lina.wh
TS
lina.wh
Stop Ucapan Sederhana Sehari-Hari yang Rasis


Kata rasisme mungkin sudah tidak asing lagi. Tetapi kadang ada yang belum paham benar, apa itu rasisme. Rasisme merupakan suatu pemahaman yang menganggap bahwa ras atau suku tertentu lebih baik atas ras atau suku yang lainnya. Dengan kata lain, semua tindakan atau pemikiran yang sifatnya melecehkan ras, etnis, agama atau suku lain bisa digolongkan sebagai tindakan rasis.

Nah, sudah tahu kan apa itu rasis/rasisme? Yakin tidak pernah melakukannya? Jika pernah, stop rasisme ya! Mari kita simak beberapa ucapan sehari-hari yang mengandung rasis berikut ini :

1. Bunda pelit, kayak Cina!

Mungkin ucapan tersebut sudah sering kita dengar. Gaya hidup hemat dan bersahaja kadang dihubungkan dengan keturunan Cina yang tinggal di Indonesia. Padahal, menurut saya sifat pelit keturunan Cina yang tinggal di Indonesia tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Tergantung sifat individu seseorang.

Jadi, stop ucapan di atas ya!


Sumber Gambar : remajartt.blogspot.com/


2. Pantesan kamu keras, orang Batak!

Orang yang berasal dari Sumatera Utara, relatif tegas dengan intonasi bicara yang tinggi. Tetapi jika kamu melabeli seseorang yang bersikap keras dan berintonasi bicara yang tinggi dengan perangai "Orang Batak", secara tdak sadar kamu telah melabeli suku tersebut sebagai suku yang kasar.

Stop, itu tindakan rasis!


3. Iya, aku tahu kamu orang Jawa. Kelihatan kok, kamu lelet.

Setiap suku memiliki ciri khas tertentu yang membedakan dari suku lainnya. Tetapi, setiap manusia dari suku-suku tersebut adalah individu yang unik dengan beragam kepribadian.

Sebagai warga negara Indonesia, junjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu.


4. Bunda, sarapan roti ya! Biar seperti Bule.

Bule adalah sebutan bagi orang asing berkulit putih yang ada di Indonesia. Sebagian masyarakat mungkin sudah terbiasa menggunakan istilah Bule tanpa maksud untuk menyakiti. Padahal definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bule berakar dari kata "bulai" yang artinya albino. Maka beberapa orang asing berkulit putih yang belum lama tinggal di Indonesia, kadang merasa tersinggung dengan istilah tersebut. Jadi perlu berhati-hati ya, supaya tidak menyinggung perasaan mereka. Jika terlanjur berucap dan mereka tersinggung, segera minta maaf.


5. Dasar anak kampung, lihat seperti itu saja kagum!

Istilah orang kampung biasanya ditujukan kepada orang-orang pedesaan, yang cenderung jauh dari hingar-bingar kota. Karena fasilitas di pedesaan belum semewah kota, jadi wajar jika kagum saat melihat suatu mahakarya manusia di kota. Misalnya saja saat berkunjung ke Dufan, pasti merasa kagum dengan wahana-wahana yang ada di sana. Saya dulu juga begitu kagum dengan semua yang ada di Dufan, makhlum di kampung tidak ada wahana semegah itu.


Contoh di atas merupakan sebagian kecil sikap rasis yang secara tidak sadar kita ucapkan dalam keseharian kita. Kita harus lebih peka dan berhati-hati dalam berucap dan bertindak, ya! Jangan sampai menyakiti hati orang yang ada di dekat kita.

Bhinneka Tunggal Ika, harus kita junjung tinggi. Supaya persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga. Kita, Indonesia.


Sumber Gambar : images.app.goo.gl/7xiVVznvcj5cZ7MF6
Diubah oleh lina.wh 06-09-2019 11:41
riwidyismilailacaerbannogrbbt
caerbannogrbbt dan 33 lainnya memberi reputasi
34
1.4K
69
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.