• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ingin Kondisi Lampu Mobil Baik Terus, Kamu Perlu Lakukan Ini

officialgarasi
TS
officialgarasi
Ingin Kondisi Lampu Mobil Baik Terus, Kamu Perlu Lakukan Ini
Merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah mobil, lampu berfungsi sebagai mata bagi pengemudi di malam hari terutama. Memiliki fungsi yang penting, bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya lampu mobil mati ditengah jalan tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika matinya pas malam hari.



Lampu mobil yang mati tersebut biasanya disebabkan filamen yang putus. Nah penyebabnya bermacam-macam Sahabat Garasi, mulai dari panas, getaran ataupun arus listrik yang terlalu tinggi. Hal ini juga tak lepas dari kualitas bohlam yang digunakan. Bohlam dengan harga murah biasanya tak kuat menahan panas sehingga mudah putus. Bahkan ada yang dinyalakan 3 jam misalnya sudah putus.

Jika itu yang terjadi, maka Sahabat cukup membawa bohlam cadangan saja. Jadi jika sewaktu-waktu mati tinggal diganti saja.

Baca juga: Kenali Jenis Lampu Mobil

Cara mengganti bohlam



Cara yang perlu Sahabat lakukan saat ingin mengganti bohlam yang putus adalah :

1. Buka kap mobil kemudian cabut soket lampu
2. Buka penutup karet
3. Masukkan jari dalam lobang headlamp untuk membuka kaitan kawat atau pengunci lampu.
4. Ganti lampu pastikan ketiga kaki lampu tepat pada dudukannya
5. Kaitkan kawat pengunci, tutup kembali karet pelindung tancapkan socket maka pekerjaan selesai.

Nah Sahabat, seperti itu kurang lebih cara gampang mengganti bohlam kendaraanmu yang putus. Namun tidak hanya itu permasalahan yang sering timbul seputar lampu mobil. Hal lain yang bisa mengganggu perjalanan adalah matinya switch lampu.

Menggatasi switch lampu ngadat
Switch lampu mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan, utamanya sistem penerangan mobil itu sendiri. Walaupun bentuknya tidak terlalu besar, namun switch ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama ketika Sahabat akan berkendara di malam hari. Karena jika switch lampu mobil bermasalah, maka lampu mobil juga akan bermasalah, atau bahkan tidak akan berfungsi sama sekali.



Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, switch lampu mobil berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu mobil itu sendiri. Switch atau saklar ini biasa dioperasikan dengan cara menekan, melepas, menarik ataupun memutarnya sehingga kontak bergerak dan berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya. Akibatnya adalah lampu mobil menyala, baik itu lampu kota, lampu jauh, lampu dekat ataupun hanya dim saja.

Seiring pemakaian, ada kalanya memang terjadi masalah pada switch lampu mobil seperti lampu tidak menyala sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat Garasi perlu melakukan ini :

1. Cek tuas saklar
Lepaskan terlebih dahulu tuas saklar lampu dari tempatnya. Setelah itu cek bagian relay apakah ada yang terbakar atau tidak.

2. Bersihkan kerak
Bersihkan seluruh bagian yang berkerak pada saklar lampu, setelah itu jika ada bagian yang meleleh, tambahkan sedikit timah dan beri sedikit grease agar tidak cepat aus.

Nah, walaupun bentuknya tidak terlalu besar, akan tetapi switch lampu mobil memegang peranan sangat penting, utamanya untuk keselamatan pengemudi. Oleh sebab itu penting sekali merawat saklar lampu dengan baik, jangan pernah membuat posisi saklar dalam keadaan menggantung karena akan cepat rusak. Jika sudah rusak jalan satu-satunya hanya menggantinya dengan saklar baru yang tentu harganya cukup mahal.

Baca juga: Jadi Piranti Penting, Ini Yang Harus Kamu Tahu Soal Ban

Selain merawat saklar, untuk Sahabat yang ingin terus kondisi lampu mobil dalam performa terbaiknya dalam menerangi perjalanan saat berkendara. Sahabat juga harus merawat mika lampu pada mobil Sahabat. Saat kondisi malam hari, jalanan hujan dan berkabut mika kaca lampu mobil yang buram (kusam) akan membuat sinar lampu kurang maksimal. Sahabat sudah dipastikan akan terganggu dengan cahaya yang kurang dan sangat membahayakan bagi kamu dan pengguna jalan lainnya.

Perubahan warna yang terjadi pada mika lampu mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan lampu mobil dengan watt tinggi sehingga menimbulkan panas yang berlebih, faktor cuaca, jamur kaca, goresan dan tentunya usia yang sudah cukup lama. Faktor-faktor tersebut menjadi penyebab utama menurunnya performa lampu depan dalam memberikan cahaya ketika berkendara.

Mika lampu mobil yang sudah kurang optimal ini dapat dibersihkan dengan cara membawanya ke bengkel salon perawatan mobil. Namun harga yang ditawarkan cukup mahal, sehingga jika kamu ingin sedikit mengeluarkan tenaga ekstra dan waktu yang cukup luang bisa saja membersihkannya sendiri dengan peralatan sederhana. Walaupun hasilnya tidak akan semaksimal jika dibawa ke bengkel, namun alat sederhana ini mampu memberikan hasil yang cukup untuk membersihkan mika lampu depan mobil yang sudah usang.

Alat-alat yang harus dipersiapkan :
  • Kanebo dan kain mikrofiber
  • Sabun cuci mobil atau sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Pertamax/Pertalite (Bisa digantikan oleh minyak tanah, namun berbau cukup tajam)
  • Amplas 1500 dan 2000
  • Compound atau Pasta Gigi

1. Cuci lampu mobil
yang harus dilakukan adalah cuci lampu depan mobil Sahabat dengan sabun cuci mobil dan keringkan dengan menggunakan kanebo. Pencucian lampu dilakukan agar kotoran-kotoran yang membandel terangkat sehingga tahap pembersihan selanjutnya maksimal.

2. Cairan pembersih
campurkan pertamax/pertalite yang kamu sudah siapkan dengan sabun cuci piring, rasio perbandingan sabun cuci piring dengan bensin 60:40 atau 70:30. Jika sudah meracik obat tersebut, mulailah mengamplas dengan amplas 2000 sambil mencelup amplas tersebut ke dalam campuran bensin dengan sabun cuci tersebut. Jika dirasa sudah sedikit bersih, bersihkan lampu dengan air, lalu mulai amplas lagi dengan amplas 1000. Jika mika lampu masih dirasa sangat buram, gunakan amplas 2000 hingga Sahabat merasa sudah cukup lalu keringkan dan lap hingga bersih.

3. Compound
selanjutnya adalah mengoleskan compound atau odol secara merata pada permukaan mika kaca lampu mobil. Tetapi untuk hasil yang maksimal Sahabat dianjurkan untuk menggunakan compound, karena compound sendiri merupakan bahan yang bersifat mengikis. Dengan demikian baret maupun lecet pada bodi mobil, kaca lampu depan akan tertutupi.

Cara gunakan compound yang baik dan benar
ketika akan membersihkan kaca lampu depan menggunakan compound adalah dengan menggosok secara perlahan searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. Jika Sahabat terlalu menekan ketika membersihkannya, lapisan mika lampu depan sudah dipastikan menjadi tipis. Jangan lupa untuk mengelap compound atau odol dengan lap mikrofiber yang memiliki permukaan halus sehingga tidak meninggalkan bekas goresan atau lecet.

Jika sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, coba Sahabat nyalakan lampu mobil dan sorotkan lampu tersebut ke arah tembok untuk memastikan bahwa lampu utama mobil kamu berfungsi dengan maksimal, apabila dirasa belum memberikan cahaya yang baik ulangi langkah-langkah diatas.

Bagaimana Sahabat, sangat bermanfaatkan bukan tips seputar lampu mobil yang diberikan. Semoga tips diatas bisa menambah wawasan Sahabat dalam merawat mobil kesayangan ya. Sehingga bila permasalahan yang timbul sewaktu-waktu di jalan tidak membuat Sahabat menjadi panik.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi 06-09-2019 04:00
Bryan310
Bryan310 memberi reputasi
1
2.7K
30
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.