alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d727135d439721a59201ece/diplomat-saudi-uea-mengkhianati-kami-di-yaman
Lapor Hansip
06-09-2019 21:46
Diplomat Saudi: UEA Mengkhianati Kami di Yaman
Diplomat Saudi: UEA Mengkhianati Kami di Yaman
Presiden Komite Urusan Hubungan Masyarakat Saudi-Amerika (SAPRAC), Salman al-Ansari, menyerang Uni Emirat Arab (UEA). Foto/Istimewa


RIYADH - Presiden Komite Urusan Hubungan Masyarakat Saudi-Amerika (SAPRAC), Salman al-Ansari, menyerang Uni Emirat Arab (UEA). Salman menyebut UEA telah "membodohi" Riyadh dengan dalih anggota Ikhwanul Muslimin untuk ambisi ekspansionis wilayah.

"Permusuhan terbuka kami kepada kelompok ekstremis Ikhwanul Muslimin tidak berarti dengan cara apa pun kami menjadi tertipu oleh upaya untuk melampaui tujuan strategis yang telah disepakati sesuai dengan hukum internasional, dengan melewati proyek-proyek yang absurd dan memecah belah," tulis al-Ansari di Twitter .

Baca Juga:
Kelompok Houthi Serang Bandara Saudi dengan Rudal Jelajah
AS Berencana Lakukan Pembicaraan dengan Houthi


"Pemikiran yang sempit adalah masalah menggambarkan apa yang dilakukan UEA di Yaman sebagai pengkhianatan," imbuhnya seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (5/9/2019).

Meskipun al-Ansari tidak secara eksplisit menyebutkan UEA, namun pernyataannya tampaknya berkisar kebijakan Abu Dhabi di Yaman. UEA telah berupaya untuk memperluas kendali pasukan separatis di wilayah selatan negara itu untuk membaginya.

Pernyataan al-Ansai ini secara eksplisit ditujunkan kepada tokoh-tokoh UEA yang dekat dengan otoritas seperti Abdulkhaleq Abdulla, Penasihat Pangeran Mahkota Mohammed bin Zayed.

Pernyataan al-Ansari juga bertepatan dengan pengiriman pasukan Arab Saudi ke kota Shabwah, pada hari Senin lalu, yang telah menjadi sanksi bentrokan dalam beberapa hari terakhir antara pasukan pemerintah yang didukung Koalisi dan milisi separatis yang didukung UEA.

UEA-Saudi terlibat perselisihan mengenai Yaman dalam beberapa bulan terakhir, tak lama setelah penarikan sebagian Abu Dhabi dari Koalisi pimpinan Riyadh yang mendukung pemerintah Yaman yang sah.

Ketegangan antara kedua belah pihak meningkat setelah gerakan separatis selatan, yang mengendalikan wilayah Aden dan Abyan, dengan dukungan UEA menyerang posisi tentara Yaman. Sekitar 300 orang menjadi korban, termasuk yang tewas dan cedera, menurut pernyataan Menteri Pertahanan Yaman.

Pemboman terjadi beberapa jam setelah pemerintah Yaman mengumumkan pembersihan Aden dari milisi separatis pro-Emirat setelah mereka mengambil alih Aden, karena mereka telah diusir dari kota itu setelah intervensi Saudi.
(ian)

https://international.sindonews.com/...man-1567649347
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
06-09-2019 21:57
Bingung juga.
Sebab Hadi itu muslim Brotherhood. South Yemen bau Baath Arab. Belum lagi IS & al-Qaida.

Houthi tak bisa berkembang lagi memang. Tapi Yemen tetap dalam gejolak panjang sepertinya bung!
0
Lihat 1 balasan
07-09-2019 08:04
sudah selayaknya lo itu dikhianati kawan
0
07-09-2019 08:57
ditusuk dari belakangemoticon-Betty
0
Lapor Hansip
07-09-2019 13:18
Balasan post king.mbs
masing2 proxy punya majikan sendiri2 di yaman
klo mereka senggolan, otomatis nyenggol majikannya juga

wkwkwkwk

hal sama berlaku di libya, suriah, dll

tim-teng wilayah idaman nasbung kampret emoticon-Big Grin
0
07-09-2019 21:12
Quote:Original Posted By matthysse67
sudah selayaknya lo itu dikhianati kawan


Santai kawan.
Saya rasa Belum ada yang dikhianati!
0
07-09-2019 21:16
Quote:Original Posted By dwiatmaja
masing2 proxy punya majikan sendiri2 di yaman
klo mereka senggolan, otomatis nyenggol majikannya juga

wkwkwkwk

hal sama berlaku di libya, suriah, dll

tim-teng wilayah idaman nasbung kampret emoticon-Big Grin


Saudi juga dukung STC, Yemen selatan.
0
08-09-2019 01:55
UEA punya pertimbangan sendiri. Houthi terbukti sangat tangguh selama 4 tahun ini. Pasukan dengan sandal jepit dan sarung ini tetap tegar dan tak tergoyahkan menghadapi gempuran persenjataan ultra modern koalisi keroyokan Arab Saudi. Barisan pesawat tempur F 15 Saudi dan F 16 UEA yang digdaya maupun tank-tank Abrams Saudi dan Leclerc UEA serta berbagai senjata ultra modern lainnya seolah tidak bisa menggoyahkan kekuatan Houthi. Semangat yang sangat luar biasa. Bagi UEA sih simpel saja jika tidak bisa mengalahkan Houthi sepenuhnya ya lebih baik Yaman dipecah jadi 2 Saja. Bagian utara biar dikuasai Houthi gak masalah, toh bagian utara memang mayoritas Syiah Zaidi. Biar bagian selatan yang hampir 100 % Sunni membentuk negara sendiri. Negara Yaman Selatan seperti era komunis dulu, meskipun sekarang mungkin bukan komunis lagi tapi batas-batasnya ya mengacu pada bekas negara komunis Yaman Selatan dulu.

Bagi UEA lebih baik dapat sebagian daripada memaksakan seluruhnya, toh tentara UEA sudah menduduki Pulau Socotra yang strategis dan menempatkan tentara di Hodeidah bersama pasukan pro Saleh. Apalagi wilayah Selatan Yaman adalah wilayah yang lumayan sebagai penghasil minyak di Yaman.

Tapi bagi Saudi tidak bisa demikian, Houthi harus dikalahkan sepenuhnya, karena kepentingan Saudi justru Yaman bagian utara yang berbatasan dengan Saudi bukan Yaman bagian Selatan. UEA sih enak tidak berbatasan dengan Yaman, sedangkan Saudi berbatasan langsung dengan Yaman bagian utara yang justru adalah basis terkuatnya Houthi. Ancaman langsung di perbatasannya inilah yang harus dieliminasi.

Di satu sisi ada kelompok Al-Islah Ikhwanul Muslimin bekingan Qatar membonceng di barisan pemerintahan Hadi bekingan Saudi. Tapi bagi Saudi gak masalah ada Al Islah karena terbukti kekuatan militer Al Islah di Yaman tidak cukup kuat bahkan cenderung relatif lemah dan hanya kuat di kultural Sunni Yaman Utara (yang minoritas). Tapi bagi UEA ancaman Ikhwanul Muslimin sekecil apa pun harus dieliminasi.

Kalo sudah begini dengan perpecahan di barisan UEA dan Saudi, Houthi bisa agak bernafas lega dan fokus di utara menggempur Saudi dengan drone-drone dam roket-roketnya yang terbukti sangat merepotkan Saudi. Biar di Selatan saling bantai antara proxy Saudi vs proxy UEA. Dan para Mullah di Teheran sana bisa tersenyum lebar menyaksikan komedi perang-perangan di Selatan Yaman.

profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.