alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6b40fcc0cad755be6b8e94/siapakah-nama-firaun-pada-zaman-musa-berikut-2-kandidatnya
Lapor Hansip
01-09-2019 10:54
Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
Past Hot Thread
Sebagian besar dari kita, pasti masih mengira bahwa Fir'aun itu merupakan Raja yang jahat, otoriter, suka menindas, dan kejam. Namun sebenarnya, Fir'aun yang memiliki hal-hal buruk tadi, mungkin hanya sedikit dari ratusan Fir'aun yang memimpin Mesir.


Loh kok ratusan? Bukankah Fir'aun itu hanya ada satu?


Yup, Fir'aun itu berjumlah ratusan, dan Mesir sendiri memiliki sekitar 33 periode masa Pemerintahan di bawah kekuasaan "Fir'aun" . Fir'aun yang pertama bernama Teyew, ia berkuasa pada masa Dinasti awal: Mesir Hilir. Dahulu, Mesir terbagi menjadi dua, yaitu Mesir Hilir dan Mesir Hulu. Fir'aun pertama dari Dinasti awal: Mesir Hulu bernama Serket I, lalu Raja Menes dari Thebes menyatukan Mesir Hilir dengan Mesir Hulu, masa inilah yang disebut Dinasti pertama sejak bergabungnya masyarakat dari kedua Mesir kuno tersbut menjadi satu. Selama berabad-abad Fir'aun silih berganti, dan Ptolemeus XV menjadi Fir'aun terakhir di masa Dinasti Ptolemeus. Ia merupakan anak dari Cleopatra VII dengan Julius Caesar, meskipun Julius Caesar tidak mengakuinya. Dan ia disebut juga dengan Caesar kecil. 



Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnyasource picture via www.ibtimes.com 


Oh iya, setelah kita sudah mengetahui bahwa Fir'aun itu ternyata berjumlah banyak dari periode ke periode, sekarang saatnya kita perlu tahu juga, apa sih Fir'aun itu?


Fir'aun merupakan julukan bagi Raja atau Pemimpin pada masa Mesir Kuno. Bisa dibilang Fir'aun adalah Raja dalam bahasa Mesir. Nah, sesuai judul pada thread ini, kita akan membahas para kandidat Fir'aun yang mungkin hidup pada zaman Nabi Musa, dan yang terkenal dengan kisahnya yang tenggelam di Laut Merah bersama pasukannya ketika akan mengejar Nabi Musa bersama pengikutnya.


Lalu, siapakah para kandidat Fir'aun yang mungkin hidup di Zaman Nabi Musa, dan tenggelam di Laut Merah tersebut?


1. Ramesses II (1279 SM – 1213 SM)
Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

source picture via wikipedia

Ia disebut juga Ozymandias atau Ramses yang Agung. Ia merupakan Fir'aun ketiga yang berasal dari dinasti ke 19. Ramses II merupakan anak dari Seti I dengan Ratu Tuya. Ramses II dikenal sebagai Fir'aun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno. Selama ia memimpin, ia telah melakukan ekspidi ke Israel, Suriah dan Lebanon, ia juga memimpin eskpedisi ke Nubia. Ketika ia melakukan invasi ke daerah Suriah, ia melawan Pangeran dari Canaanite dan berhasil menahannya. 


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Invasi ke Suriah via upload.wikipedia.org

Selama 66 tahun ia memerintah Mesir, ia banyak melakukan pembangunan Monumen dan bangunan-bangunan besar yang bahkan hingga kini masih bisa dilihat peninggalannya. Ia melatih banyak pasukan penyerang untuk dijadikan prajurit kerajaannya, dalam bidang Pertahanan, ia memang melakukan penekanan sehingga menciptakan pasukan yang hebat. Ramses II juga memperbanyak budak untuk mengembangkan pertanian di masa itu.


2. Menephthah (1213 SM-1203 SM)


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
              source pict via id.wikipedia.org


Setelah Ramses II selesai memerintah Mesir, kekuasaanya digantikan oleh anaknya Mernepthah. Selama Mesir di bawah kekausaan Ramses II, Mernepthah menjadi Panglima Pasukan. Ada beberapa yang menyebutkan bahwa ia sebaya dengan Musa, dan menjadi saudara tiri dari Musa. Ia merupakan pemimpin ke-4 dari Dinasti ke-19. Ia memimpin Mesir selama 10 tahun. Tak banyak yang dapat dikupas dari catatan Sejarah seorang Mernemptah, namun menurut Merneptah Steele atau yang dikenal sebagai Prasasti Mernepthah, ia pernah melakukan kampanye terhadap Libya. Mungkin saja, ini dilakukan lantaran Libya sebelumnya telah jatuh kepada kekuasaan Ramses II, ayahnya. Prasasti kuno ini ditemukan Flinders Petie pada tahun 1896 di Thebes. 


Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
                       source picture via id.wikipedia.org


Lalu, siapakah di antara kedua Fir'aun di atas yang merupakan Fir'aun yang tenggelam di Laut Merah? 


Selama ini sebagian besar pendapat bahwa Ramses II lah yang tenggelam pada masa itu, karena menurut catatan sejarah, ia merupakan Fir'aun yang kuat dan memiliki pasukan yang besar, bukan tidak mungkin terdapat spekulasi bahwa Fir'aun Ramses II adalah Fir'aun yang kejam dan menentang Musa dan pengikutnya. Meskipun memang ada beberapa literatur yang mengatakan bahwa Ramses II membuat suatu tradisi, jika seorang Raja memerintah lebih dari 30 tahun, maka ia harus disebut Tuhan atau Dewa. Dan juga ada yang menyebutkan bahwa ternyata Ramses II merupakan Raja yang baik dan ia merupakan ayah tiri dari Musa.


Lalu, sampai akhirnya Maurice Bucaille melakukan penelitian terhadap mumi Mernepthah yang pernah ditemukan oleh Loret di Thebes pada tahun 1898. Maurice dan timnya berhasil menemukan penyebab keamtian Fir'aun Mernepthah. Ia mengambil sempel organ mumi tersebut, dengan bantuan Prof Michfl Durigon, ia memeriksa detail dengan menggunakan mikroskop di Laboratorium Satelit di Paris, Perancis. 



Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Mumi putra Ramses II via liputan6.com


Ia menuturkan, bahwa jasad tersebut masih dalam kondisi terpelihara sempurna dan terdapat sisa-sisa mineral garam yang berasal dari laut. Ketika jasad Mernepthah terdampar, kemudian langsung diawetkan menggunakan balsem sesuai tradisi Mesir Kuno saat itu. Kemudian sang Profesor merilis laporannya berjudul Les momies des Pharaons et la midecine (Mumi Fir'aun: Sebuah Penelitian medis Modern).


Karena penelitian ini, maka spekulasi siapa Fir'aun yang tenggelam di Laut Merah pun memiliki teori lain, yaitu dia Mernepthah lah yang saat itu mati digulung ombak saat mengejar Musa bersama dengan pengikutnya. Meskipun, ada beberapa yang masih beranggapan bahwa Ramses II lah yang sebenarnya mati tenggelam dan menentang Musa dengan pengikutnya. 





Diubah oleh YogiArfan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Obama860 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
01-09-2019 17:02
Ramses II mati di usia tua (lebih dari 90 tahun), dalam kondisi mengalami radang sendi kronis.
Diragukan dia bisa berjalan dengan baik di akhir hayatnya, apalagi jika mesti naik kereta perang untuk mengejar pelarian.

Untuk Merneptah, Merneptah Stele atau Israel Stele justru mencatat bagaimana dia diceritakan menggilas orang-orang israel di Kanaan, menunjukkan bahwa di era dia, sudah ada orang-orang israel di sana.

Dan kadar garam yang tinggi pada mumi tidak membuktikan mereka mati tenggelam. Praktis semua mumi memiliki kadar garam tinggi, karena proses pembalsemannya menggunakan Natron, yang mengandung kadar garam tinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lin.thang dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Lihat 4 balasan
01-09-2019 18:50
ane nyimak aja gan,dan ane mo nanya nih gan
tenggelemnya di laut merah kan? diselat antara sinai ya?
profile-picture
kaskushunters memberi reputasi
1
01-09-2019 21:38
artikel dan "ilmuwan"(maurice buccaille) rujuan ts adalah seorang pseudoscience.reputasinya cari tau sendiri deh gimana,dan seperti yg sdh dibilang diatas..maurice buccaille mengklaim bahwa jejak garam dalam mumi yg ia klaim sebagai mumi firaun adalah bukti tu mumi bekas tenggelam dilaut,ia ga tau atau mngkn hny pura pura bego bahwa kandungan garam yg tinggi itu dari proses mumifikasi

lagian artikel bahasa indonesia terkait arkeologi alkitab Biasanya byk ngaconya(kalau ga selalu ngaco,entah apakah disengaja cm utk tujuan tertentu),yakinlah begitu loe bandingin sama sumber bukti awalnya pasti kesimpulannya beda sama artikel versi indonesiaemoticon-Cape d...



bukti bukti eksodus musa sejauh ini sangatlah lemah,sebegitu lemahnya sehingga menjadi janggal kalau kita yakin eksodus tersebut terjadi dalam makna literal dan angka statistik yg disebut alkitab,meski demikian ada sedikit bukti bukti kecil bahwa ada persinggungan dan pengaruh semitik di mesir : arkeolog setuju bahwa ada kandungan nilai historis dari event tersebut,meski mereka skeptis akan kisah narasi eksodus musa versi kitab suci

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinistergaze dan 7 lainnya memberi reputasi
6
04-09-2019 10:18
Quote:Original Posted By beritafilistin
artikel dan "ilmuwan"(maurice buccaille) rujuan ts adalah seorang pseudoscience.reputasinya cari tau sendiri deh gimana,dan seperti yg sdh dibilang diatas..maurice buccaille mengklaim bahwa jejak garam dalam mumi yg ia klaim sebagai mumi firaun adalah bukti tu mumi bekas tenggelam dilaut,ia ga tau atau mngkn hny pura pura bego bahwa kandungan garam yg tinggi itu dari proses mumifikasi

lagian artikel bahasa indonesia terkait arkeologi alkitab Biasanya byk ngaconya(kalau ga selalu ngaco,entah apakah disengaja cm utk tujuan tertentu),yakinlah begitu loe bandingin sama sumber bukti awalnya pasti kesimpulannya beda sama artikel versi indonesiaemoticon-Cape d...



bukti bukti eksodus musa sejauh ini sangatlah lemah,sebegitu lemahnya sehingga menjadi janggal kalau kita yakin eksodus tersebut terjadi dalam makna literal dan angka statistik yg disebut alkitab,meski demikian ada sedikit bukti bukti kecil bahwa ada persinggungan dan pengaruh semitik di mesir : arkeolog setuju bahwa ada kandungan nilai historis dari event tersebut,meski mereka skeptis akan kisah narasi eksodus musa versi kitab suci



maurice bucaille mirip harun yahya , pseudoscience.
gw pernah baca , harun yahya ditangkap polisi turki karena kasus pseudoscience ini.
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
04-09-2019 10:21
Balasan post BMAGLY
Quote:Original Posted By BMAGLY


maurice bucaille mirip harun yahya , pseudoscience.
gw pernah baca , harun yahya ditangkap polisi turki karena kasus pseudoscience ini.


ni daftar tuntutannya :

mendirikan organisasi untuk melakukan kejahatan, eksploitasi seksual anak-anak, kekerasan seksual, penahanan anak, pemerasan, politik dan spionase militer, eksploitasi perasaan dan keyakinan agama dengan tujuan penipuan, pelanggaran terhadap kesucian hidup pribadi, pemalsuan, pelanggaran undang-undang anti-terorisme, dan penyelundupan.

0
04-09-2019 10:24
Quote:Original Posted By beritafilistin


ni daftar tuntutannya :

mendirikan organisasi untuk melakukan kejahatan, eksploitasi seksual anak-anak, kekerasan seksual, penahanan anak, pemerasan, politik dan spionase militer, eksploitasi perasaan dan keyakinan agama dengan tujuan penipuan, pelanggaran terhadap kesucian hidup pribadi, pemalsuan, pelanggaran undang-undang anti-terorisme, dan penyelundupan.



beuh
mantap infonya kk :thumbsup
0
04-09-2019 10:36
Quote:https://id.wikipedia.org/wiki/Firaun_dalam_Alkitab

Alkitab mengisahkan bagaimana bangsa Israel diperbudak di Mesir dan kemudian kabur di bawah pimpinan Musa. Sekitar satu atau dua firaun terlibat, "firaun penindas" yang memperbudak bangsa Israel, dan "firaun eksodus" pada saat bangsa Israel kabur. Kisah Alkitab tersebut berasal dari penulisan Taurat itu sendiri, tidak ada nama atau informasi yang diberikan untuk mengidentifikasikan masa dimana peristiwa tersebut terjadi. Terdapat beberapa pendapat bahwa beberapa penguasa Mesir terlibat. Taurat Lisan dan sumber-sumber Rabbinik menyatakan bahwa Bait Allah Pertama berdiri selama 410 tahun dan Seder Olam Rabbah (sekitar abad ke-2 Masehi) dibangun pada 832 SM dan hancur pada 422 SM (3338 AM), 165 tahun lebih maju ketimbang prakiraan sekuler. Seder Olam Rabbah menandakan peristiwa Eksodus terjadi pada tahun 2448 AM (1313 SM). Tanggal tersebut menjadi tradisional dalam Yudaisme Rabbinik.[4] 1 Raja-Raja 6:1 menyatakan bahwa Eksodus terjadi 480 tahun sebelum pembangunan Bait Salomo, yang bila diimplikasikan ke dalam penanggalan sekuler menjadi sekitar 1477 SM, atau tanggal rabbinik 2448 AM (1313 SM), keduanya pada masa Dinasti Kedelapan Belas Mesir, yang pertama pada masa permulaannya dan yang terakhir pada masa akhirnya.[5] Selain itu, dinasti ke-18 merupakan awal Kerajaan Mesir Baru, yang disusul pengusiran Hyksos dan raja terakhir mereka Khamudi (sekitar 1522 atau 1540 SM) dari Avaris di kawasan timur laut Delta Nil, menandai akhir Periode Intermediasi Kedua.[6]


apakah Hyksos & Khamudi punya kuburan jg ?

apakah semua firaun punya kuburan ?

apakah benar kalo firaun pd masa 10 Tulah Mesir & firaun pd masa exodus adlh firaun yg berbeda ? (kl di PL, bilangnya cmn firaun berubah pikiran)

pernah gitu ada film tentang Musa, yg nampilin firaun penindas & firaun exodus adlh org berbeda (yg firaun exodus dibilang Ramses katanya)
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
05-09-2019 11:05
Balasan post dragonroar
Quote:Original Posted By dragonroar
apakah Hyksos & Khamudi punya kuburan jg ?

Hyksos merujuk ke kaum pendatang dari Asia barat, yang mendirikan dinasti ke-15 setelah menaklukkan Mesir.
Khamudi raja mereka.
Dan AFAIK, Hyksos menjalankan tradisi penguburan kuda, yang berbeda dengan tradisi mumifikasi.

Quote:Original Posted By dragonroar
apakah semua firaun punya kuburan ?

Kuburan? Kemungkinan Ya.
Meski pembuatan piramida mungkin baru dimulai di dinasti ke-3.
Tak semua raja dikubur atau jasadnya disimpan di piramida.
Mereka punya tempat lain untuk mengubur para firaun dan keluarga kerajaan lain, misal di lembah para raja (Valley of the Kings)

Quote:Original Posted By dragonroar
apakah benar kalo firaun pd masa 10 Tulah Mesir & firaun pd masa exodus adlh firaun yg berbeda ? (kl di PL, bilangnya cmn firaun berubah pikiran)

pernah gitu ada film tentang Musa, yg nampilin firaun penindas & firaun exodus adlh org berbeda (yg firaun exodus dibilang Ramses katanya)

Masalahnya adalah baik eksodus maupun sosok Musa sulit dilacak secara historis.
Apalagi mau mencari firaun yang berkuasa di era eksodus (dan itu bahkan juga sudah mengabaikan kalau firaunnya adalah saudara angkat Musa atau semacamnya, atau mati di laut).
0
08-09-2019 22:18
Musa saja masih dipertanyakan apakah beneran ada secara historis atau tidak
Dugaan paling kuat ya musa adalah raja mesir ahmose yang berhasil mengusir bangsa hyksos (semit) keluar dr mesir
Tp ini masih dugaan para ahli sejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beritafilistin dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-09-2019 23:49
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Ramses II mati di usia tua (lebih dari 90 tahun), dalam kondisi mengalami radang sendi kronis.
Diragukan dia bisa berjalan dengan baik di akhir hayatnya, apalagi jika mesti naik kereta perang untuk mengejar pelarian.

Untuk Merneptah, Merneptah Stele atau Israel Stele justru mencatat bagaimana dia diceritakan menggilas orang-orang israel di Kanaan, menunjukkan bahwa di era dia, sudah ada orang-orang israel di sana.

Dan kadar garam yang tinggi pada mumi tidak membuktikan mereka mati tenggelam. Praktis semua mumi memiliki kadar garam tinggi, karena proses pembalsemannya menggunakan Natron, yang mengandung kadar garam tinggi.


Quote:Original Posted By beritafilistin
artikel dan "ilmuwan"(maurice buccaille) rujuan ts adalah seorang pseudoscience.reputasinya cari tau sendiri deh gimana,dan seperti yg sdh dibilang diatas..maurice buccaille mengklaim bahwa jejak garam dalam mumi yg ia klaim sebagai mumi firaun adalah bukti tu mumi bekas tenggelam dilaut,ia ga tau atau mngkn hny pura pura bego bahwa kandungan garam yg tinggi itu dari proses mumifikasi

lagian artikel bahasa indonesia terkait arkeologi alkitab Biasanya byk ngaconya(kalau ga selalu ngaco,entah apakah disengaja cm utk tujuan tertentu),yakinlah begitu loe bandingin sama sumber bukti awalnya pasti kesimpulannya beda sama artikel versi indonesiaemoticon-Cape d...



bukti bukti eksodus musa sejauh ini sangatlah lemah,sebegitu lemahnya sehingga menjadi janggal kalau kita yakin eksodus tersebut terjadi dalam makna literal dan angka statistik yg disebut alkitab,meski demikian ada sedikit bukti bukti kecil bahwa ada persinggungan dan pengaruh semitik di mesir : arkeolog setuju bahwa ada kandungan nilai historis dari event tersebut,meski mereka skeptis akan kisah narasi eksodus musa versi kitab suci



kesimpulannya, ke2 firaun tsb diatas itu, bukan hidup semasa nabi musa ya, gan ??
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
09-09-2019 09:01
Balasan post yoseful
Quote:Original Posted By yoseful
kesimpulannya, ke2 firaun tsb diatas itu, bukan hidup semasa nabi musa ya, gan ??

Sulit menjawab pertanyaan ini dengan satu alasan sederhana:
Kita tak punya bukti historis akan Musa.
Kita tak tahu kapan dia hidup, atau sejauh mana kebenaran kisahnya.
Kita bahkan gak tahu apa dia benar eksis.
Sumbernya hanya kisah dari agama samawi.

Yang bisa kita katakan adalah baik Ramses II maupun Merneptah tidak mati tenggelam.
profile-picture
profile-picture
konodioda dan eggnostick memberi reputasi
2
Lapor Hansip
09-09-2019 10:11
Balasan post yoseful
Quote:Original Posted By yoseful




kesimpulannya, ke2 firaun tsb diatas itu, bukan hidup semasa nabi musa ya, gan ??


apabila menafsirkan scr literal hitung2an angka,umur,dan tahun dalam alkitab maka masa ramses II mendekati firaun yg di maksud,namun ciri ciri ramses II ga cocok dengan ciri ciri kisah firaun lawannya musa di alkitab.

lagipula sekolah teolog kristen dan yahudi dibarat sana sdh lama mendorong murid2nya agar membuka diri akan penafsiran alkitab scr metafora apabila bukti arkeologi tidak cocok dengan literal alkitab,agar tidak menimbulkan konflik batin bagi calon pemuka2 agama tersebut

penulis alkitab sendiri tampaknya memang sdh menjelaskan bahwa tulisannya adalah wisdom yg disampaikan scr metafora :

Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya
0
09-09-2019 11:39
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Sulit menjawab pertanyaan ini dengan satu alasan sederhana:
Kita tak punya bukti historis akan Musa.
Kita tak tahu kapan dia hidup, atau sejauh mana kebenaran kisahnya.
Kita bahkan gak tahu apa dia benar eksis.
Sumbernya hanya kisah dari agama samawi.

Yang bisa kita katakan adalah baik Ramses II maupun Merneptah tidak mati tenggelam.


Quote:Original Posted By beritafilistin


apabila menafsirkan scr literal hitung2an angka,umur,dan tahun dalam alkitab maka masa ramses II mendekati firaun yg di maksud,namun ciri ciri ramses II ga cocok dengan ciri ciri kisah firaun lawannya musa di alkitab.

lagipula sekolah teolog kristen dan yahudi dibarat sana sdh lama mendorong murid2nya agar membuka diri akan penafsiran alkitab scr metafora apabila bukti arkeologi tidak cocok dengan literal alkitab,agar tidak menimbulkan konflik batin bagi calon pemuka2 agama tersebut

penulis alkitab sendiri tampaknya memang sdh menjelaskan bahwa tulisannya adalah wisdom yg disampaikan scr metafora :

Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya

Siapakah Nama Fir'aun Pada Zaman Musa? Berikut 2 Kandidatnya


hmm, berbeda dgn sosok nabi isa ataupun nabi muhammad yg tercatat dlm tulisan2 sejarah, maka kasus nabi musa itu, sampe skrg ini, masih belum atau sama sekali tiada catatan sejarah nya yg tertulis maupun yg tergambar ya, gan ??
0
Lihat 5 balasan
Lapor Hansip
09-09-2019 11:55
Balasan post yoseful
Quote:Original Posted By yoseful




hmm, berbeda dgn sosok nabi isa ataupun nabi muhammad yg tercatat dlm tulisan2 sejarah, maka kasus nabi musa itu, sampe skrg ini, masih belum atau sama sekali tiada catatan sejarah nya yg tertulis maupun yg tergambar ya, gan ??


jgn kan nabi musa,sekian byk tokoh alkitab perjanjian lama/tanakh,hanya ada 53 tokoh yg ditemukan sejauh ini,hampir seluruhnya cm figuran di alkitab,kecuali raja daud dan nabi isaiah yg dianggap benar2 penting terkait spiritual kristen dan yahudi

https://www.biblicalarchaeology.org/daily/people-cultures-in-the-bible/people-in-the-bible/50-people-in-the-bible-confirmed-archaeologically/


profile-picture
j4t1_d1r1 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
09-09-2019 12:56
Balasan post yoseful
Quote:Original Posted By yoseful
hmm, berbeda dgn sosok nabi isa ataupun nabi muhammad yg tercatat dlm tulisan2 sejarah, maka kasus nabi musa itu, sampe skrg ini, masih belum atau sama sekali tiada catatan sejarah nya yg tertulis maupun yg tergambar ya, gan ??

Bahkan mengenai sosok Yesus/Yeshua/Isa, meski kemungkinan dia memang sosok historis, catatan historis mengenai dia sulit dikonfirmasi.
Selain bahwa dia telah dihukum salib di era Pontius Pilatus, sisanya kurang jelas.
profile-picture
j4t1_d1r1 memberi reputasi
1
09-09-2019 13:03
Masih susah ditelusuri ya.
0
09-09-2019 13:03
Ramses 2 lah...Insya Allah

Semua bukti sudah menunjukkan
0
09-09-2019 13:04
ramses

klo gak gilgamesh :nyantai
0
Lihat 1 balasan
09-09-2019 13:06
Banyak yg bilang rejim skrg ini kayak Firaun? emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh giacartone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuko dan 2 lainnya memberi reputasi
-1
09-09-2019 13:09
Quote:Original Posted By BMAGLY
maurice bucaille mirip harun yahya , pseudoscience.
gw pernah baca , harun yahya ditangkap polisi turki karena kasus pseudoscience ini.


Harun yahya itu penulis buku naskah laut mati bukan gan?
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.