GutSchreibenAvatar border
TS
GutSchreiben
5 Hal Wajib Untuk Kelanggengan Pernikahan
Quote:

Memiliki pernikahan yang langgeng merupakan salah satu hal yang membahagiakan. Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang awet atau berusia panjang. Namun memiliki pernikahan yang langgeng terkadang juga merupakan hal yang tak mudah bagi sebagian orang. Mereka mengalami perpisahan dan bahkan perceraian. Membuat pernikahan bertahan lama sebenarnya hal yang tak sulit jika sebuah pasangan mengetahui dan berusaha untuk melakukan hal-hal yang dapat melanggengkan sebuah pernikahan. Beberapa hal yang dapat membuat pernikahan tajan lama diantaranya mencegah konflik, meningkatkan kecintaan, menerima pengaruh dari pasangan, menyamakan cara pandang dan mengalahkan egoisme.

1. Memahami sumber konflik dan kebahagiaan
Quote:

Pernikahan yang langgeng bisa diperoleh dengan melakukan hal yang menghindarkan kemunculan konflik dalam pernikahan itu sendiri. Hal yang mencegah konflik bisa berupa pemahaman tentang orang-orang yang ada di lingkungan pasangan, peristiwa terbaru yang dialaminya, peristiwa yang akan dilalui pasangan dan hal yang dikhawatirkan serta segala impian pasangan. Dengan mengetahui segala hal tersebut, seseorang akan memiliki pedoman untuk meminimalisir kemunculan hal buruk dan melakukan hal yang dapat membahagiakan pasangan.

2. Tingkatkan kecintaan
Quote:

Mencapai suatu hal baik identik dengan usaha dan peningkatan ke arah kebaikan. Hal tersebut terlihat pada upaya yang mesti dilakukan seseorang untuk melanggengkan sebuah pernikahan. Untuk memiliki pernikahan yang awet, seseorang mesti memupuk dan meningkatkan rasa cintanya terhadap pasangannya. Peningkatan rasa cinta terhadap pasangan bisa didapatkan dengan melakukan beberapa hal seperti mengingat hal positif pada pasangan dan mengapresiasinya. Selain itu kecintaan pada pasangan juga bisa ditingkatkan dengan bernostalgia tentang hal-hal yang mempertemukan seseorang dengan pasangannya.

3. Menerima pengaruh dari pasangan
Quote:

Menerima opini pasangan dan mempertimbangkan apa yang dikatakannya merupakan salah satu hal yang dapat melanggengkan suatu pernikahan. Dengan menerima opini pasangan dan melakukan hal yang disarankannya, kesadaran bahwa nasib rumah tangga tak hanya ditentukan oleh satu pihak akan terlahir. Sifat keterbukaan terhadap pengarub dari pasangan akan membuat pernikahan menjadi awet karena pasangan akan merasa sangat dihormati ketika opininya didengarkan.

4. Menyamakan cara pandang
Quote:

Salah satu cara untuk membuat pernikahan menjadi langgeng adalah dengan memiliki keterkaitan emosional yang tinggi. Suatu pernikahan tak akan bertahan lama seiring dengan tak terkaitnya suatu pasangan secra emosional. Ikatan secara emosional bisa dibangun dengan menyamakan cara pandang terhadap hal-hal penting. Penyamaan cara pandang dapat melanggengkan sebuah pernikahan karena pandangan yang sama bisa membantu sebuah pasangan untuk mencegah hal yang memicu konflik.

5. Mengalahkan egoisme
Quote:

Sebuah pernikahan yang langgeng akan terwujud dengan adanya sinergisitas antara kedua belah pihak. Jika sebuah pasangan tidak bekerjasama dan mementingkan diri sendiri sehingga terjadi benturan kepentingan, maka kelangsungan hubungan dalam pernikahan akan terancam. Hal yang dapat menghindarkan sebuah pasangan dari konflik tersebut adalah mengalahkan egoisme. Seseorang mesti menghargai impian pasangannya. Penghargaan yang diberikan seseorang terhadap pasangannya akan membuatnya mengetahui kapan ia bisa menjalani mimpinya dan kapan ia harus berjuang membantu pasangannya dalam meraih impian.

Hal-hal yang dapat membuat sebuah pernikahan langgeng sangat membutuhkan kerjasama dan saling pengertian antara kedua belah pihak. Selain itu, melanggengkan pernikahan juga membutuhkan inisiatif dari setiap individu dalam pasangan untuk melakukan berbagai hal positif. Jadi, jika sebuah pasangan telah memahami sumber konflik dan kebahagiaan serta dapat mengalahkan egoismenya, hal baik seperti langgengnya suatu pernikahan akan tercapai.

Spoiler for referensi:
Fey1985
hammyhamzz
hvzalf
hvzalf dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.6K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.