desoel
TS
desoel
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapatn bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan, hal ini menjadikan raamai dengan banyak yang mulai menupload kemiripan antara changan dan esemka.

Kecurigaan dari publik jika Mobil Esemka Bima merupakan hasil rebadge Mobil asal China, Changan Star Truck. Sedaikit penjelasan tentang Rebadge merupakan hal lumrah di industri otomotif, seperti terjadi pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Holden Gemini-Isuzu Gemini, Ford Laser-Mazda 323, Mitsubishi Colt T120SS-Suzuki Carry Futura.(https://makassar.tribunnews.com/).

Banyak yang membuat (tagar) hastag #ChanganJiplakEsemka sehingga menjadi trending topic, Sabtu (7/9/2019), prediksi penggunaan tagar itu dimaksudkan untuk menyindir Esemka sebagai kendaraan hasil jiplakan Changan, namun siapa tahu kebenarannya apakah memang menjiplak atau hanyaa ttak sengaja mirip saja, sehingga yang awal membuatnya dianggap sebagai yang dijiplak dan yang kemudian membuat adalah yang melakukan jiplakan.

Kehadiran Esemka diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/9/2019) yang bertempat di pabrik Esemka, Boyolal, Jokowi bahkan sempat mencoba kendaraan jenis pikap itu yang ia uji coba langsung, tapi menurut ane mantap nih ide pak Jokowi bisaa sampai memproduksi mobil dalam negeri, semoga bisa menjadi ladang peluang lapangan kerja yang besar bagi Rakyatnya ya pak.

Jokowi sangat yakin bahwa mobil Esemka bakal laku keras, hal ini di dasari bahwa mobil produksi dalam negeri itu harganya tergolong sangat murah, namun demikian kualitas pada kendaraan esemka tetap diutamakan sehingga kata murah bukan berarti murahan, berdaasarkan beberapa sumber bahwa harga mobil essemka menurut manajemennya harganya sekitar Rp. 95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras," kata Presiden usai peresmian.



Direktur Utama PT SMK Edi Wirajaya menyatakan, mobil Esemka merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Kendati bukan mobil nasional, namun diproduksi oleh perusahaan swasta nasional 100 persen, meski demikian tentunya menjadi kbanggaan tersendiri bagi kita sebagai waraga Negara Indoneia yang sudah bisa memproduksi sendiri mobil dalam Negeri. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujarnya.(https://www.inews.id/)

Terus bagaimana masalah hebohnya dugaan bahwa mobil esemka jiplakan dari changan, Menurut Jokowi :"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.(https://makassar.tribunnews.com/).



Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta, Bukan Mobil Nasional (Mobnas) seperti yang dipahami selama ini."Lebih tepatnya merupakan Mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

"Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini," ujar Eddy.(https://www.cnbcindonesia.com/news/)

Menurut gansis bagaimana?

Sumerrrr gambar Google
MafTrackarayasatriagganasabila
anasabila dan 13 lainnya memberi reputasi
8
20.3K
191
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen Journalism
icon
12.4KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.