alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7700bd09b5ca0bca07de34/kenali-fakta-ini-sebelum-meluncur-di-tol-layang-jakarta-cikampek
Lapor Hansip
10-09-2019 08:47
Kenali Fakta Ini Sebelum Meluncur di Tol Layang Jakarta-Cikampek
Past Hot Thread

Kenali Fakta Ini Sebelum Meluncur di Tol Layang Jakarta-Cikampek


Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (Persero) memastikan mulai natal tahun ini jalan tol Jakarta-Cikampek II (Japek elevated/layan) sudah bisa dijajal oleh para pengguna kendaraan roda empat. Bahkan, Perseroan tidak memungut biaya sepeser pun alias masih gratis.

Perseroan memutuskan untuk mengoperasikan secara fungsional tol Japek II usai progres pembangunannya sudah mencapai 95,11% hingga akhir Agustus. Konstruksi tol ini ditargetkan selesai pada akhir September 2019.

Lalu bagaimana skema tarif yang akan diberlakukan, dan berapa besar tarif yang berlaku, serta ada berapa banyak pintu tol nantinya? Simak selengkapnya di sini:

Mulai Natal Gratis

Kenali Fakta Ini Sebelum Meluncur di Tol Layang Jakarta-Cikampek


Mulanya, tol ini ditargetkan bisa digunakan untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini. Namun baru pada Natal 2019 Desember mendatang tol yang dikelola Jasa Marga ini ditargetkan sudah mulai bisa dipakai secara fungsional alias masih gratis.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo mengatakan sisa pekerjaan yang cukup kritis dalam proyek ini adalah penyelesaian relokasi menara saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Km 17. Pekerjaan itu harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.

"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di Km 17 serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanaan pekerjaan yang lebih cepat dan aman," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2019).

Mulanya, tol ini ditargetkan bisa digunakan untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini. Namun baru pada Natal 2019 Desember mendatang tol yang dikelola Jasa Marga ini ditargetkan sudah mulai bisa dipakai secara fungsional alias masih gratis.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo mengatakan sisa pekerjaan yang cukup kritis dalam proyek ini adalah penyelesaian relokasi menara saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Km 17. Pekerjaan itu harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.

"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di Km 17 serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanaan pekerjaan yang lebih cepat dan aman," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2019).

Rutenya Kemana Saja?

Kenali Fakta Ini Sebelum Meluncur di Tol Layang Jakarta-Cikampek


General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman mengatakan rute yang bisa dilalui oleh pengendara mulai dari Cikunir KM 10 hingga KM 47 di sekitaran Karawang Barat.

"Jadi desainnya cuma sampai Karawang Barat. Jadi dari Cikunir KM 10 sampai KM 47, cuma itu saja. sekitar 37 km," kata Raddy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Di atas, tol ini terbagi atas sembilan seksi. Di antaranya seksi Cikunir-Bekasi Barat, Bekasi Barat-Bekasi Timur, Bekasi Timur-Tambun, Tambun-Cibitung, Cibitung-Cikarang Utama, Cikarang Utama-Cikarang Barat, Cikarang Barat-Cibatu, Cibatu-Cikarang Timur, dan Cikarang Timur-Karawang Barat.

Pintu tol yang tersedia untuk sementara baru di awal dan akhir jalan tol layang ini. Namun ke depan, akan ada gerbang keluar di sekitaran Cibitung. Namun, hal itu masih menunggu persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Jika tidak mendapat restu BPJT, maka tol Japek II akan menjadi jalur tanpa adanya gerbang exit tol atau digunakan untuk pengguna jarak jauh. Sedangkan yang jarak dekat bisa menggunakan jalur bawah atau eksisting.

Berapa Tarifnya?

Kenali Fakta Ini Sebelum Meluncur di Tol Layang Jakarta-Cikampek


Berdasarkan data perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang ditandatangani 2016 lalu, tarif tol yang menelan biaya investasi Rp 16,2 triliun ini sebesar Rp 1.250/km.

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman mengungkapkan tarif yang berlaku untuk tol Jakarta-Cikampek II bisa berubah lebih rendah di bawah Rp 1.250/km. Caranya dengan menerapkan skema blended atau digabungkan dengan perhitungan tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Hal ini dengan catatan usulan yang diajukan perseroan disetujui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

"Kalau nanti blended pasti berbeda, kan kombinasi dengan yang di bawah mungkin jadi turun (tarif keseluruhan) dan sebagainya," kata Raddy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dengan skema blended, maka tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting otomatis akan menjadi lebih tinggi dari saat ini. Namun belum diketahui berapa tarif blended yang akan digunakan nantinya.

Berdasarkan data perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang ditandatangani 2016 lalu, tarif tol yang menelan biaya investasi Rp 16,2 triliun ini sebesar Rp 1.250/km.

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman mengungkapkan tarif yang berlaku untuk tol Jakarta-Cikampek II bisa berubah lebih rendah di bawah Rp 1.250/km. Caranya dengan menerapkan skema blended atau digabungkan dengan perhitungan tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Hal ini dengan catatan usulan yang diajukan perseroan disetujui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

"Kalau nanti blended pasti berbeda, kan kombinasi dengan yang di bawah mungkin jadi turun (tarif keseluruhan) dan sebagainya," kata Raddy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dengan skema blended, maka tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting otomatis akan menjadi lebih tinggi dari saat ini. Namun belum diketahui berapa tarif blended yang akan digunakan nantinya.

(hek/ang) | detik.com


--

Semoga mengurai kemacetan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
10-09-2019 14:15
emoticon-Leh Uga ... alhamdulilah yang menang kemarin bukan " tetangga " ... bisa - bisa proyek untuk kepentingan masyarakat bisa mandek ...
0
10-09-2019 14:54
akhirnyaaa, semoga tambah lancar kdepanya..
0
Lapor Hansip
10-09-2019 15:06
Balasan post masgembus
Quote:Original Posted By masgembus


purbaleunyi bisa lah..ini japek elevated habis di 47...cipularang di 66 an

btw ini proyek serasa hadiah perpisahan buat opa JK dengan bukaka nya....
lengser proyek kelar......ntar tinggal nyinyirin kebijakan yg gantiin emoticon-Leh Uga


Ooh tak kirain beres di exit toll karawang

Sudah biasa ituh, kejulidan dan nyinyiran ex pejabat emoticon-Cool

0
10-09-2019 15:24
Ga pernah lewat sana
0
10-09-2019 15:48
selama gk ada pembatasan kendaraan, jalan sebanyak apapun masih macet, emoticon-Wink
0
10-09-2019 15:58
Quote:Original Posted By Uthe18
kayaknya naik nih Cikampek bawah jadi 20 - 25rb jauh-dekat kalau d blended emoticon-Big Grin
maklum invest Rp16,3 T buat Cikampek elevated emoticon-Ngacir


Bisa jadi gan, mahal juga ya hampir sama kaya tol transjawa. Kira-kira nanti bakal efektif gak ya
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
10-09-2019 16:03
Balasan post artyasy
Quote:Original Posted By artyasy


Bisa jadi gan, mahal juga ya hampir sama kaya tol transjawa. Kira-kira nanti bakal efektif gak ya


kalau harga nya SAMA ya efektif, apalgai untuk yg rute jauh kaya ke/dari Jawa/Bandung
Cikampek itu sekitar 50-75rb kendaraan (81% nya Gol 1) LHR nya, coba saja dikalikan 20-25rb, itulah omset nya emoticon-Ngacir
0
10-09-2019 18:19
lama gak lewat cikampek
0
10-09-2019 18:20
Quote:Original Posted By behling
Ga pernah lewat sana


Sekali kali lewat
0
10-09-2019 20:01
Quote:Original Posted By ushirota
Saking macetnya, dibikin tol layangemoticon-Leh Uga
Ga ngefek selama mobil2 yg asap hitam ga dimuseumkan


tol layang ga ngaruh macet...mending bikin rute baru
0
10-09-2019 21:52
mengatasi kemacetan dengan penambahan jalan Tol yang notabene berbayar,apakah efektif ? sedangkan produksi dan regulasi untuk kendaraan bermotor masih sama,tiap detik keluar mobil baru.
apakah proyek TOL hanya untuk bisnis semata ?
tidakah bisa belajar dari negara maju seperti Jepang, Singapore dll tentang regulasi pembelian dan ijin kepemilikan mobil,jadi ngga semua orang beli mobil,tapi kembali lagi ke mental dan mind set individu,karena di indo naik angkutan umum malah malu dan naik kendaraan pribadi di anggap prestis.

cuma opini,jangan di bully


salam anak kampung
0
10-09-2019 22:24
ntapsss nih infonyaaa... smoga tepat waktu yaaa selesainyaa... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
0
11-09-2019 06:25
kirain emang fasilitas tambahan tol Jakarta cikampek, ternyata bayar lagi ya
0
11-09-2019 11:25
gitu ye gan
nice dah
0
11-09-2019 20:10
Jalan di jakarta udah sampai bertingkat, kedepannya mungkin akan semakin banyak jasun (jalan susun) emoticon-Big Grin Sepertinya pelebaran dan juga penambahan jalan tol sudah dilakukan, namun yang terjadi macet masih saja membayangi kota jakarta. Sepertinya pertumbuhan kendaraan bermotor semakin cepat, dibandingkan penambahan jalannya.
0
11-09-2019 20:24
0
12-09-2019 01:31
wah selama ini mikir "ini tol apaan lagi sih yang dibkin deket rumah" ehh terjawab suda di thread ini wkwk
0
16-09-2019 00:49
semoga tarifnya murah deh
0
16-09-2019 06:37
Quote:Original Posted By Uthe18
kalau harga nya SAMA ya efektif, apalgai untuk yg rute jauh kaya ke/dari Jawa/Bandung
Cikampek itu sekitar 50-75rb kendaraan (81% nya Gol 1) LHR nya, coba saja dikalikan 20-25rb, itulah omset nya emoticon-Ngacir


Gede juga ya omsetnya gan hmmm. Maksud ane kira kira nih dia bakalan efektif gak mengurangi macet atau efektif gak pas udah digunakan gitu hehehehe.
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
16-09-2019 07:45
Balasan post artyasy
Quote:Original Posted By artyasy


Gede juga ya omsetnya gan hmmm. Maksud ane kira kira nih dia bakalan efektif gak mengurangi macet atau efektif gak pas udah digunakan gitu hehehehe.


kalau "cuma" 20rb sih bakalan lumayan efektif emngurangi traffic dibawah, tapi konsekuensinya paling pas menjelang IC Purbaleunyi akan numpuk yg dari atas dan bawah emoticon-Embarrassment

Yang "teriak2" paling pengelola dan pengusaha Rest Area di sepanjang Cikampek yg bakalan berkurang drastis pendapatannya, karena penyumbang konsumen terbesar ya dr Gol 1 emoticon-Ngacir
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.