goonerettekw
TS
goonerettekw 
Pertama Kali ke Singapura? Baca Dulu Nih Kiat-kiat Pentingnya!

Haaalllooohhh GanSis semuanyyaa!!



Udah banyak yang pada tau donk yaa Singapura merupakan salah satu tujuan wisata para pelancong dari seluruh dunia dan nggak ketinggalan, para wisatawan dari Indonesia juga kan?

Nahh bila GanSis baru akan mengunjungi Singapura untuk pertama kali, ada baiknya GanSis baca beberapa kiat berikut ini yang akan berguna saat liburan disana. Jangan sampai dehh cuman karna hal sepele seperti buang sampah sembarangan bisa bikin GanSis terkena denda kalo nggak tau peraturan dan larangan yang berlaku di little red dotitu.

Apa aja sih kiat-kiatnya? Cek yukk!

emoticon-Ngacir

1. Pengembalian Pajak

Terkenal sebagai surga belanja, berbelanja dengan uang tunai ato credit card di Singapura merupakan cara yang cukup aman dan efisien. Di Singapura juga jarang banget yang bakal GanSis lihat penjaga toko mendapatkan tip dan hal ini tidak lazim di lakukan karena tip tersebut telah di perhitungkan dalam Pajak Barang dan Jasa atau lebih dikenal dengan nama GST (Goods and Service Tax).

Sebagai seorang turis di Negri Singa, GanSis bisa mengklaim pengembalian GST sebesar 7% tersebut dengan Skema Pengembalian Pajak Wisatawan atau Tourist Tax Refund Scheme bila pembelian yang dilakukan di toko-toko tertentu lebih dari S$100.

2. Tujuan Wisata yang Bersahabat Bagi Muslim



Masyarakat Singapura terdiri dari berbagai etnis dan menjadikannya sebagai tujuan wisata yang bersahabat bagi pemeluk agama Islam. Fasilitas yang ada seperti tempat makan dengan sertifikat Halal ato dimiliki oleh kaum Muslim serta tempat ibadah atau mushola di hampir semua tempat hiburan di seluruh Singapura, hotel dan pusat perbelanjaan.

3. Visit Singapore Travel Guide

Biar GanSis bisa dapat berbagai rekomendasi berguna tentang tempat yang wajib dikunjungi selama liburan di Singapura, GanSis bisa donlot dan mencoba aplikasi canggih Visit Singapore Travel Guide yang tersedia untuk iOS di Apple Store.

Kebiasaan Khas Lokal yang Dapat Ditiru/Ikuti



● Berjalan di sisi kiri saat menaiki eskalator, khususnya pada jam sibuk. Jadi sisi kanan eskalator emang sengaja dibiarkan kosong. Tujuannya adalah sisi kanan itu untuk mereka yang lagi buru-buru gitu deh GanSis
● Memberikan jalan kepada para penumpang yang hendak keluar saat GanSis akan memasuki kendaraan umum seperti MRT atopun bis. Harap menaiki bis dari pintu depan dan keluar dari pintu belakang yaa, jangan sampe salah. Jangan lupa juga untuk menekan tombol 'Stop' jauh sebelum tiba di perhentian tujuan. Soalnya kalo GanSis lupa nggak pencet tombol itu, bisa-bisa kebablasan ke halte berikutnya dehh
● Tidak boleh dan dilarang untuk bawa hewan peliharaan dan buah durian saat menaiki kendaraan umum. Biasanya udah ada tanda "No Durian On Board". Untuk dendanya sih nggak tertulis yaa, cuman gak boleh aja bawa durian soalnya ada beberapa orang yang gak suka sama bau dari Raja Buah ini. Jadi untuk kebaikan bersama, yaudah gausah dibawa aja. Nah kalo sampe ketahuan bawa durian saat mau naik kendaraan umum misalnya MRT, petugas bakal nyuruh si calon penumpang ini untuk meninggalkan duriannya ato mesti di makan dulu. Pokoknya gak boleh di bawa lah yaa
● Satu lagi.. Masyarakat Singapura sangat taat antri. Jika GanSis pas lagi di Singapura terus melihat ada antrian yang sangat panjang melebihi panjang ular, silakan lihat ada apa di depannya - mungkin ada pembagian hadiah gratis dan GanSis bisa langsung mengekor dan ikut mengantri juga biar dapat hadiahnya!
● Memberikan tip bukan hal yang lazim terjadi di Singapura. Namun bila layanan yang di dapatkan memuaskan, silakan saja memberikan tip.

Pembayaran Elektronik

Dengan muncul banyaknya aplikasi pembayaran elektronik, tidak lama lagi uang tunai akan menjadi sejarah. Pembayaran elektronik saat ini juga sudah berlaku di hampir seluruh toko di Singapura. Jadi GanSis gak perlu khawatir kalo gak bawa cash saat berbelanja.

TRANSPORTASI



MRT

Untuk urusan transportasi, ane salut dan suka banget sih sama transportasi yang ada di Singapura.
MRT mulai beroperasi pada pukul 05.30 hingga larut malam. Weekend sampe jam 12an gitu. Pernah ane pas abis nonton pertandingan Arsenal di National Stadium, masih kebagian last train. Wkwkwkkk
Harga tiket standard berkisar antara S$1,50 dan S$2,60 (termasuk biaya kartu sebesar S$0,10). Kalo di dalam jangka waktu 5 tahun ke depan masih mau ke Singapura, saran ane sih mending beli EZ-Link card aja sekalian seharga S$12 dengan value S$7. Jadi kartunya S$5 dan bisa terus di isi ulang. Kartu akan expired dalam 5 tahun. Jadi setiap ke Singapura, bisa selalu gunain kartu itu daripada beli tiket yang sekali jalan. Karna malah akan kena lebih banyak di bandingkan pake EZ-Link card.

BUS

Tarif mulai dari S$1,40. Disarankan bayar nya langsung pake uang pas aja yaa karena uang kembalian tidak akan diberikan. Jadi kalo misalnya tarif S$1,40 dan GanSis adanya S$2 an ato satu koin satu dolar sama 50 cent, maka yang 10 cent gak ada kembalian dehh..

TAKSI

Tarif mulai dari S$3,90.
Biar lebih hemat mungkin bisa pesan taksi onlen sih daripada yang regular.


KONEKTIVITAS

Wi-Fi Gratis

Pas lagi liburan ke Singapura dan bener-bener gak siapin data roaming, jangan khawatir karna GanSis bisa mendapatkan layanan free Wi-Fi dengan mendaftarkan nomor telepon di negara asal dengan Wireless@SG yang terjangkau di seluruh Singapura. Info login dan OTP atau One Time Password akan diberikan melalui SMS dengan biaya yang berlaku di luar negeri.

****

Nahh itu deh GanSis beberapa kiat yang perlu diketahui jika liburan ini bakal jadi yang pertama kalian ke negara tetangga.

Ada tips dan kiat lainnya?
Yukk share disini!




Ditulis oleh : goonerettekw
Gambar : Google Images
davianjusticemozillafirefoxdafdiv11
dafdiv11 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
8.8K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.