Beritaunik24Avatar border
TS
Beritaunik24
Respon KPAI Terkait Dihentikannya Audisi Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum


Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Susanto mengatakan pihaknya tidak berniat untuk menghentikan audisi bulu tangkis yang dilakukan PB Djarum.

Sebaliknya, KPAI mengaku mendukung audisi dan pengembangan bakat dan minat anak di bidang bulu tangkis.

“Kami harap (audisi) terus berlanjut agar prestasi anak terus tumbuh dan membanggakan Indonesia ke depan,” ujarnya dalam siaran tertulis, Minggu (8/9).

1. Audisi tidak boleh gunakan merek produk tembakau

Kendati demikian, KPAI menegaskan bahwa dalam penyelenggaraan audisi tidak boleh menggunakan nama merek, logo, termasuk brand image produk tembakau, karena telah diatur dalam PP 109 tahun 2012.

“Jadi peraturan pemerintah telah melarang. KPAI hanya menjalankan tugas agar peraturan tersebut ditaati oleh semua pihak,” kata dia.

2. PD Djarum hentikan audisi bulu tangkis 2020

Seperti diketahui, PB Djarum resmi menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkis pada 2020. Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menegaskan bahwa keputusan ini sudah bersifat final.

“Kalau sekarang ini, hari ini, saya jawab iya, final, tahun 2019 ini akan menjadi audisi terakhir. Namun jika cuacanya berubah, bisa juga berubah tergantung situasinya ada ruang atau tidak,” kata Yoppy di Purwokerto, seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/9).

Keputusan ini diakui Yoppy diambil menyusul adanya permintaan dari kementerian/lembaga yang dimotori Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) agar Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai media promosi citra merek dagang rokok Djarum melalui audisi beasiswa bulu tangkis.

“Keputusan untuk menghentikan audisi baru kita putuskan sejak rapat hari Rabu (4/9) lalu, tapi ini bukan keputusan emosional, ini sangat rasional,” kata dia.

3. Djarum Foundation kecewa program audisi umum dianggap mengeksploitasi anak

Dia mengatakan, Djarum Foundation menyayangkan jika program audisi umum dianggap mengeksploitasi anak.

“Semangat kami adalah semangat untuk menjaring calon bintang bulu tangkis masa depan, lewat audisi umum beasiswa bulu tangkis, semangat yang ada dalam setiap audisi adalah sportivitas, jangan dibawa-bawa ke ranah yang tidak ada kaitannya dengan sportivitas,” katanya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...i-bulu-tangkis
davecchio
knoopy
darwinsilb
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4
6K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.