alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75154b9a972e166b010298/makanan-pokok-khas-buton-quotkasuamiquot-tak-kalah-enak-dengan-nasi
Lapor Hansip
08-09-2019 21:50
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
Past Hot Thread
Assalamualaikum selamat mengakhiri liburan hehe

Berbicara tentang liburan ke suatu tempat biasanya setiap daerah pasti punya ke khasan masing-masingkan yang bikin dia beda dari daerah-daerah lain mulai dari kultur, tempat-tempat wisata atau makanan khas dari daerah tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas kali ini saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari daerah saya Buton tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kalau teman-teman lagi mampir atau jalan-jalan ke pulau Buton kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi salah satu makanan yang palik eksis dari dulu sampai sekarang di sana, namanya “kasuami” teman-teman pasti penasarankan kasuami itu jenis makanan seperti apa sih? Punya istri atau gimana? Biar saya jelaskan, hehe..

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
"
https://instastuck.com/media/Brg63z2gksX

Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi kalau lagi kekurangan beras si kasuami ini bisa dijadikan sebagai pendamping lauk-pauk yang tersedia.

Untuk pembuatannya pun terbilang unik dan agak ribet sih dibanding masak nasi karna pengolahannya yang lumayan panjang, cuma untuk praktisnya bisa dibeli kok kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Tenggara khususnya Buton wkwk.

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/l...5dcc212e61.jpg

Cara pembuatan:
1. Singkong yang telah dikupas kulitnya dibersihkan dengan air, kemudian diparut.
2. Hasil parutan itu kemudian dibungkus dengan kain karoro lalu dimasukkan ke dalam kayu jepitan. Biasanya, agar cepat, kayu jepitan yang dibuat khusus kadang diduduki dua sampai tiga orang agar airnya cepat kering.
3. Setelah airnya keluar, dia sudah berbentuk segi empat yang disebut kaupi.
4. Kaupi ini difermentasi dua sampai tiga hari dan selanjutnya kaupi dikukus sampai matang.
5. Kaupi dikukus dengan alat yang terbuat dari anyaman daun kalapa dan berbentuk kerucut lalu dimasak menggunakan periuk tanah, dimana mulut periuk berbentuk bundar. Kaupi yang telah masak inilah yang disebut kasuami. (dilansir dari kompasiana)

Kasuami ini paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit “suami-istri” gitu dijamin dah tuh menggugah selera apa lagi kalau menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun kenyang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
10-09-2019 08:09
wah bahannya dari singkong yah, murah meriah nih, emoticon-Big Grin
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
10-09-2019 08:40
Wah bisa buat menu diet ya gan
0
10-09-2019 08:53
kasuustri ad ngga
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 08:55
Menarik boleh lah di coba kalau berkunjung ke sna emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 08:59
Wah, variasi makanan dari singkong yang boleh dicoba nih emoticon-Big Grin, unik juga namanya kasuami. Baru tahu kali ini gan, makasih infonya emoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 09:11
😊😊 ini dari daerah asalku....
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 10:08
enakan mana sama ini

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 12:11
[quote=10031635;5d77021310d29508c415b531]kasuustri ad ngga[/quote

Kaanak adaemoticon-Ngakak
0
10-09-2019 12:11
Quote:Original Posted By surya889
Menarik boleh lah di coba kalau berkunjung ke sna emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Yuks 😁
0
10-09-2019 12:12
Quote:Original Posted By indramamoth
Wah, variasi makanan dari singkong yang boleh dicoba nih emoticon-Big Grin, unik juga namanya kasuami. Baru tahu kali ini gan, makasih infonya emoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia


Hehe sama-sama gan emoticon-Jempol
0
10-09-2019 12:12
Quote:Original Posted By wadin
😊😊 ini dari daerah asalku....


Wow hay yang se asal😁
0
10-09-2019 12:13
Quote:Original Posted By Surobledhek746
enakan mana sama ini

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi


Yang mana aja😁
0
10-09-2019 12:13
Kapan ya aku bisa jadi kek gitu emoticon-Mewek
bukak sitik jos
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 12:37
Wah makanan berbahan dasar singkong ya,. pasti enak banget.. ane paling suka makanan olahan dari bahan singkong.. gurih dan lezat.. kalau kasuami ini rasanya gimana ya gan? apakah ada manisnya seperti tape (singkong yang difermentasi).
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 13:50
ane bacanya kotoamatsukami

emoticon-Ngakak
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
10-09-2019 14:22
Quote:Original Posted By alenilliana
Kapan ya aku bisa jadi kek gitu emoticon-Mewek
bukak sitik jos


Aminmn
0
10-09-2019 14:23
Quote:Original Posted By cheria021
Wah makanan berbahan dasar singkong ya,. pasti enak banget.. ane paling suka makanan olahan dari bahan singkong.. gurih dan lezat.. kalau kasuami ini rasanya gimana ya gan? apakah ada manisnya seperti tape (singkong yang difermentasi).



Gak manis-manis kayak gitu juga kok gan hehe
0
Lihat 1 balasan
10-09-2019 14:24
Quote:Original Posted By b42l4t4k
ane bacanya kotoamatsukami

emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
0
10-09-2019 14:51
Sepertinya enak, tapi kalo belum biasa agak gimana juga gitu sih, kaya ane dulu nyobain makan nasi jagung dan nasi tiwul, agak aneh dan malah eneg.
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.