alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75154b9a972e166b010298/makanan-pokok-khas-buton-quotkasuamiquot-tak-kalah-enak-dengan-nasi
Lapor Hansip
08-09-2019 21:50
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
Past Hot Thread
Assalamualaikum selamat mengakhiri liburan hehe

Berbicara tentang liburan ke suatu tempat biasanya setiap daerah pasti punya ke khasan masing-masingkan yang bikin dia beda dari daerah-daerah lain mulai dari kultur, tempat-tempat wisata atau makanan khas dari daerah tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas kali ini saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari daerah saya Buton tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kalau teman-teman lagi mampir atau jalan-jalan ke pulau Buton kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi salah satu makanan yang palik eksis dari dulu sampai sekarang di sana, namanya “kasuami” teman-teman pasti penasarankan kasuami itu jenis makanan seperti apa sih? Punya istri atau gimana? Biar saya jelaskan, hehe..

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
"
https://instastuck.com/media/Brg63z2gksX

Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi kalau lagi kekurangan beras si kasuami ini bisa dijadikan sebagai pendamping lauk-pauk yang tersedia.

Untuk pembuatannya pun terbilang unik dan agak ribet sih dibanding masak nasi karna pengolahannya yang lumayan panjang, cuma untuk praktisnya bisa dibeli kok kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Tenggara khususnya Buton wkwk.

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/l...5dcc212e61.jpg

Cara pembuatan:
1. Singkong yang telah dikupas kulitnya dibersihkan dengan air, kemudian diparut.
2. Hasil parutan itu kemudian dibungkus dengan kain karoro lalu dimasukkan ke dalam kayu jepitan. Biasanya, agar cepat, kayu jepitan yang dibuat khusus kadang diduduki dua sampai tiga orang agar airnya cepat kering.
3. Setelah airnya keluar, dia sudah berbentuk segi empat yang disebut kaupi.
4. Kaupi ini difermentasi dua sampai tiga hari dan selanjutnya kaupi dikukus sampai matang.
5. Kaupi dikukus dengan alat yang terbuat dari anyaman daun kalapa dan berbentuk kerucut lalu dimasak menggunakan periuk tanah, dimana mulut periuk berbentuk bundar. Kaupi yang telah masak inilah yang disebut kasuami. (dilansir dari kompasiana)

Kasuami ini paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit “suami-istri” gitu dijamin dah tuh menggugah selera apa lagi kalau menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun kenyang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
09-09-2019 13:58
Quote:Original Posted By ahlifosil
Difermentasikannya pake apa gan tuh, apakah cukup didiamkan saja atau ditambah ragi gt.
Kayanya sih enak gan, bisa buat menu diet gak ya kira kira wkwk


Didiamkan aja kak. Bisa, asal gak lagi sakit gigi takutnya gak bisa digigit kak hehe
0
09-09-2019 17:38
Quote:Original Posted By pzwildaas
Wah apaan tuh?😅


Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Makanan ini khas-nya Gunung Kidul, Yogyakarta. Terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terus ditumbuk ditambah gula jawa. Rasanya manis khas singkong, warnanya kecoklatan berpadu dengan rasa gurih dari parutan kelapa.
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1
09-09-2019 17:40
Quote:Original Posted By durexz
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Makanan ini khas-nya Gunung Kidul, Yogyakarta. Terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terus ditumbuk ditambah gula jawa. Rasanya manis khas singkong, warnanya kecoklatan berpadu dengan rasa gurih dari parutan kelapa.


Wihh enak kayaknya
profile-picture
durexz memberi reputasi
1
09-09-2019 22:51
Quote:Original Posted By pzwildaas
Wihh enak kayaknya


Liburan kesini dong makanya biar bisa nyobain rasanya kek gimana. emoticon-Big Grin
0
09-09-2019 23:02
langsung lapar
0
09-09-2019 23:02
wuih wuihhh sepertinya boleh nih dicoba. apalagi pake ikan bakar sama sambel kaya kata ts hehehe
0
09-09-2019 23:06
Makanan
0
09-09-2019 23:12
berabe bener buatnya gan emoticon-Ngacir
0
09-09-2019 23:12
ihhh pengen nyoba deh, mesti enak nih. keren ya indonesia kulinernya banyak bgt hihihi
0
09-09-2019 23:13
enak nih.... 😍😍
ane kira dari sagu..ternyata dari singkong bahane
0
09-09-2019 23:14
rasanya pasti maknyuuus ni.
Diubah oleh abuahmed91
0
09-09-2019 23:15
wah ternyata singkong yak? ane kira masih kayak nasi, tapi macemnya di liwet gitu atau di uduk kayak disini, jadi penasaran nih ane pengen cobain. cus ah kapan2 cobain resepnyaaa
0
09-09-2019 23:17
ane sih lagi diet gan.
tapi kadang-kadang nasi diganti sama singkong dibikin kaya mash potato, tapi boleh juga nih variasi yang berbeda.
0
09-09-2019 23:34
Quote:Original Posted By pzwildaas


Yuk jalan-jalan ke sultra😁


tekstur makanannya kenyal-kenyal nggak?
soalnya di pulau jawa juga ada makanan tradisional dari singkong yang dikukus dibungkus daun pisang rasanya manis dan kenyal, dulu pernah coba makan cuma lupa namanya emoticon-Big Grin
0
09-09-2019 23:36
duhhh gan jd pengen
0
09-09-2019 23:36
wih baru pernah denger nih, yg ane tau selama ini pengganti nasi yg terkenal itu cuma ketupat, lontong, sm papeda emoticon-Ngakak
0
09-09-2019 23:43
ah elah salah jam nih liat thread bgini malem malem
cacing perut ane jadi paduan suara semua

0
09-09-2019 23:46
wah enak nih jadi pengen deh hahahahà mantulll gan
0
10-09-2019 00:07
kirim ke rumah ane
0
10-09-2019 00:25
Singkong emoticon-2 Jempol
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.