News
Batal
KATEGORI
link has been copied
191
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7365508012ae4fee2a1fe0/apa-iya-mobil-esemka-jiplakan-changan-china
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapat bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan.
Lapor Hansip
07-09-2019 15:07

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Past Hot Thread
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapatn bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan, hal ini menjadikan raamai dengan banyak yang mulai menupload kemiripan antara changan dan esemka.

Kecurigaan dari publik jika Mobil Esemka Bima merupakan hasil rebadge Mobil asal China, Changan Star Truck. Sedaikit penjelasan tentang Rebadge merupakan hal lumrah di industri otomotif, seperti terjadi pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Holden Gemini-Isuzu Gemini, Ford Laser-Mazda 323, Mitsubishi Colt T120SS-Suzuki Carry Futura.(https://makassar.tribunnews.com/).

Banyak yang membuat (tagar) hastag #ChanganJiplakEsemka sehingga menjadi trending topic, Sabtu (7/9/2019), prediksi penggunaan tagar itu dimaksudkan untuk menyindir Esemka sebagai kendaraan hasil jiplakan Changan, namun siapa tahu kebenarannya apakah memang menjiplak atau hanyaa ttak sengaja mirip saja, sehingga yang awal membuatnya dianggap sebagai yang dijiplak dan yang kemudian membuat adalah yang melakukan jiplakan.

Kehadiran Esemka diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/9/2019) yang bertempat di pabrik Esemka, Boyolal, Jokowi bahkan sempat mencoba kendaraan jenis pikap itu yang ia uji coba langsung, tapi menurut ane mantap nih ide pak Jokowi bisaa sampai memproduksi mobil dalam negeri, semoga bisa menjadi ladang peluang lapangan kerja yang besar bagi Rakyatnya ya pak.

Jokowi sangat yakin bahwa mobil Esemka bakal laku keras, hal ini di dasari bahwa mobil produksi dalam negeri itu harganya tergolong sangat murah, namun demikian kualitas pada kendaraan esemka tetap diutamakan sehingga kata murah bukan berarti murahan, berdaasarkan beberapa sumber bahwa harga mobil essemka menurut manajemennya harganya sekitar Rp. 95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras," kata Presiden usai peresmian.

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Direktur Utama PT SMK Edi Wirajaya menyatakan, mobil Esemka merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Kendati bukan mobil nasional, namun diproduksi oleh perusahaan swasta nasional 100 persen, meski demikian tentunya menjadi kbanggaan tersendiri bagi kita sebagai waraga Negara Indoneia yang sudah bisa memproduksi sendiri mobil dalam Negeri. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujarnya.(https://www.inews.id/)

Terus bagaimana masalah hebohnya dugaan bahwa mobil esemka jiplakan dari changan, Menurut Jokowi :"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.(https://makassar.tribunnews.com/).

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta, Bukan Mobil Nasional (Mobnas) seperti yang dipahami selama ini."Lebih tepatnya merupakan Mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

"Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini," ujar Eddy.(https://www.cnbcindonesia.com/news/)

Menurut gansis bagaimana?

Sumerrrr gambar Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 13 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 13:10

Hmmm

Mobil gw esemprettt gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
desoel dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 13:25
coba diliat aja, di indonesia mobil yang dipasaran beda merek tapi bentuk ya mirip2...wajar sih emoticon-Embarrassment
gag wajar kalo dibuat mirip onta emoticon-Embarrassment
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 13:42
lah mau jiplak mau kagak yg penting bisa angkut...terus kalo misalnya jiplakan ente mau apa???bakar pabriknya???
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 13:55
Entah jiplak atau gak, penting itu desain, mesin, fitur dll legal jon. Pasti suatu pabrikan sampai sudah rilis resmi sidah memenuhi semua standar gan legalitas. Diluaran juga banyak gan. Esemka mulai dengan cara rebadge juga g masalah. Itu cara untuk membuat profit dulu. Gak asal bikin2 sendiri, bakal mahal dan belum tentu balik modal ntar.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 13:59
Buang hp android loe pada yang tampilannya mirip iphone X emoticon-Jempolemoticon-Betty
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 14:18
Biasa kubu sebelah gi panik.....
Tau Esmeka bener bener ada..

Shock massal
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 14:47
baiklah kakak yo, aku akan berangkat ke chang'an emoticon-Ngakak
Diubah oleh anesopo
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 15:15
Emang knp kalo jiplakan? emoticon-Cape deeehh

Amati tiru, modifikasi brey emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Mingkin indonesia belum terlalu hebat, tapi ada waktunya emoticon-Bola

profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 15:38
Quote:Original Posted By dishfire
Biar laku, mobil China pun disulap menjadi seolah-olah adalah "Made in Indonesia"..

emoticon-Leh Uga emoticon-Cape d...


Contoh org disini yg susah majunya. Masih aja mslahin china lah, cm rakit lah dll. Seengganya liat sisi positifnya esemka mobil berbasis industri dalam negeri, komponen dari dlm negeri sdh 60%, sudah memperkerjakan 300 org. Mknya bnyk pengusaha berpkir 2 kali inves disini lebih milih vietnam, thailand dll.
profile-picture
profile-picture
humas.fpi dan desoel memberi reputasi
1 1
0
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 15:38
esCumia. emoticon-Big Grin

Canggih ye, belom test pasar, gak tau laku apa kagak, yg penting bikin yg buanyaakk.. emoticon-Big Grin



Kecuali kalo emang produknya udah stock lama sih, wajar yg nangkring di kandangnya banyak... emoticon-Big Grin
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 15:46
Mpret sebelum ada esemka: Mana nih esemka, mau beli...
Pemuka agama idola mpret: Mana nih esemka, mau beli jutaan unit


Mpret saat esemka ada: yah mirip china, yah, yah, oye oye

Sayangi dengkulmu emoticon-Big Kiss
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 16:40
Quote:Original Posted By steven.thereds
mulai aja dulu, walaupun masih rebadge atau rakitan,

emoticon-I Love Indonesia


klw mo mulai aja dulu....
udah ada gesit, viar yg jauh lbh asli ploduk dlm negri dan jelas pasarnya ketimbang esemka.
mslh otomotif asli dlm negri udh mulai lama...cuma yg selalu digemborkan cuma asemka.
kenapa cm esemka? karna esemka = branding kendaraan politik. itu aja gak lebih.
profile-picture
profile-picture
desoel dan westciss memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 17:18
ingat gan! CINTAILAH PLODUK PLODUK DALAM NEGLI
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 17:23
terserah deh mau dibilang jiplak.....(lihat juga mobil timor vs hyundai) yang penting kita harus keluar dengan merk sendiri dan tidak diembel embeli nama prinsipalnya (toyota kijang, isuzu panther, mitsubhisi kuda dsb). merk mobil ESEMKA harus bisa bersaing dari gempuran produk2 yang sudah lebih dulu ada, tingkat pertama harga harus semurah mungkin, suku cadang mudah dan ada subtitusinya (lihat komputer jangkrik rakitan lokal yang part nya gampang dicari macamnya). intinya pt smk sudah memicu ke arah pembuatan mobil nasional dan manajemennya harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, masa sih kalah sama negara malaysia. sebenarnya kita sudah punya pabrik2 suku cadang kendaraan (masih kebanyakan dikendalikan jepang), karoseri2, ban, accu dst. yang bisa dimanfaatkan.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 17:41
Quote:Original Posted By realmelo
Yg pada nyiyir jangankan rakit mobil, punya mobil aja nyicil.
Beli dulu tuh esemka. Baru bacot.
Atau lu mau tes drive dulu esemka punya gw?
Dateng sini ke cibinong - bogor. Gw mau beli walau cuma beli 1 buat operasional
anyway lu perlu tau, gw gak pendukung parpol apapun


komen apaan sih loe....kagak jelas gitu....
segala bawa2 pendukung parpoll... eaaa... plis deh...hari gini msh baperan banget sm politik. emoticon-Hammer2
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 18:18
Quote:Original Posted By realmelo
Yg pada nyiyir jangankan rakit mobil, punya mobil aja nyicil.
Beli dulu tuh esemka. Baru bacot.
Atau lu mau tes drive dulu esemka punya gw?
Dateng sini ke cibinong - bogor. Gw mau beli walau cuma beli 1 buat operasional
anyway lu perlu tau, gw gak pendukung parpol apapun




Bani togog ini wkwk apa urusan nya lu mau bilang pendukung parpol apa kaga ya ga ngaruh.. esemka itu cuman nama aja.. yg jelas ini mobil bukan mobil nasional... Awalnya kan bilang ini mobil ciptaan anak bangsa punya negara kita sendiri.. lah ini ngejiplak dari mananya ciptaan anak bangsa.. dibilangnya juga bukan mobil nasional... Ini mah ya ngaco kemana mana.. bilang aja ini mobil cina dengan nama esemka yg mau masuk indon buay dijual.. bukan mobil buatan indon atau mobil nasional.. belom jadi aja katanya udah terjual sekian ribu unit.. udah jelas tulul nya.. jadi ya pada mikir aja ini gimana.. 2019 udah mau abis yakali masih bego... Intinya mobil esemka yg dijanjiin tuh kaga ada... Yg ada mobil cina dengan nama esemka..
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 19:05
Quote:Original Posted By bomxyz
mobnas bukan nih jadinya? berita kmaren2 esemka itu mobnas, isi berita ini bilangnya bukan mobnas


gembornya kan mobnas yg ending nya diambil alih swasta. garapan swasta yg dilabelin mobnas demi kepentingan politik. keren kan...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
desoel dan mantelbulu memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 19:11
klo ini mobil swasta, sumpah enak bgt yg jadi board of directors & marketingnya, soalnya g usah capek2 marketing langsung dimarketingin sama Presiden. Padahal sebenarnya ada juga merk otomotif yg asli Indonesia, contohnya kayak VIAR, tapi ya nggak digaung-gaungkan macam Esemka oleh para politikus & presiden emoticon-Nohope

Btw bentuk mobil SMK itu yang mana aja ya? Kok kalau di internet ada macam-macam bentuk dari model pick up, MPV, SUV, bahkan pas jaman Pak Jokowi jadi walikota Solo aja bentuk eseemka-nya yang kayak model MPV, lah kok ini yang diresmikan Pak Jokowi beda lagi bentuknya? Jadinya pick up? Yang model jaman Pak Jokowi jadi walikota Solo udah nggak diproduksi kah?

Ya semoga ini bisa jadi awal yang baik buat ESEMKA, dari sisi marketingnya udah dibantu & punya nama, jadi harusnya bisa genjot sisi lainnya misal nanti R&D, persiapan service centre, dll
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 19:13
Quote:Original Posted By boroboro
gembornya kan mobnas yg ending nya diambil alih swasta. garapan swasta yg dilabelin mobnas demi kepentingan politik. keren kan...emoticon-Big Grin


konspirasi elit global emoticon-Belo
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 20:52
Quote:Original Posted By lupis.manis
Kemarin belum launching, nanyain terus kapan launching!

Giliran launching bilang jiplakan.

Bilang terus terang kalau ga punya duit buat beli, jadi bisanya nyinyir pret.. kempret! emoticon-Wkwkwk


emang aneh tuh kampret
banyak nanya tapi ga beli emoticon-Hammer2
Diubah oleh merseysidered
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia