News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d76038e018e0d6424444cbf/peneliti-leiden-sebut-politikus-ri-didominasi-orang-kaya-ini-risikonya
Peneliti dari Universitas Leiden, Ward Berenschot menilai demokrasi di Indonesia terlalu didominasi orang kaya. Bila tak ada politikus dari kaum miskin, maka efek negatifnya bisa sampai ke pelayanan publik.
Lapor Hansip
09-09-2019 14:47

Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya

Past Hot Thread
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
Foto ilustrasi: Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta (Lamhot Aritonang/detikcom)

Jakarta - Peneliti dari Universitas Leiden, Ward Berenschot menilai demokrasi di Indonesia terlalu didominasi orang kaya. Bila tak ada politikus dari kaum miskin, maka efek negatifnya bisa sampai ke pelayanan publik.

"Walaupun demokrasi Indonesia cukup baik dalam mewakili keragaman etnis dan agama, tetapi tidak baik dalam mewakili kelas sosial yang berbeda - seperti kelas menengah dan orang miskin. Politisi Indonesia secara tidak proporsional berasal dari latar belakang kaya dan elite ekonomis," kata Berenschot dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (9/9/2019).

Berenschot yang merupakan Associate Researcher Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) ini menjelaskan soal keterwakilan publik oleh anggota DPR, DPRD, dan juga kepala daerah. Ada juga politikus dari latar belakang tidak terlalu kaya, namun di belakangnya pastilah ada orang kaya. Dia menyebut kelompok terbesar yang masuk politik adalah kelompok pebisnis.

"Kita semua tahu banyak contoh elite politik yang juga elite ekonomis di tingkat nasional: Sandiago Uno, Erick Thohir, Jusuf Kalla, Hary Tanoe, Surya Paloh: sekarang sagat mudah untuk orang bisnis untuk masuk dunia politik. Di tingkat lokal, pola hampir sama," kata dia.

Sebaiknya, anggota parlemen bukan mewakili satu golongan kelas sosial saja. Tujuannya, supaya kebijakan yang dihasilkan anggota dewan bisa adil bagi semua golongan. Itu akan sulit diwujudkan bila semua anggota parlemen berasal dari golongan kaya saja.

Ada risiko atau efek negatif dari kondisi itu. Bila cuma orang kaya saja yang menjalankan roda utama demokrasi, maka kesetaraan politik tidak akan terwujud. Dampak buruk dari tak adanya kesetaraan politik yakni, pertama, orang merasa tidak terwakili dengan politikus yang ada. Dalam kondisi itu, massa akan mudah tertarik dengan sosok yang menawarkan penghancuran sistem. Berenschot mencontohkan sosok tersebut seperti Rodrigo Duterte di Filipina, Jair Bolsonaro di Brazil, Donald Trump di AS, atau Boris Johnson di Inggris.

Kedua, terjadi ketegangan antarkelompok sosial. Ketiga, terbentuk oligarki (pemerintahan dijalankan beberapa orang yang berkuasa dari golongan tertentu).

"Ketidaksetaraan politik mengarah pada keistimewaan kelompok dominan-dalam hal ini elite ekonomi. Ini berarti dalam masalah ketika ada kepentingan yang berbeda antara elite ekonomi dan penduduk lainnya, elit ekonomi cenderung menang (tapi tidak selalu!)," kata Berenschot.

Kelompok yang berkuasa cenderung memperjuangkan kepentingan kelompoknya. Kepentingan kelompok lain, yakni kelompok miskin atau kelompok yang bertentangan dengan elite, tak akan terwadahi.

"Salah satu contoh yang sangat relevan sekarang, adalah perjuangan terkait KPK. Dalam pendapat saya untuk elite itu penting kalau KPK lemah, karena itu mengurangi risiko untuk mereka," imbuhnya.

Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya

Efek negatif lainnya bila politik terlalu didominasi orang kaya, bila terjadi konflik antara perusahaan versus masyarakat, maka pejabat dari kalangan elite ekonomi tinggi cenderung memihak kaum bermodal, yakni pihak perusahaan. Juga, kebijakan-kebijakan publik yang dijalankan pemerintah bakal terasa payah oleh kaum miskin.

"Singkatnya, dominasi elite ekonomi dalam politik Indonesia memiliki efek besar pada kualitas layanan publik, keadilan sosial, dan kekuatan Rule of Law di Indonesia," kata dia.

Lalu ke mana politikus dari golongan miskin dan kaum muda berkantong cekak? Kurangnya politikus dari golongan miskin dan kaum muda ini disebabkan oleh biaya kampanye yang tinggi.

Seorang bupati rata-rata keluar Rp 28 miliar untuk kampanye. Orang miskin atau anak muda mana yang mampu mengeluarkan duit sebanyak itu? Partai-partai politik di Indonesia juga cenderung memilih kandidat dari orang kaya supaya kandidat tersebut bisa membiayai kampanyenya sendiri.

"Sampai sekarang reformasi sistem elektoral (yang sering terjadi di Indonesia), tidak berfokus terhadap mengurangi biaya kampanye. Harusnya: kalau peraturan baru berhasil mengurangi ongkos politik, itu naikkan kemungkinan orang muda dan orang miskin akan maju dalam politik," kata Berenschot menyimpulkan.

SUMBER
news.detik.com/berita/d-4698812


Logikanya gini,
Orang kaya pasti kecil posibilitasnya untuk mewakilkan suara orang miskin.
Disamping itu, orang-orang kaya juga kemungkinannya sangat kecil mengerti keadaan orang miskin.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 04:12
Politikus dimari mah kalo dh mau nyalon aj deket ama rakyat miskin, klo udah jadi y lupa.
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 04:20
prinsip utama politik kalau mau sehat sistemnya: politisi jangan cari makan dari dunia politik. artinya harus sudah mapan & 'selesai' urusan dengan diri sendiri/keluarga. jadi politisi nggak perlu korupsi lagi.
kalau politisinya miskin, cari makan dari politik, maka banyak transaksi, bahaya. jadi penelitian ini hipotesisnya keliru.
profile-picture
jeffrey.maulana memberi reputasi
1 0
1
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 05:20

Paytren Solusi Berbisni Yang Bersih Halal Dan Berkah

Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 05:58
Penelitian yg gk penting. Gw gk peduli mo dia misqueen ato kaya, rakjel ato sultan, brandal ato pemuka. Intinya 1, jd pmimpin kudu adil. Mw lu dugem 7 turunan gw jg gk peduli
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 05:58
mantul
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 06:06
terus kenapa kita ikut pemilu kalo cuman milih perwakilan bangsad doank yang dengan senang hati mengebiri kpk?
logikanya kalo orang kaya yang kepilih harusnya gak ada korupsi donk karena mereka udah berkecukupan tapi sekali lagi, ini indonesia dimana korupsi adalah bagian dari kearifan lokal
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 06:35
ya kembali lagi ke Masyarakat, kenapa mau pilih caleg yang orang kaya emoticon-Ngakak
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 06:50
Lagi-lagi biaya kampanyelah yg bikin takluk, tapi biarpun kalau ada dari golongan menengah atau miskin jika tidak serius mewakilkan suara ya sama aja sih.
Dan masalahnya yg kaya malah kemaruk (kalau pun ada yg tidak kemungkinannya kecil), itu bikin tambah miris ane yg makin pesimis buat milih karena kebanyakan janjinya udah banyak denger pernah dilontarin. emoticon-Cape d...
Ane berharap kalau ada politikus entah dari kalangan apa pun, setidaknya ia bisa merubah sistem dan menghadirkan kesetaraan kepentingan untuk rakyat.
profile-picture
n.y.a memberi reputasi
1 0
1
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 07:34
Quote:Original Posted By nowbitool
W lupa diajaran filsuf siapa

Klo pejabat politik berasal dr orang kaya, dia gak bakal lagi ngejer kekayaan karena dia orang kaya. Tapi w rasa itu cuman idealisme...


emoticon-Ngakak, ane ga tau siapa filsuf yg ngomong begitu. Tp ane rasa, si filsuf orang kaya.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 07:36
Yg "dungu" itu kalau rakyat mau dikadalin sama politikus.

Milih, ya mmg hrs milih, tp ga usah sampai nge-fans berat, santuy aja. Nasib kita di tangan Tuhan dan Dia lihat usaha kita.

Bukan dr politikus.
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan samradler memberi reputasi
2 0
2
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:02
ada politisi Belanda yg dari kalangan kismin yg tinggal di ghetto imigran??

keknya juga ga ada lah 😂😂😂
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:04
owh bgtu yah resikonya emoticon-Wagelaseh
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:12
Dan ingin mereduksi KPK karena gak bisa dapet kekayaan dengan mudah emoticon-Wakaka
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:13
lah orang biasa aja udah tau, klo yang duduk di kursi ono itu, barisan orang kaya semua.... modal masuk kesana aja modal gede emoticon-Leh Uga
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:29
Quote:Original Posted By wiry
Situ jangan berani-beraninya menghina junjungan kami, bapa jokoui emoticon-Mad

Coba lihat betapa sederhananya bapa jokoui emoticon-Embarrassment

Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya


Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya yang ini kok gak disebutin
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:35
politik dan ekonomi emang kaya dua sisi mata uang, saling terkait dan menguntungkan bagi elite2nya, kita mah rakyat kebagian susahny aja.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
n.y.a memberi reputasi
1 0
1
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 08:40
ongkos politik nya mahal di indonesia
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 09:03
Ada yang namanya/disebut ... "bidang/ranah juang" ...
Kalau "orang atas" maennya di level pemerintahan-kekuasaan ...
"Orang bawah" maennya di level "kehidupan keseharian".
...
Naga ada di langit
Harimau ada di hutan

0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 10:37
Yah mau bagaimana lagi, politik di Indonesia itu masih berafiliasi dengan banyak sekali kepentingan pelaku usaha besar, taipan-taipan, dan perusahaan mult-nasional. Bungkus! Eh.. Bongkar!
0 0
0
Peneliti Leiden Sebut Politikus RI Didominasi Orang Kaya, Ini Risikonya
10-09-2019 11:23
ya mau gimana
sobat missquen juga tau kalo mau nyaleg juga perlu modal besar biar kepilih
yg udah modal besar pula banyak juga yg gak kepilih

kalo pun bisa pemerintah dlm hal ini DPR selaku pembuat peraturan harus membuat peraturan yg mengatur ttg batas maksimal biaya kampanye
emoticon-Busa
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia