• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bandingkan! Pilih Komunitas Online atau Offline? Ini Kelebihan dan Kekurangannya gan!

deriandroid18Avatar border
TS
deriandroid18
Bandingkan! Pilih Komunitas Online atau Offline? Ini Kelebihan dan Kekurangannya gan!


Komunitas dan  Perkembangannya

Perkumpulan orang-orang yang memiliki visi misi / hobi  dan tujuan yang sama dalam suatu wadah maka bisa dikatakan itu sebuah komunitas / organisasi.

Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, maka bersosialisasi dengan manusia lain adalah hal yang harus dijalani. Mau tidak mau suka tidak suka, ya memang harus!!!
Salah satu bersosialisasi adalah berkomunitas ataupun berorganisasi. Pentingnya apa buat kita?
Banyak dong, Nanti aku kasih tahu, sekarang aku akan mengupas 2 buah mangga dulu sebagai cemilan untuk menemani obrolan kita kali ini.

A few moment later...

5 Minutes Later...

Seven Minute Thirty Second Later...

Two hours Later...

Baiklah, irisan mangga sudah berada dalam sebuah piring dengan garpu kecil menancap diatasnya. Mari kita santap!!!

Lanjut..



Quote:





Sebelum era digital menginvasi umat manusia komunitas sudah banyak berdiri dikalangan anak muda hingga orang tua, sebut saja diantaranya : Komunitas motor, Komunitas Pecinta Hewan, Komunitas Sepeda, Komunitas Burung Dara, Komunitas Bubur Ayam diaduk juga ada emoticon-Ngakak (S).

Kok bisa banyak berdiri komunitas begitu? ya karena suatu kesamaan hobi, kesamaan tujuan, dll

Biasanya para komunitas sering kali mengadakan perkumpulan bersama anggota-anggotanya. Atau kini lebih dikenal sebagai "Kopdar", tujuannya macam-macam, silaturahmi antar anggota komunitas tersebut, sharing ilmu, diskusi, bertukar pikiran ditemani sedikit tawa membuyarkan suasana tentu sangat mengasyikan bukan? Bahkan ketika ada suatu bencana alam, komunitas bisa menggerakan anggotanya melakukan penggalangan dana di masyarakat. prok prok prok keren

Dalam berkomunitas kamu akan banyak menemukan orang-orang dengan multi karakter,ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untukmu dalam menjalin hubungan baik dengan anggota-anggota komunitas, perseteruan dengan anggota lainpun terkadang tak dapat dihindari, namun inilah positifnya, kamu dapat mendewasakan diri dalam menghadapi masalah dengan oranglain. Semakin lama kamu akan semakin belajar kok.

Tak hanya itu, manfaat lainpun bisa kamu dapat dalam sebuah komunitas.

o  Kamu bisa belajar apa yang tidak bisa kamu kuasai, misal; Kamu tidak bisa menggambar dan ingin sekali menggambar? kamu bisa berlatih dengan anggota komunitas yang bisa menggambar, pasti ada. atau kamu tak mengerti dunia komputer? kamu bisa minta belajar juga sama anggota komunitas yang mahir dibidang itu, pasti ada. gamungkin gaada

o  Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari komunitas, anggota komunitas itu ga hanya 4 atau 5 orang, tapi lebih dari itu. Kamu bisa bertanya perihal lowongan pekerjaan barangkali mereka yang bekerja di perusahaannya sedang membutuhkan orang.



Quote:





Seiring berkembangnya teknologi banyak mengalami perubahan diberbagai sektor kehidupan bernegara. Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak luar biasa dalam semua bidang. Komunitas pun ikut terpengaruh oleh revolusi ini, berkembangnya inovasi-inovasi dunia ponsel memberikan dampak positif sekaligus negatif bagi dunia komunitas. 
Satu sisi hadirnya ponsel pintar memberikan akses bagi siapa saja untuk membentuk sebuah komunitas online di media sosial dengan anggota yang menjangkau seluruh indonesia, artinya dalam komunitas di dunia online kamu bisa satu wadah dengan orang pulau sumatra, orang kalimantan, orang jawa, dan lainnya. 

Satu sisi lain berdampak pada komunitas offline, yang biasanya sering mengadakan pertemuan tatap muka antar anggota menjadi jarang, karena di grup online pun mereka telah merasa cukup. Imbasnya percakapan di dunia nyata menjadi berkurang dan lebih banyak percakapan diunia maya. 

Tapi yasudah, inilah dunia online dengan segala kelebihan dan kekurangannya, seperti pacar baru saja, dia hadir dengan aroma baru dalam kehidupan kita, namun dibalik itu ada hal yang belum kita ketahui.


Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan


Komunitas offline dan Komunitas online tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, 

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangannya:


Quote:



Tak ada salahnya menjalankan keduanya secara seimbang agar berkomunitas semakin menyenangkan. Komunitas offline pun saat ini terjun ke dunia online juga kok. 


Pesanku:


Quote:










Thank You M'lord and M'lady








Penulis : Sendiri
Pict by   : ini , ini




abellacitra
indahmami
tsuway.c001
tsuway.c001 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.7K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.