan seperti apa sih? Punya istri atau gimana? Biar saya jelaskan, hehe..

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
"
https://instastuck.com/media/Brg63z2gksX

Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi kalau lagi kekurangan beras si kasuami ini bisa dijadikan sebagai pendamping lauk-pauk yang tersedia.

Untuk pembuatannya pun terbilang unik dan agak ribet sih dibanding masak nasi karna pengolahannya yang lumayan panjang, cuma untuk praktisnya bisa dibeli kok kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Tenggara khususnya Buton wkwk.

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/l...5dcc212e61.jpg

Cara pembuatan:
1. Singkong yang telah dikupas kulitnya dibersihkan dengan air, kemudian diparut.
2. Hasil parutan itu kemudian dibungkus dengan kain karoro lalu dimasukkan ke dalam kayu jepitan. Biasanya, agar cepat, kayu jepitan yang dibuat khusus kadang diduduki dua sampai tiga orang agar airnya cepat kering.
3. Setelah airnya keluar, dia sudah berbentuk segi empat yang disebut kaupi.
4. Kaupi ini difermentasi dua sampai tiga hari dan selanjutnya kaupi dikukus sampai matang.
5. Kaupi dikukus dengan alat yang terbuat dari anyaman daun kalapa dan berbentuk kerucut lalu dimasak menggunakan periuk tanah, dimana mulut periuk berbentuk bundar. Kaupi yang telah masak inilah yang disebut kasuami. (dilansir dari kompasiana)

Kasuami ini paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit “suami-istri” gitu dijamin dah tuh menggugah selera apa lagi kalau menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun kenyang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
10-09-2019 14:53
Terlihat seperti singkong rebus pada umumnya
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 15:37
Wih pingen coba den ane
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 20:04
bisa banget nih dikembangin biar ga terlalu tergantung sama nasi gan.
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 20:06
Quote:Original Posted By maleo.pejuang
Sepertinya enak, tapi kalo belum biasa agak gimana juga gitu sih, kaya ane dulu nyobain makan nasi jagung dan nasi tiwul, agak aneh dan malah eneg.


Iya gan kalo belum terbiasa pasti aneh di lidah. kebetulan ane sering makan dua"nya, enak kok gan emoticon-Jempol
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 20:07
Quote:Original Posted By pzwildaas
Hehe sama-sama gan emoticon-Jempol


Tapi itu enggak dijual bebas ya gan? Apa memang enggak ada yang jual ya di daerah Jawa dan sekitarnya. Sebenrnya lumayan tuh kalau ada yang jual, ada pilihan lain buat kulineran emoticon-Big Grin
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 22:01
mantap gan, thread yang sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. ditunggu thread berikutnya😁😁😁
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 22:02
Quote:Original Posted By aithings
Iya gan kalo belum terbiasa pasti aneh di lidah. kebetulan ane sering makan dua"nya, enak kok gan emoticon-Jempol


Jelasin dong gan gimana rasa dan tastenya di lidah wkwkwkwk
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
10-09-2019 23:33
Quote:Original Posted By indramamoth
Tapi itu enggak dijual bebas ya gan? Apa memang enggak ada yang jual ya di daerah Jawa dan sekitarnya. Sebenrnya lumayan tuh kalau ada yang jual, ada pilihan lain buat kulineran emoticon-Big Grin


Hehe nggak ada gan
0 0
0
10-09-2019 23:34
Quote:Original Posted By aithings
Iya gan kalo belum terbiasa pasti aneh di lidah. kebetulan ane sering makan dua"nya, enak kok gan emoticon-Jempol


emoticon-Jempol
0 0
0
10-09-2019 23:34
Quote:Original Posted By citrachoirunisa
mantap gan, thread yang sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. ditunggu thread berikutnya😁😁😁


emoticon-Jempol
0 0
0
10-09-2019 23:35
Quote:Original Posted By maleo.pejuang
Sepertinya enak, tapi kalo belum biasa agak gimana juga gitu sih, kaya ane dulu nyobain makan nasi jagung dan nasi tiwul, agak aneh dan malah eneg.


Iya gan mungkin bagi sebagian orang akan merasa aneh
0 0
0
10-09-2019 23:36
Quote:Original Posted By pionpoke
Terlihat seperti singkong rebus pada umumnya


Hehe bentuk dan rasanya beda kok gan
0 0
0
10-09-2019 23:36
Quote:Original Posted By JeanValJeanVal
Wih pingen coba den ane


Coba aja😁
0 0
0
10-09-2019 23:37
Quote:Original Posted By aithings
bisa banget nih dikembangin biar ga terlalu tergantung sama nasi gan.


Iya soalnya yg namanya digantung nggak enak😁
profile-picture
yuday.buton memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
11-09-2019 06:56
Bentuknya kayak pempek kapalselam emoticon-Bingung
Jadi penasaran ama rasanya ...bisa order dlm bntuk froozen gavyaa 😁😁😁
0 0
0
11-09-2019 13:23
wih menarik nih infonya gan! saya belum tau sebelumnya. jadi info kaya gini yg membantu wawasan buat kita gan
0 0
0
11-09-2019 16:17
Buat laper
0 0
0
11-09-2019 23:34
bisa jadi alternatif nasi yaaaa... bisa nih dicobaaaa.. di jawa ada yg buka dong... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
0 0
0
12-09-2019 01:44
wah kayaknya enak yaa, jadi ngebayangin rasanya kayak apa. tapi pas liat cara pembuatannya keliatan ribetnya sih wkwk
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.