News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
90
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d76e6180577a942336644e1/infografik-5-poin-kontroversial-dalam-revisi-uu-kpk
Operasi senyap. Demikian sejumlah pihak menyebut upaya DPR meloloskan usulan revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada Rapat Paripurna DPR, Kamis (5/9/2019), dibahas usulan Badan Legislasi mengenai revisi UU KPK.
Lapor Hansip
10-09-2019 06:54

INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK

Past Hot Thread
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi senyap. Demikian sejumlah pihak menyebut upaya DPR meloloskan usulan revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada Rapat Paripurna DPR, Kamis (5/9/2019), dibahas usulan Badan Legislasi mengenai revisi UU KPK.

Padahal, wacana ini sudah mengendap lama di DPR.

Bahkan, saking mulusnya, seluruh fraksi menyetujui usul Baleg. Hal ini memunculkan reaksi pro dan kontra dari sejumlah pihak.

Sejumlah poin revisi dinilai akan melemahkan lembaga anti-rasuah.

Berikut 5 poin kontroversial yang ada dalam draf revisi UU KPK yang diajukan DPR:


sumber : saveKPK

sebagai lembaga penegak hukum yang termasuk ga pandang bulu menebas korupsi, ini salah satu upaya yang beringas dari dpr buat mengamankan langkah mereka dikemudian hari. kpk sering mendapatkan bukti peradilan lewat penyadapan. lah ini kpk mau nyadap musti izin dewan pengawas yang dipilih oleh dpr. kan dodol. lah wong anggota dpr banyak yang korup. ini bentuk nyata bahwa pelemahan kpk udah dirancang dari jauh2 hari dan disaat momentum yang pas ketika mata kita tertuju sama hal seperti rasisme dan konflik papua. dpr diem2 bikin sidang paripurna. sesuatu hal yang aneh
Diubah oleh ruinedyours
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanator dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:25
KPK itu kan cuma tools politik.. tapi ya sudahlah..
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:38
usut tuntas.
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:41
kinerja dpr itu gampang terlihat, bolos rapat, tidur saat rapat, mencari celah melemahkan kpk
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:45
Quote:Original Posted By RyoEdogawa
Cuma koruptor yang takut sama KPK

Cuma koruptor yang memandang KPK terlalu kuat dan perlu dilemahkan..

Jadi kesimpulannya, skr kita tau di mana koruptor bersarang emoticon-Big Grin


60% ke atas saya rasa ad lembaga legislatif.
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:54
orang" dpr ngbaik. urusan bgini baru pd kompak.
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:58
Mantap nih, salah satu prestasi rezim yaitu menggebosi kpk emoticon-DP emoticon-DP
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 09:59


Quote:Original Posted By l96ai
KPK itu kan cuma tools politik.. tapi ya sudahlah..


Ini salah satu fitnah dari para cebong dungu karena kpk paling sering menciduk anggota partai juara korup emoticon-DP :fp
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 10:28
#saveKPK
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 10:28
jadi mana demokrasi yang baik itu? yang dipilih berdsarkan "hati nurani" rakyat.
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 10:36
Dewan pengawas itu yg bahaya.. Masa mau nyadap minta ijin dulu.. Yah ketauan lah..
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 10:51
Kalau ane setuju saja

Masalah nya lembaga KPK juga perlu suatu kontrol untuk check dan balance

Mungkin rakyat anggap mereka kpk superhero , koruptor adalah villain

Penjahat dikontrol oleh superhero

Tapi siapa yg mengontrol superhero mencegah mereka jdi semena2 ?

Kalau suatu saat mereka berbuat semena2 tapi berlindung dibalik tameng "gw superhero loh, gw gk mungkin salah"

Lalu mau ginana ?
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
marwoto.vip memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 10:55
Politikus = TIKUS
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:00
Ane TOLAK 1000 %......
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:02
Hhhmm mari kita liat endingnya
Kuncinya ada di tangan jokovic
Sebagai presiden sekaligus kader partai
Mw dukung rakyat apa mw dukung partai
Mari kita liat di pihak siapakah beliau?
emoticon-cystg
Diubah oleh Melodica.offici
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:05
dpr masalah yg menyangkut kepentingan mereka aja mau gerakan cepat
begitu urusan rakyat diundur-undur
#dvr_d*afuq
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:06
dpr masalah yg menyangkut kepentingan mereka aja mau gerakan cepat
begitu urusan rakyat diundur-undur
#dvr_d*afuq
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:08
jangan kasih kendor...stop dewan2an taik2an, akal2an bulus pejabat korup yg cari aman, jangan mau dijajah negara sendiri...sikaat habis 7 turunan! emoticon-Blue Guy Bata (L) #JanganGangguKPK
Diubah oleh mafias.official
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:16
2002 : Kepolisian dan Kejaksaan udah ga efektif berantas korupsi. Ayo bikin KPK


2019 : Penyidik KPK harus dari polisi dan kejaksaan


emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh datalk
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:36
Sama aja kayak menyita senjata utama kpk, masyarakat harus bisa bersatu agar tidak terjadi emoticon-Traveller
0 0
0
INFOGRAFIK: 5 Poin Kontroversial dalam Revisi UU KPK
10-09-2019 11:41
Izin ikut diskusi ya,

Pengawasan yang dimaksud dalam arti sebenar-benarnya memang diperlukan. kita bisa liat contoh secara umum ketika badan independen seperti Kantor Akuntan Publik yang juga tidak luput diperiksa oleh badan berwenang lainnya, seperti BPK. Tujuannya jelas, untuk memastikan opini yang dikeluarkan KAP reliable dan bebas dari konflik kepentingan pihak manapun a.k.a independen.

Tapi, apa bener itu yang dimaksud DPR dalam mengawasi? kenyataannya tidak. Itu bisa kita cermati dari kelima poin yang sudah dibahas dalam thread ini. kelihatan sekali bahwa kewenangan KPK (yang selama ini selalu jadi alat utama buat nangkep pejabat korup), nyaris tidak boleh dilakukan. belum lagi batasan 1 tahun periode pengusutan kasus yang sama sekali ngga masuk akal kalau kita pertimbangkan jumlah kasus korup yang segudang sama jumlah karyawan KPK yang se iprit.

logika gampangnya begini, KPK seperti murid yang sedang ujian matematika dan DPR adalah guru pengawasnya. sang guru memperbolehkan murid untuk ujian matematika dengan syarat: tidak diperbolehkan membuat coret-coretan dalam bentuk apapun. empoweringkah aturan yang kaya begitu untuk si murid?

Pengawasan harusnya murni untuk menjaga agar aktivitas dilakukan dengan jujur dan transparan, bukannya melemahkan.
profile-picture
Doddy7 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia