alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d75154b9a972e166b010298/makanan-pokok-khas-buton-quotkasuamiquot-tak-kalah-enak-dengan-nasi
Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi.
Lapor Hansip
08-09-2019 21:50

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Past Hot Thread
Assalamualaikum selamat mengakhiri liburan hehe

Berbicara tentang liburan ke suatu tempat biasanya setiap daerah pasti punya ke khasan masing-masingkan yang bikin dia beda dari daerah-daerah lain mulai dari kultur, tempat-tempat wisata atau makanan khas dari daerah tersebut.

Nah, ngomong-ngomong soal makanan khas kali ini saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari daerah saya Buton tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kalau teman-teman lagi mampir atau jalan-jalan ke pulau Buton kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi salah satu makanan yang palik eksis dari dulu sampai sekarang di sana, namanya “kasuami” teman-teman pasti penasarankan kasuami itu jenis makanan seperti apa sih? Punya istri atau gimana? Biar saya jelaskan, hehe..

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
"
https://instastuck.com/media/Brg63z2gksX

Kasuami merupakan salah satu makanan khas dari pulau Buton, bentuknya lancip menyerupai kerucut, warnanya putih kekuning-kuningan bahan utamanya adalah ubi kayu (singkong). Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Buton yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi kalau lagi kekurangan beras si kasuami ini bisa dijadikan sebagai pendamping lauk-pauk yang tersedia.

Untuk pembuatannya pun terbilang unik dan agak ribet sih dibanding masak nasi karna pengolahannya yang lumayan panjang, cuma untuk praktisnya bisa dibeli kok kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Tenggara khususnya Buton wkwk.

Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/l...5dcc212e61.jpg

Cara pembuatan:
1. Singkong yang telah dikupas kulitnya dibersihkan dengan air, kemudian diparut.
2. Hasil parutan itu kemudian dibungkus dengan kain karoro lalu dimasukkan ke dalam kayu jepitan. Biasanya, agar cepat, kayu jepitan yang dibuat khusus kadang diduduki dua sampai tiga orang agar airnya cepat kering.
3. Setelah airnya keluar, dia sudah berbentuk segi empat yang disebut kaupi.
4. Kaupi ini difermentasi dua sampai tiga hari dan selanjutnya kaupi dikukus sampai matang.
5. Kaupi dikukus dengan alat yang terbuat dari anyaman daun kalapa dan berbentuk kerucut lalu dimasak menggunakan periuk tanah, dimana mulut periuk berbentuk bundar. Kaupi yang telah masak inilah yang disebut kasuami. (dilansir dari kompasiana)

Kasuami ini paling enak disantap bersama ikan bakar + colo-colo (sambal) sudah seperti paket komplit “suami-istri” gitu dijamin dah tuh menggugah selera apa lagi kalau menikmatinya di pinggir pantai ditemani orang spesial, bikin hati senang perutpun kenyang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxArial dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Halaman 1 dari 6
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 21:54
Ok sip. Tinggal rapihin lagi aja.
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 22:00
Boleh tuh dibuatin sama TS-nya emoticon-Ngakak
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 22:01
Quote:Original Posted By mbakendut
Ok sip. Tinggal rapihin lagi aja.


Sip sip sip
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 22:03
Quote:Original Posted By peggimiru
Boleh tuh dibuatin sama TS-nya emoticon-Ngakak


Kamu bahan utamanya ya?emoticon-Betty
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 22:10
Quote:Original Posted By pzwildaas
Kamu bahan utamanya ya?emoticon-Betty


Sadesss emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 22:48
wah wah menarik jadi pengen deh ke sulawesi tenggara emoticon-Cendol Gan
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 23:10
Quote:Original Posted By p.newman
wah wah menarik jadi pengen deh ke sulawesi tenggara emoticon-Cendol Gan


Yuk jalan-jalan ke sultra😁
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 23:44
pengetahuan masyarakat lokal soal pangan ga bisa diragukan lagi gan
contohnya ini nih
ga mesti harus beras
orang corak tanah kita beda beda ya ga gan
jadi pgn cobain hehe
lafaaaarrrrr
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
08-09-2019 23:47
Quote:Original Posted By SempranaBerita
pengetahuan masyarakat lokal soal pangan ga bisa diragukan lagi gan
contohnya ini nih
ga mesti harus beras
orang corak tanah kita beda beda ya ga gan
jadi pgn cobain hehe
lafaaaarrrrr


Iyap betul hehe. Kalau lafar makan kak😁
0 0
0
Lihat 1 balasan
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
Lapor Hansip
08-09-2019 23:49
Balasan post pzwildaas
Quote:Original Posted By pzwildaas


Iyap betul hehe. Kalau lafar makan kak😁


takut gendut kak wkwkw
kalau kata orang orang makan jam segini jadi gendut
*padahal udah gendut
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 00:09
Enak banget nih
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 04:39
Mirip tiwul dari singkong ya.
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 05:54
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Kalo lagi di Aceh agan juga wajib menikmati m3mek emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh giacartone
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 09:50
Difermentasikannya pake apa gan tuh, apakah cukup didiamkan saja atau ditambah ragi gt.
Kayanya sih enak gan, bisa buat menu diet gak ya kira kira wkwk
profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 13:24


Quote:Original Posted By giacartone
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Kalo lagi di Aceh agan juga wajib menikmati m3mek emoticon-Recommended Seller


emoticon-Ngakak
ane pen ke Aceh nihh gan emoticon-Big Grin

profile-picture
pzwildaas memberi reputasi
1 0
1
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 13:53
Quote:Original Posted By SempranaBerita
takut gendut kak wkwkw
kalau kata orang orang makan jam segini jadi gendut
*padahal udah gendut


Gpp gendut yang penting kenyang 😁
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 13:53
Quote:Original Posted By Baringbing
Enak banget nih


Iya kak😁
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 13:54
Quote:Original Posted By durexz
Mirip tiwul dari singkong ya.


Wah apaan tuh?😅
0 0
0
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi
09-09-2019 13:54
Quote:Original Posted By giacartone
Makanan Pokok Khas Buton "Kasuami", Tak Kalah Enak dengan Nasi

Kalo lagi di Aceh agan juga wajib menikmati m3mek emoticon-Recommended Seller


Otw Aceh
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
rasanya-juara-es-gempol-minuman-khas-semarang
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.