• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengintip Wajah Ibu kota Baru Indonesia, bagaimana pendapat kalian??

sobatfAvatar border
TS
sobatf
Mengintip Wajah Ibu kota Baru Indonesia, bagaimana pendapat kalian??

Image : Kaltimpemprov.go.id


26/08/2019 kemarin, Mr. Presiden Jokowi Dodo resmi mengumumkan wilayah yang akan dijadikan ibukota negara Indonesia. Pulau Borneo atau Kalimantan yang disebut-sebut akan ditunjuk sebagai ibukota baru pun memberikan opsi berbagai provinsi dan kabupaten yang ada disana. Dari sekian kandidat kabupaten/kota, 2 nama kabupaten yaitu Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara resmi ditunjuk sebagai ibu kota baru NKRI yang ditegaskan langsung oleh Mr. Presiden:

Quote:


Melihat penuturan Mr. Presiden tersebut marilah kita sedikit mengintip wilayah-wilayah yang kemungkinan akan menjadi bagian dari Ibu Kota baru negara Indonesia.


1. PENAJAM PASER UTARA

Indonesiainside.id

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merupakan wilayah yang terletak diseberang kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kabupaten ini memang tak seramai dan sepadat kabupaten Kutai Kertanegara, namun Kabupaten ini mempunyai wilayah yang sangat luas dan kondisi alam yang masih asri serta sumber daya alam yang sangat melimpah.


2. SEPAKU

Image : Jawapos.com

Kecamatan Sepaku merupakan bagian dari wilayah kabupaten PPU yang sangat mungkin menjadi wajah baru ibu kota Negara Indonesia. Pasalnya, wilayah ini merupakan jalan poros menuju ke wilayah bukit Soeharto yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara.


3. ITCHI

Image : andielimsahara.wordpress.com

Jika kalian pernah melihat gambar pohon Agathis terbesar di Indonesia atau bahkan didunia, mungkin salah satunya ada di kecamatan Itchi, Kabupaten PPU. Diwilayah ini memang masih terkenal dengan hutannya yang masih asri dan lebat. Selain itu Itchi juga terletak diantara Kab. PPU dan Kab. Kukar (Kutai Kertanegara)


4. SOTEK

Image : Bakikpapanbiker.blogspot.com

Sama seperti Itchi dan Sepaku, kec. Sotek juga masih bagian dari Kab. PPU yang berbatasan langsung dengan Kab. Kukar. Wilayah yang mayoritas penduduknya bercocok tanam sawit ini pastinya tidak akan luput mewarnai wajah baru Ibu Kota NKRI nantinya.


5. SAMBOJA

Image : Kaltim.prokal.co.id

Beralih ke wilayah Kutai Kertanegara. Setelah Bukit Soeharto dicoret sebagai kandidat Ibu Kota negara Indonesia kerena berstatus hutan lindung, nama Kecamatan Samboja mungkin saja bisa menjadi pilihan wilayah Ibu Kota baru. Wilayah yang terletak di antara Kota Balikpapan & Kota Samarinda ini nantinya mungkin akan menjadi bagian dari wilayah Ibu Kota Baru Indonesia.


6. TENGGARONG

Image : RRI.co.id

Tenggarong merupakan kota yang terletak di kab. Kutai Kertanegara. Kota budaya yang penuh objek wisata dan keindahan ini, mungkin saja bisa menjadi bagian dari wilayah Ibu kota baru NKRI mengingat kota Tenggarong memiliki sejarah yang penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia.



Itulah tadi, beberapa wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara & Kutai Kertanegara yang mungkin akan jadi bagian dari wilayah baru Ibu Kota Negara Indonesia. Sebagai warga yang cinta tanah air, sebaiknya kita tidak berfikir negatif atas kepindahan ibu kota ini. Mudah-mudahan dengan ibu kota baru, Indonesia akan semakin sejahtera, tentram, dan makmur seperti makna yang terkandung dalam pancasila.





Sumber referensi berita : Opini Pribadi
blunar
agungdar2494
kepala.hitam46
kepala.hitam46 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.