alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6c802c68cc95322d6f4735/kenapa-air-hujan-dapat-merusak-aspal--ini-penjelasannya
Lapor Hansip
02-09-2019 09:36
Kenapa Air Hujan Dapat Merusak Aspal ? Ini Penjelasannya
Past Hot Thread
Saya sering melihat jalan raya berlubang dan itu semua terjadi di wilayah basah atau punya tanah yang sering basah dialiri air, pada awalnya saya menduga ini disebabkan oleh hujan karena banyak orang bilang kalau aspal bisa rusak jika terus terkena air hujan.

Itu benar, tapi tidak sepenuhnya benar. Misalnya saja wilayah yang tanahnya tandus, meski sering hujan tapi jarang berlubang atau jalan aspalnya bisa awet. Berbeda dengan wilayah yang tanahnya mengandung banyak air yang berada di pegunungan, desa, atau sering terkena air hujan, maka jalan aspal disekitarnya terlihat berlubang atau sering sekali rusak.

Jalan aspal di desa atau pegunungan sering rusak gan :

Kenapa Air Hujan Dapat Merusak Aspal ? Ini Penjelasannya


Maka dari kasus seperti ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang membuat jalan aspal rusak bukan hujan, melainkan air itu sendiri.

Sebenarnya sangat sederhana, aspal dapat rusak oleh air hujan ini karena sifat air sendiri yang melarutkan.

Bukan cuma aspal, tapi semua materi dapat larut oleh air. Hanya butuh beberapa waktu saja, maka air dapat melaurtkan segalanya.

Kecuali materi gelas kaca tidak akan rusak oleh air.

Sedangkan aspal hanya sebuah perekat saja, sebab jalan raya merupakan sebuah susunan dari kerikil, pasir dan bahan-bahan agregat, kemudian semua bahan itu direkatkan oleh aspal.

Aspal ini sering disebut bitumen, merupakan bahan tambang dan digilongkan kedalam minyak bumi petroleum yang bersifat lengkat, hitam, juga kental.

Perlu anda ketahui juga, Indonesia punya salah satu tambang aspal terbesar di dunia dan tepatnya ada di pulau Buton Sulawesi.

Bukan hanya di Indonesia gan, buktinya di luar negeri pun sama gan, aspal kalah sama air hujan,... bisa sampai meleleh gan :

Kenapa Air Hujan Dapat Merusak Aspal ? Ini Penjelasannya


Oke lanjut, jadi jika air menggenang dalam waktu lama di jalan aspal, maka lama kelamaan aspal akan laurt. Molekul aspal akan terpecah menjadi bentuk yang lebih kecil lagi sehingga daya rekatnya berkurang.

Coba agan lihat, apabila menemukan banyak kerikil di jalan aspal, ini artinya jalan aspal sudah mau rusak.

Genangan air di jalan aspal sudah menjadi masalah, namun akan semakin parah ketika jalan tersebut sering dilewati oleh kendaraan apalagi kendaraan berat seperti truk. Ya mau bagaimana lagi ?? Akhirnya jalan pun berlubang.

Idealnya jalan aspal itu harus berbentuk punggung sapi gan. Maksdunya, bagian tengah jalan dibuat sedikit tinggi supaya nanti kalau hujan gak ada air yang menggenang dijalan.

Nah dipinggir jalannya juga harus ada saluran air atau parit kecil sehingga air bisa mengalir pergi tanpa harus berdiam sejenak ditanah dekat jalan aspal.

Oke gan, cukup sekian penjelasan dari saya yang sebenarnya ini juga bersumber dari sebuah studi para ahli gan.


Studi penelitiannya sudah dituliskan dalam jurnal ini gan :



profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
08-09-2019 09:00
mending pake cairan lubricant daripada aspal emoticon-Betty
0
08-09-2019 09:12
setuju sih sama pernyataan terakhir, drainase di pinggir jalan harus bagus dan jalan dibuat lebih tinggi biar gak ada genangan di jalan. Tapi masih banyak banget jalanan yang gak punya drainase trus bikin jalanan banjir bukan tergenang lagi. Kayanya harus makin banyak tumbuh kesadaran di kalangan orang-orang yang bikin jalan deh.
0
08-09-2019 11:05
Mau tanya agan2, knp aspal di singapura dan malaysia berwarna agak putih, lebih putih daripada di indonesia ? emoticon-Bingung (S)
Dan aspalnya keras, tapi kasar, tapi awet dari berlubang. Aspalnya putih, tapi bukan cor beton.

Aspal kita hitam legam n soft, tapi lembek kyk karet n mudah berlubang, kecuali yg warna putih jg ya alias cor beton emoticon-Big Grin
Diubah oleh raiden
profile-picture
memetrivaldo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-09-2019 11:05
emoticon-Leh Uga Proyek wajib yang rutin ...
0
08-09-2019 11:10
nais info gan emoticon-Shakehand2
0
Lapor Hansip
08-09-2019 11:11
Balasan post raiden
Quote:Original Posted By raiden
Mau tanya agan2, knp aspal di singapura dan malaysia berwarna agak putih, lebih putih daripada di indonesia ? emoticon-Bingung (S)
Dan aspalnya keras, tapi kasar, tapi awet dari berlubang. Aspalnya putih, tapi bukan cor beton.

Aspal kita hitam legam n soft, tapi lembek kyk karet n mudah berlubang, kecuali yg warna putih jg ya alias cor beton emoticon-Big Grin


kabar2in yaaa gan kalo udah aada yg jawap emoticon-Big Grin
0
08-09-2019 11:49
mau dimanapun aspal ya item gan. nih contoh
0
Lihat 1 balasan
08-09-2019 12:00
Musuh utama aspal ya air
0
08-09-2019 12:02
Bisa jadi karena kandungan asam yang ada dalam air hujan juga?
0
08-09-2019 12:06
bener gan ..apa lagi klw kualitas aspalnya sendiri d turunkan...
0
08-09-2019 12:18
ane pernah denger ni jenis pelapis jalan yg gunain plastik buat campuran aspalnya, mungkin bisa di pake di indonesia yg sumber plastiknya banyak beud. yah dari pada di buang, mending dijadiin jalan..😁😁
0
08-09-2019 14:34
Quote:Original Posted By seperduaratus



Hahaha... Ide bagus sih gan emoticon-Ngakak
Itung itung bisa menghindari macet juga kalau dipake di jalanan kota, ada ada aja gan hahaha


itu serius ganemoticon-Big Grin
sekarang sudah ada pengembangan kuz (kapal udara zeppelin) versi modern, daya lifting kuz luar biasa dengan perbandingan bahan bakar yang sangat ekonomis di banding dengan pesawat udara konvensional, kelemahan dari kuz hanya soal kecepatan jelajahnya (cruise speed) yang lebih lambat dari pesawat konvensional dan badan kuz yang besar untuk menyimpan helium, diluar itu kelemahan kuz modern tidak ada, malah lebih banyak keunggulannya dibanding pesawat udara, diantaranya yaitu: kemampuan vtol, tidak perlu landasan, hemat bahan bakar (bahkan dapat melayang atau hovering di udara tanpa bahan bakar sama sekali), perawatan yang ekonomis, kuz modern menggunakan bahan-bahan ringan dan tahan peluru (karbon, kevlar), bisa dibuat berdasarkan ukuran yang dipesan kecil sedang atau pun besar tergantung kebutuhan pemakaian
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1
Lapor Hansip
08-09-2019 17:11
Balasan post foolbaby
Kenapa Air Hujan Dapat Merusak Aspal ? Ini PenjelasannyaAne bs blg beda n putih, krn br plg dr malay, disana ane sering jln kaki , slh 1 nya jln dr hotel ke tmpt mkn emoticon-Big Grin
Ane br ngeh, lht aspal nya knp lbh putih, kelihatan batu2 kelikir nempel di aspal tp kokoh amat, keras amat, tp jd kasar jalanan nya, tp bukan cor beton.

Diubah oleh raiden
0
08-09-2019 17:14
Quote:Original Posted By raiden
Kenapa Air Hujan Dapat Merusak Aspal ? Ini PenjelasannyaAne bs blg beda n putih, krn br plg dr malay, disana ane sering jln kaki , slh 1 nya jln dr hotel ke tmpt mkn emoticon-Big Grin
Ane br ngeh, lht aspal nya knp lbh putih, kelihatan batu2 kelikir nempel sui aspal tp kokoh amat, keras amat, tp jd kasar jalanan nya, tp bukan cor beton.


Kalau cuman dari penglihatan saja gak bisa komprehensif gan bisa aja itu cuman perasaan agan . Musti di uji secara klinis emoticon-Ngakak
0
08-09-2019 18:52
Quote:Original Posted By barulangit
kalau gitu truck angkutan dan kendaraan besar ganti saja dengan kapal udara zeppelin, tidak menapak tanah melayang di udara hemat energi hemat bahan bakar dan memiliki daya angkat yang kuat, efisien dan efektif


Lebih kuat pake Jumbo Jet macam punya Airbus atau Boeing gan. Zeppelin segede Titanic aja cuma bisa ngangkut 90 orang, sementara Airbus A380 bisa ampe 400-an orang. Ini baru orang, belum kalo full buat kargo.

Quote:Original Posted By salmino
Kualitas aspal bagus kok, asal pas bahan pembuatan sama medan yg dilalui kendaraan seimbang. Kebanyakan aspal gampang rusak karena bahann pembuatan sama konsumsi jalan gak seimbang, menurut ane sih gt.

Beton juga bagus, banyak daerah yang aplikasiin beton, terlebih buat medan2 yang dilalui banyak kendaraan berat,


Aspal di jalan nasional udah sesuai standar gan, soalnya kalo beda urusannya bakal ama KPK emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By salmino
Ditempat ane, kebanyakan beton cuma di aplikasiin di deket lampu merah, ya kurang lebih 50-100 meter ke lampu merah, selebihnya ya pakek aspal


Soalnya di lampu merah banyak kendaraan yang main rem gan, takut aspalnya ikut ketarik ban truk.
0
08-09-2019 20:31
Yang bikin rusak itu, drainase nya ga bagus, air menggenang, terciptalah cekungan, makin lama makin dalam
0
08-09-2019 21:30
Quote:Original Posted By Gailham


Lebih kuat pake Jumbo Jet macam punya Airbus atau Boeing gan. Zeppelin segede Titanic aja cuma bisa ngangkut 90 orang, sementara Airbus A380 bisa ampe 400-an orang. Ini baru orang, belum kalo full buat kargo.



Aspal di jalan nasional udah sesuai standar gan, soalnya kalo beda urusannya bakal ama KPK emoticon-Big Grin



Soalnya di lampu merah banyak kendaraan yang main rem gan, takut aspalnya ikut ketarik ban truk.


soal zeppelin versi modern sudah ane sebutkan di quote sebelumnya, baca aja emoticon-Big Grin
0
08-09-2019 23:53
lah ane baru tau yak kalau aspal bisa kalah sama air hujan dan bahkan bisa sampai bikin aspalnya meleleh
0
09-09-2019 03:49
nah setuju masalah punggung sapi
tapi di indonesia ini kalo ngaspal terkesan buru2
jadi belom selesai bener aspalnya langsung boleh dilewatin kendaraan
0
09-09-2019 08:31
Quote:Original Posted By pasukanmalam11
Di deket ane malah dibawah aspal ada pavingnya gan wkwkw jadi jalanan yang dipaving gitu trs atasnya dilapisi aspal

Tapi di beberapa jalan raya yg gede ada yg lebih milih dibeton aja drpd diaspal, kaya di pantura dekat semarangan


Nah kadang paving lebih awet dari aspal krn gk menahan air
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.