alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6b40fcc0cad755be6b8e94/siapakah-nama-firaun-pada-zaman-musa-berikut-2-kandidatnya
Lapor Hansip
01-09-2019 10:54
Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
Past Hot Thread
Sebagian besar dari kita, pasti masih mengira bahwa Fir'aun itu merupakan Raja yang jahat, otoriter, suka menindas, dan kejam. Namun sebenarnya, Fir'aun yang memiliki hal-hal buruk tadi, mungkin hanya sedikit dari ratusan Fir'aun yang memimpin Mesir.


Loh kok ratusan? Bukankah Fir'aun itu hanya ada satu?


Yup, Fir'aun itu berjumlah ratusan, dan Mesir sendiri memiliki sekitar 33 periode masa Pemerintahan di bawah kekuasaan "Fir'aun" . Fir'aun yang pertama bernama Teyew, ia berkuasa pada masa Dinasti awal: Mesir Hilir. Dahulu, Mesir terbagi menjadi dua, yaitu Mesir Hilir dan Mesir Hulu. Fir'aun pertama dari Dinasti awal: Mesir Hulu bernama Serket I, lalu Raja Menes dari Thebes menyatukan Mesir Hilir dengan Mesir Hulu, masa inilah yang disebut Dinasti pertama sejak bergabungnya masyarakat dari kedua Mesir kuno tersbut menjadi satu. Selama berabad-abad Fir'aun silih berganti, dan Ptolemeus XV menjadi Fir'aun terakhir di masa Dinasti Ptolemeus. Ia merupakan anak dari Cleopatra VII dengan Julius Caesar, meskipun Julius Caesar tidak mengakuinya. Dan ia disebut juga dengan Caesar kecil. 



Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnyasource picture via www.ibtimes.com 


Oh iya, setelah kita sudah mengetahui bahwa Fir'aun itu ternyata berjumlah banyak dari periode ke periode, sekarang saatnya kita perlu tahu juga, apa sih Fir'aun itu?


Fir'aun merupakan julukan bagi Raja atau Pemimpin pada masa Mesir Kuno. Bisa dibilang Fir'aun adalah Raja dalam bahasa Mesir. Nah, sesuai judul pada thread ini, kita akan membahas para kandidat Fir'aun yang mungkin hidup pada zaman Nabi Musa, dan yang terkenal dengan kisahnya yang tenggelam di Laut Merah bersama pasukannya ketika akan mengejar Nabi Musa bersama pengikutnya.


Lalu, siapakah para kandidat Fir'aun yang mungkin hidup di Zaman Nabi Musa, dan tenggelam di Laut Merah tersebut?


1. Ramesses II (1279 SM – 1213 SM)
Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

source picture via wikipedia

Ia disebut juga Ozymandias atau Ramses yang Agung. Ia merupakan Fir'aun ketiga yang berasal dari dinasti ke 19. Ramses II merupakan anak dari Seti I dengan Ratu Tuya. Ramses II dikenal sebagai Fir'aun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno. Selama ia memimpin, ia telah melakukan ekspidi ke Israel, Suriah dan Lebanon, ia juga memimpin eskpedisi ke Nubia. Ketika ia melakukan invasi ke daerah Suriah, ia melawan Pangeran dari Canaanite dan berhasil menahannya. 


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Invasi ke Suriah via upload.wikipedia.org

Selama 66 tahun ia memerintah Mesir, ia banyak melakukan pembangunan Monumen dan bangunan-bangunan besar yang bahkan hingga kini masih bisa dilihat peninggalannya. Ia melatih banyak pasukan penyerang untuk dijadikan prajurit kerajaannya, dalam bidang Pertahanan, ia memang melakukan penekanan sehingga menciptakan pasukan yang hebat. Ramses II juga memperbanyak budak untuk mengembangkan pertanian di masa itu.


2. Menephthah (1213 SM-1203 SM)


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
              source pict via id.wikipedia.org


Setelah Ramses II selesai memerintah Mesir, kekuasaanya digantikan oleh anaknya Mernepthah. Selama Mesir di bawah kekausaan Ramses II, Mernepthah menjadi Panglima Pasukan. Ada beberapa yang menyebutkan bahwa ia sebaya dengan Musa, dan menjadi saudara tiri dari Musa. Ia merupakan pemimpin ke-4 dari Dinasti ke-19. Ia memimpin Mesir selama 10 tahun. Tak banyak yang dapat dikupas dari catatan Sejarah seorang Mernemptah, namun menurut Merneptah Steele atau yang dikenal sebagai Prasasti Mernepthah, ia pernah melakukan kampanye terhadap Libya. Mungkin saja, ini dilakukan lantaran Libya sebelumnya telah jatuh kepada kekuasaan Ramses II, ayahnya. Prasasti kuno ini ditemukan Flinders Petie pada tahun 1896 di Thebes. 


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
                       source picture via id.wikipedia.org


Lalu, siapakah di antara kedua Fir'aun di atas yang merupakan Fir'aun yang tenggelam di Laut Merah? 


Selama ini sebagian besar pendapat bahwa Ramses II lah yang tenggelam pada masa itu, karena menurut catatan sejarah, ia merupakan Fir'aun yang kuat dan memiliki pasukan yang besar, bukan tidak mungkin terdapat spekulasi bahwa Fir'aun Ramses II adalah Fir'aun yang kejam dan menentang Musa dan pengikutnya. Meskipun memang ada beberapa literatur yang mengatakan bahwa Ramses II membuat suatu tradisi, jika seorang Raja memerintah lebih dari 30 tahun, maka ia harus disebut Tuhan atau Dewa. Dan juga ada yang menyebutkan bahwa ternyata Ramses II merupakan Raja yang baik dan ia merupakan ayah tiri dari Musa.


Lalu, sampai akhirnya Maurice Bucaille melakukan penelitian terhadap mumi Mernepthah yang pernah ditemukan oleh Loret di Thebes pada tahun 1898. Maurice dan timnya berhasil menemukan penyebab keamtian Fir'aun Mernepthah. Ia mengambil sempel organ mumi tersebut, dengan bantuan Prof Michfl Durigon, ia memeriksa detail dengan menggunakan mikroskop di Laboratorium Satelit di Paris, Perancis. 



Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Mumi putra Ramses II via liputan6.com


Ia menuturkan, bahwa jasad tersebut masih dalam kondisi terpelihara sempurna dan terdapat sisa-sisa mineral garam yang berasal dari laut. Ketika jasad Mernepthah terdampar, kemudian langsung diawetkan menggunakan balsem sesuai tradisi Mesir Kuno saat itu. Kemudian sang Profesor merilis laporannya berjudul Les momies des Pharaons et la midecine (Mumi Fir'aun: Sebuah Penelitian medis Modern).


Karena penelitian ini, maka spekulasi siapa Fir'aun yang tenggelam di Laut Merah pun memiliki teori lain, yaitu dia Mernepthah lah yang saat itu mati digulung ombak saat mengejar Musa bersama dengan pengikutnya. Meskipun, ada beberapa yang masih beranggapan bahwa Ramses II lah yang sebenarnya mati tenggelam dan menentang Musa dengan pengikutnya. 





Diubah oleh YogiArfan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Obama860 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 8
09-09-2019 17:22
bang yogi top thread beneran :'v
0
09-09-2019 17:29
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Ramses II mati di usia tua (lebih dari 90 tahun), dalam kondisi mengalami radang sendi kronis.
Diragukan dia bisa berjalan dengan baik di akhir hayatnya, apalagi jika mesti naik kereta perang untuk mengejar pelarian.

Untuk Merneptah, Merneptah Stele atau Israel Stele justru mencatat bagaimana dia diceritakan menggilas orang-orang israel di Kanaan, menunjukkan bahwa di era dia, sudah ada orang-orang israel di sana.

Dan kadar garam yang tinggi pada mumi tidak membuktikan mereka mati tenggelam. Praktis semua mumi memiliki kadar garam tinggi, karena proses pembalsemannya menggunakan Natron, yang mengandung kadar garam tinggi.


Luar biasa Pi One emoticon-Nyepi
0
09-09-2019 17:41
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Ramses II mati di usia tua (lebih dari 90 tahun), dalam kondisi mengalami radang sendi kronis.
Diragukan dia bisa berjalan dengan baik di akhir hayatnya, apalagi jika mesti naik kereta perang untuk mengejar pelarian.

Untuk Merneptah, Merneptah Stele atau Israel Stele justru mencatat bagaimana dia diceritakan menggilas orang-orang israel di Kanaan, menunjukkan bahwa di era dia, sudah ada orang-orang israel di sana.

Dan kadar garam yang tinggi pada mumi tidak membuktikan mereka mati tenggelam. Praktis semua mumi memiliki kadar garam tinggi, karena proses pembalsemannya menggunakan Natron, yang mengandung kadar garam tinggi.


Ohya benar pakai garam emoticon-Leh Uga
================================
Buat yg mau tw proses mumification
Bisa nonton nih video ted ed
Klo malas baca


Diubah oleh djinggo88
profile-picture
profile-picture
shinhikarugenji dan eggnostick memberi reputasi
2
09-09-2019 17:47
ane kira selama ini fir'aun cuma tutankhamun doang gan emoticon-No Hope
0
09-09-2019 17:51
berat beraaat emoticon-Ngacir Tubrukan
0
09-09-2019 18:12
firaun kalah

Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
0
09-09-2019 19:38
Firaun di masanya
0
Lapor Hansip
09-09-2019 19:50
Balasan post beritafilistin
Kemungkinan dari situ yang terjadi adalah yang banjir yang terjadi cuman terjadi di wilayah Timur Tengah sana. Tapi yang menjadi masalah juga adalah keberadaan Grand Canyon yang diklaim menyimpan segudang bukti keberadaan banjir ini. Ada juga mitologi dari Tiongkok yang uda gw jelasin tadi. Ada juga patung dan prasasti dari kebudayaan kuno yang berada di bawah laut, kayak Swedia dan Jepang.
0
Lapor Hansip
09-09-2019 21:06
Balasan post kanka1505
Quote:Original Posted By kanka1505
Kemungkinan dari situ yang terjadi adalah yang banjir yang terjadi cuman terjadi di wilayah Timur Tengah sana. Tapi yang menjadi masalah juga adalah keberadaan Grand Canyon yang diklaim menyimpan segudang bukti keberadaan banjir ini. Ada juga mitologi dari Tiongkok yang uda gw jelasin tadi. Ada juga patung dan prasasti dari kebudayaan kuno yang berada di bawah laut, kayak Swedia dan Jepang.


memang menurut kisah mitologi sumeria yg tertulis di table ke 11 epic of gilgamesh disebutkan banjirnya hanya skala 1 kota doang,itupun cuma hitungan beberapa hari ga puluhan hari seperti nabi nuh,tampaknya raja kota shuruppak(namanya diduga kuat ubarra tutu) di sumeria benar2 mengalami kebanjiran dan kesasar ke laut dengan kapal dagangnya yg berisi bir dan binatang utk perdagangan..btw kota shuruppak(dihuni 3000 SM) sendiri akhirnya diabaikan stlh kebanjiran 1000 tahun kemudian(2000 SM), and guess what? menurut analisa teolog yahudi dan kristen sendiri,memperkirakan banjir nabi nuh antara 3000-2000 SM

oh ya menurut epic of gilgamesh,yg menjadi nabi nuh adalah anak dari ubara tutu,yaitu namanya utnapishim(atau ziusudura,atau atrahasis dalam versi mitologi mesopotamia lain),namun utnapishim(utanapishim) sendiri tampaknya hanyalah tokoh mitologi,tidak seperti ubara tutu dan gilgamesh yg diyakini historis

diswedia yg mn ya?

yg dijepang tu meski mirip buatan manusia tp katanya cm bikinan alam

yg di cina adalah bukti geologis yg diklaim mungkin menginspirasi banjir dinasty xia

grand canyon gw ga tau,tp apakah waktunya cocok dengan banjir nabi nuh? dan kalau iya sekalipun ,apakah ada bukti serupa dengan timeline yg sama diberbagai belahan dunia seperti banjir nuh yg meliputi seluruh dunia?kalau tidak maka tidak bisa kita bilang banjir seluruh dunia

fyi,masalah banjir nuh tu sdh ditolak mentah2 oleh sains ,setidaknya ada 3 alasan utama yg tidak sesuai ilmiah terkait banjir nuh :

1. tidak ada tulang kapal(kayu) yg cukup kuat utk menopang beban kapal seukuran kapal nabi nuh..utk menentang ilmiah diperlukan mukjizat disini

2.tidak ada air dr seluruh bumi ini yg cukup menutupi seluruh daratan didunia ini... bahkan meski berasal dari air tanah digabung es kutub utara dan selatan mencair sekalipun..lagi dibutuhkan mukjizat disini

ini perkiraan bumi apabila seluruh es kutub mencair :
Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

https://www.nationalgeographic.com/magazine/2013/09/rising-seas-ice-melt-new-shoreline-maps/

3.yg plg fatal,apabila seluruh bumi ditutupi air,maka atmosfir akan menjadi sangat lembab dan berat..dan dalam hitungan menit,paru2 manusia bakal pecah..semua manusia punah termasuk nabi nuh,jg perlu mukjizat disini
Diubah oleh beritafilistin
profile-picture
tuhanparadewa memberi reputasi
1
09-09-2019 21:53
seruuu yesss bljr sejarahhh ginii... jd nambah pengetahuan... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
0
09-09-2019 22:14
setau gw sih Tutankhamun
0
09-09-2019 23:28
kalau pun musa tidak nyata/fiksi/karangan, lantas apa alasan dibuatnya cerita musa ? politik ? invasi bangsa lain?
0
Lihat 3 balasan
09-09-2019 23:36
Quote:Original Posted By kanka1505
Kemungkinan dari situ yang terjadi adalah yang banjir yang terjadi cuman terjadi di wilayah Timur Tengah sana. Tapi yang menjadi masalah juga adalah keberadaan Grand Canyon yang diklaim menyimpan segudang bukti keberadaan banjir ini. Ada juga mitologi dari Tiongkok yang uda gw jelasin tadi. Ada juga patung dan prasasti dari kebudayaan kuno yang berada di bawah laut, kayak Swedia dan Jepang.


@shinhikarugenji @megatron21 @berylucu
0
10-09-2019 07:47
Quote:Original Posted By eggnostick
@shinhikarugenji @megatron21 @berylucu


Omg emoticon-Malu disini bahas banjir juga. Perasaan judulnya soal musa deh
0
10-09-2019 10:42
Quote:Original Posted By salvation101


Harun yahya itu penulis buku naskah laut mati bukan gan?


lupa gw gan
0
Lapor Hansip
10-09-2019 11:50
Balasan post herrfraud
Quote:Original Posted By herrfraud
kalau pun musa tidak nyata/fiksi/karangan, lantas apa alasan dibuatnya cerita musa ? politik ? invasi bangsa lain?


kemudahan narasi dan pembuatan heroic epic.

india punya mahabarata

yunani punya iliad

yahudi ya punya kisah ini. yang jadi sentral adalah kisahnya, narasinya, maknanya mengenai apa. bukan pada tokoh/ karakter/ akurasi yang tidak menjadi masalah apakah beberapa orang dijadikan 1 untuk kepentingan narasi atau tidak.

sama seperti kisah King Arthur dan Robin Hood, gak ada satu tokoh aslinya, karena dari penelitian diketahui merupakan gabungan banyak orang dalam berbagai kisah, berbagai karangan, berbagai kejadian, dalam kurun waktu beberapa abad bahkan baru kemudian dijadikan 1 untuk kepentingan penceritaan. karena sumbernya merupakan "kisah" bukan dokumen sejarah.

moses pun berupa "kisah agama" bukan dokumen sejarah.

bagi Yahudi kisah ini dahulu dianggap sebagai penjelasan versi mereka tentang bagaimana mereka bisa "keluar" dari mesir dan mengapa mau kembali lagi ke "tanah terjanji". ini juga seakan menjadi klaim mereka bahwa tanah tersebut benar milik mereka karena diberi oleh Tuhan, melalui Moses.

padahal dari arkeologi ditemukan bahwa kemungkinan terjadi migrasi ke mesir sehubungan dengan ketidakstabilan di era akhir bronze age, dimana terjadi kekacauan besar yang membuat mesopotamia jadi bergejolak hebat. ditandai dengan banyaknya kerajaan besar yang hancur dan terjadi dark age kecil di eranya dengan terputusnya jalur perdagangan, dan perang serta konflik yang tidak berkesudahan.

https://en.wikipedia.org/wiki/Late_B...e_Age_collapse

perhatian tahun diklaim keberadaan moses sama dengan sekitaran bronze age collapse

setelah migrasi, populasi mereka terlalu besar di mesir dan mulai mendirikan negara kecil, dari catat era ini yang berlangsung ratusan tahun mereka hidup berdampingan dengan mesir. bukan sebagai budak, tetapi 2 kerajaan yang terpisah. baru setelahnya kemungkinan kerajaan yahudi ini memilih bersekutu dengan bangsa asing lainnya, hyksos (dinasti luar mesir dari arah syria, dll) yang datang menyerang wilayah mesir.

https://en.wikipedia.org/wiki/Hyksos

setelah penguasaan asing selama beberapa masa dinasti asli mesir berhasil merebut kembali kekuasaan, supremasi militer membuat kerajaan yahudi kemungkinan ikut migrasi balik bersama dengan hyksos ke syria. ada tema takut dengan pembalasan atau perbudakan karena bersekutu dengan lawan yang kalah. jadi keluar dari mesir bukan karena perbudakan tetapi karena terancam pembalasan dan juga tentunya perbudakan.

kurang lebih ini kejadian nyata yang paling masuk akal.

tentu karena kejadian ini secara moral gak begitu bagus, memalukan bahkan, tentu gak bisa dibiarkan dicatat begitu saja. karena itu digubah, ditambahin dengan elemen-elemen nilai yang luhur, moralitas kuno, dsb-nya hingga munculnya kisah tentang moses.
profile-picture
profile-picture
beyoungcarerock dan zenkerich memberi reputasi
2
Lapor Hansip
10-09-2019 13:49
Balasan post hannepin
Quote:Original Posted By hannepin

tentu karena kejadian ini secara moral gak begitu bagus, memalukan bahkan, tentu gak bisa dibiarkan dicatat begitu saja. karena itu digubah, ditambahin dengan elemen-elemen nilai yang luhur, moralitas kuno, dsb-nya hingga munculnya kisah tentang moses.


Dengan kata lain ... playvictim?
profile-picture
kunkuntoto memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-09-2019 16:03
Balasan post white wolf
Quote:Original Posted By white wolf


Dengan kata lain ... playvictim?


that might be it. emoticon-Big Grin

yang pasti kalau di sum up :

ketika epic tersebut dibuat, kebutuhan mereka adalah : menjelaskan kepada generasi muda dan penerus, :
- mengapa bangsa mereka belum lama ini berada di gurun, dalam perjalanan tersuir, dan tidak punya wilayah yang jelas dimana-mana.
- mengapa mereka tidak punya raja atau kerajaan seperti bangsa lainnya
- mengapa mereka punya banyak sekali budaya, pakaian, perlatan dan kisah yang mirip dengan produk bangsa mesir, padahal bukan orang mesir
- mengapa mereka ngotot mengklaim tanah milik bangsa lain sebagai milik mereka
- mengapa kondisi mereka seburuk ini, kaitannya dengan agama, kepercayaan dan Tuhan mereka tentunya

kurang lebih demikian.

yang unik anda bisa menemukan pararel dengan propaganda era ORBA. masih ingat dengan versi mereka dimana indonesia dijajah belanda 350 tahun? ya kurang lebih cara pikirnya begitu. agar mengarahkan emosi dan pikiran kepada satu atau beberapa kambing hitam. agar regime mereka terhindar atau punya alasan dengan berbagai permasalahan yang ada.
Diubah oleh hannepin
profile-picture
kunkuntoto memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-09-2019 22:45
0
Lapor Hansip
10-09-2019 22:54
Balasan post shinhikarugenji
@shinhikarugenji dlu pernah baca ada sumber non samawi klo gk salah sejahrawan asal romawi tacitus dan josephus yang secara eksplisit menceritakan ekseskusi seorang pendeta yahudi dengan cara disalib pada era pontius pilatus dan masih diduga ini sumber non samawi pertama yang kemungkinan mengkonfirmasi klo sosok jesus itu ada tp masih kemungkinan
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.