News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75eac668cc95325f77655b/500-pakar-kota-dunia-akan-kumpul-bahas-ibu-kota-baru-ri
Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ternyata cukup menarik perhatian banyak pihak. Tidak terkecuali para pakar dan perencana kota di seluruh dunia. Nantinya akan berkumpul sekitar 500 pakar dan perencana kota dunia dari 44 negara pada SOCARP ke-55 di Jakarta dan Bogor pada 9-13 September 2019.
Lapor Hansip
09-09-2019 13:01

500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI

Past Hot Thread
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI Foto: Ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Instagram Jokowi)

500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
Jakarta - Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ternyata cukup menarik perhatian banyak pihak. Tidak terkecuali para pakar dan perencana kota di seluruh dunia.

Kongres Perencanaan Kota Sedunia (ISOCARP) ke-55 akan digelar di Jakarta dan Bogor pada 9-13 September 2019. Di acara itu akan berkumpul sekitar 500 pakar dan perencana kota dunia dari 44 negara. Hadir pula sekitar 30 walikota.

Dalam acara itu mereka akan membahas utamanya terkait tantangan masa depan kota di Indonesia dan dunia. Dalam rentetan acara itu juga akan dibahas perencanaan pembangunan ibu kota baru.

"Kita berhasil membawa Kongres Perencana Sedunia ini pertama kali ke Asia Tenggara. Kongres ini adalah manifestasi penting nya posisi Indonesia dalam isu urbanisasi dan para perencana maupun pemerintah Indonesia dapat belajar dan bertukar pikiran tentang pemecahan masalah perkotaan kita," kata Chairman Local Committee ISOCARP dan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia Bernardus Djonoputro belum lama ini.

Jokowi juga direncanakan akan hadir dalam acara itu dan akan membuka Kongres Perencana se Dunia ISOCARP. Perhelatan ini pertama kali diselenggarakan di Asia Tenggara, terlebih Indonesia.

Salah satu yang akan dibicarakan terkait persoalan tata ruang yang saat ini sudah mengalami tumpang tindih. Kondisi itu bisa berdampak pada konflik berkepanjangan di kemudian hari. Sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah agar persoalan pembangunan ruang kota tidak menghambat pertumbuhan ekonomi, investasi dan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Konflik mengenai tata ruang semakin banyak terjadi belakangan ini karena kendala pengelolaan tata ruang lintas sektor yang tidak efektif. Hingga saat ini belum terlihat langkah-langkah nyata pemerintah berkaitan dengan agenda perkotaan, tata ruang kota maupun desa yang dikaitkan dengan visi perencanaan system kota-kota Indonesia sebagai negara maritim di khatulistiwa, ragam budaya di 17 ribu lebih pulau, di tengah ring of fire dan keberagaman sosial, Indonesia masih menyisakan beberapa masalah," terang Bernadus.

Menurutnya kongres ini menjadi forum yang relevan untuk menyampaikan bahwa perencanaan penting dalam pembangunan khususnya yang terkait dengan pembangunan perkotaan dan sumber daya manusia. Apalagi kota merupakan pusat pendidikan dan pengembangan keilmuan dan teknologi. Selain itu bersamaan dengan kongres, akan dilaksanakan Kaukus Walikota IAP 2019, diikuti 30an walikota untuk mencari solusi inovasi dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan.

"Kongres Perencanaan se-Dunia ini adalah sumbangsih Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dalam memberikan masukan bagi upaya pemerintah membangun kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan, serta memperkaya diskursus teknis tentang isu pemindahan IKN," ujarnya.

Para peserta kongres akan mendiskusikan tematik perencanaan yang penting dan terkini di dunia, berbagai isu yang membutuhkan banyak masukan perencana, termasuk pemindahan ibukota negara, terutama dari negara lain yang sudah berpengalaman dalam memindahkan ibukotanya.

Rencana pemindahan ibukota negara, kata Bernardus menjadi refleksi penting bagi tata ruang ke depan. Tata ruang tidak boleh hanya mengikuti kemauan pasar semata, tapi mampu mendorong iklim investasi yang kondusif dengan cara mengarahkan kegiatan investasi agar menempati ruang yang sesuai dengan prinsip keberlanjutan pembangunan.

SUMBER


Inget ya.. yang d undang dan berbicara itu pakar kota bukan kata.. emoticon-Malu (S)

500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariiisssssss dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 22:31
Quote:Original Posted By xbandage
anjay pakar dunia yg mau ikut antara miskin & tolol


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 22:58
yo selamat berpikir yaw ane mantau hasilnha aja
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:01
omg, itu pasti seru bangetttttt. jadi pengen ikut
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:14
anies juga pakar kota. harus dilibatkan agar bisa naturalisasi dll
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:20
Ya sebagai warga negara yang baik, mendoakan untuk yang terbaik bagi negara adalah kewajiban. Daripada nyinyir, mending didoakan supaya semua lancar dan Indonesia makmur, aminnn
profile-picture
Yagami92 memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:23
Quote:Original Posted By valkyr7


500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI

Yang udah open kimono aja masih d tutupin pake gorden kok.. emoticon-Malu (S)

500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI

Apalagi cuma ngaku transparan ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


eh bentuk pulau kalimantan mirip gambar ayam betina ya?
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:45
nah bagus nih, harus dipikirin mateng mateng nih tata ruang di kalimantan, calon ibu kota baru kita. biar pembangunannya ga merusak alam disana
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
09-09-2019 23:53
wihh keren nih biar ibukota barunya nanti bisa maksimal pembangunannya wkwkwk
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 00:49
Quote:Original Posted By wiry
Gak usah repot2. Coba itu hasil kajian pindah ibukotak dari bappenas dibuka ke masyarakat umum dulu. Biar masyarakat juga bisa suarakan pendapatnya utk keputusan yang akan mempengaruhi hidup mereka.

Katanya bersih dan transparan. Jadi nggak perlu main rahasia-rahasiaan kan emoticon-Big Grin

Dan coba move on dari si anis. Sebelum ibukotak pindah tahun 2024, anis bukan lagi gubernur jakartak. Jangan-jangan si anis malah jadi presiden, dan aman sejahtera dia bikin aturan2 yang merugikan rakyat di ibukotak baru nun jauh di kaltim.

Bebas dari tangan para jokkower dan cebbonk di jakartak. Kalau sudah gitu, jokkower dan cebbonk yang gantian menangis. Uenak to? Yo jelas wuenaakk emoticon-Big Grin


Gue setuju, terlepas setuju atau tidak nya ada baiknya kajian ilmiah dr bapenas Dan kementrian terkait Mengenai calon ibu Kota baru harus di buka ke publik jd bukan hanya memberi statement/counter dgn naratif yg itu2 aja, malah publik jd bingung gak dapet jawaban. Seandainya nanti di buka publik bisa tahu urgensinya, kelayakannya seperti apa.. Jgn2 publik akhirnya jd malah setuju juga setelah mengerti.
profile-picture
doesntmakesense memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 01:06
semoga menghasilkan sesuatu yg positif buat Indonesia ya agan agan
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 05:41
Waaah... 500 orang...
emoticon-Ultah
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 07:53
ibukota mulu

ayahkota kapan di bahas brayy emoticon-Leh Uga
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 07:58
Quote:Original Posted By monyet2012
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 08:27
Kita ini sbnarnya negara besar yg sewaktu2 bisa lebih maju bahkan melebihi Jepang sekalipun, akan tetapi masyarakat kita ini masih suka mabok dgn hal2 yg berbau identitas dan..ahsudahlah
emoticon-Nohope
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 08:37
perpindahan ibu kota jadi lebih baik👍
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 09:14
Quote:Original Posted By lemahtanahlemah
Ya sebagai warga negara yang baik, mendoakan untuk yang terbaik bagi negara adalah kewajiban. Daripada nyinyir, mending didoakan supaya semua lancar dan Indonesia makmur, aminnn

Bener bgt gan, tujuannya kan sudah jelas utk memeratakan perekonomian.
Dan untuk Indonesia makmur jadi kita harus mendukung gan.
Lagian pemerintah juga sudah punya rancangan kan, gamungkin tau tau mau pindah aja, kaya pindahan kos gt wkwk
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 09:30
Quote:Original Posted By wiry
https://kaltim.tribunnews.com/2019/0...ni-2019?page=2

https://www.msn.com/id-id/berita/nas...gub/ar-BBOZzbH

Noh emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

wagub nya dari pks ....wajar


Tapi bukan berarti doi mewakili mayoritas penduduk kaltim....

Silahkanlah ente maen ke kaltim,lihat dan rasakan sendiri...

kalo bicara NKRI dan pancasila...tetap nomor satu dan paham kilafuck kagak laku di siniemoticon-Ngakak
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 11:42
mindah ibukotak itu berat
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 11:58
jika ini ibunya

500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
0 0
0
500 Pakar Kota Dunia Akan Kumpul Bahas Ibu Kota Baru RI
10-09-2019 12:04
bikin keputusan pindah ibukota kek bikin keputusan pindah kostan, gampang amat. pikirin lah, manfaatnya apa, manfaatnya akan terasa langsung tidak oleh masyarakat. prioritaskan mana yg penting wajah bagus dalemnya bobrok, apa wajah biasa aja dalemnya bagus.
liat tuh sistem outsource "koruprat" makin menjadi2, tidak ada kesejahteraan buat masyarakat, liat tuh lulusan perguruan tinggi segunung gunung, lowongan posisi cpns bumn dkk cuma 1 2, haduh generasi kita cuma bisa tinggal dibawah jembatan, gakebeli rumah, mikirin makan pusing, susu anak emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia