• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dari Sate Rusa Sampai Nasi Para Raja, Ini Loh Kuliner Khas Kalimantan Timur

o.bestAvatar border
TS
o.best
Dari Sate Rusa Sampai Nasi Para Raja, Ini Loh Kuliner Khas Kalimantan Timur


Belum lengkap rasanya jika kita membicarakan ibukota baru tanpa tahu kenikmatan kulinernya.

Ya seperti ibukota jakarta sebelumnya yang memiliki banyak makanan khas seperti soto betawi, ketoprak, gado-gado bahkan asinan yang sangat populer.

Nah, jika kita beropini dengan kepindahan letak ibukota baru kali ini ane akan berbagi opini kira-kira makanan khas apa yang akan terkenal dan menjamur dari ibukota kutai kartanegara ini.

Kali ini TS akan merangkum dari berbagai sumber tentang kuliner khas kalimantan timur.

Sate Payau
Spoiler for rusa:

Kalau di tanah pulau jawa kita mengenal berbagai jenis sate dari sate ayam, sate kambing, sate maranggi, sate usus, sate kikil dan masih banyak lagi lainnya. Nah, kalau di kalimantan timur kita akan mengenal namanya sate payau. Terdengar asing banget kan dari namanya?

Bahkan sangat asing lagi jika kita mengetahui bahwa sate payau terbuat dari daging rusa, udah pernah nyoba belum gan?

Sate payau merupakan sate khas dari kalimantan timur, tampilannya memang biasa seperti sate pada umumnya namun sate ini sangat langka dan jarang ditemukan hanya dibeberapa festival dan acara adat saja menyediakan sate payau ini, langkanya sate tersebut karena bahan yang dibuat dari Rusa Sambar.

Kenapa dinamakan sate payau? Karena dalam bahasa kalimantan timur payau artinya adalah Rusa.
sumber

Nasi Bakepor
Spoiler for nasi:


Kalau dijakarta kita sangat mengenal yang namanya Nasi uduk dan Nasi urap sebagai makanan khasnya. Nah, jika di kalimantan timur ada yang namanya Nasi Bakepor. Dahulu nasi bakepor ini disajikan hanya untuk kalangan keluarga raja dan sultan, namun sekarang nasi bakepor bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Nasi bakepor berbahan dasar beras yang dicampur dengan minyak sayur, rempah-rempah dan  potongan ikan asin yang dimasak di dalam kuali besar. Dihidangkan bersamaan dengan daging masak bumi hangus merupakan daging bumbu kecap, serta sayur gangan asam kukar. Biasanya nasi bekepor juga disajikan bersama dengan sambal raja.

Kalau dari resepnya nasi bakepor ini hampir sama dengan nasi liwet khas sunda. Perbedaannya adalah lauk tambahan yang memang lebih maknyus dilidah.
sumber

Rabo Ruan
Spoiler for rabo ruan:


Jika kalian tinggal di ibukota jakarta pasti mengenal namanya Gabus Kluwek, makanan khas jakarta yang terbuat dari ikan gabus ditambah dengan kuah Kluwek yang berwarna hitam. Dijakarta sendiri sangat sulit untuk menikmati makanan khas satu ini. Nah, berbicara tentang ikan gabus ternyata di kalimantan timurpun memiliki makanan khas yang sama terbuat dari ikan gabus yaitu namanya Rabo Ruan.

Bedanya dengan kluwek gabus khas jakarta adalah proses masaknya, kalau rabo ruan ini dimasak dengan cara dikukus kemudian dagingnya disuwir-suwir dimasak dengan bumbu rempah-rempah ditambah santan hingga kuahnya mengering. Kalau dilihat proses masaknya sama dengan memasak rendang kering ya. Perbedaannya hanya dari bumbu yang dipakai loh.
sumber

Ayam Cincane
Spoiler for ayam:


Ayam cincane merupakan makanan khas dari kalimantan timur, ayam bakar yang dibuat dari bumbu rempah-rempah ini memberrikan rasa yang gurih dan lezat. Dimana proses masaknya harus di rebus dahulu dengan bumbu-bumbu sehingga menyerap masuk kedalam daging yang kemudian menimbulkan rasa yang khas. Setelah kering ayam cincane kemudian di angkat dan dibakar, yummmyyyy enak banget kan?
sumber

Sambal Raja
Spoiler for sambal:


Belum lengkap kalau ngomongin kuliner tanpa ngomongin sambalnya, itulah khas dan kenikmatan orang indonesia bagai makan sayur tanpa garam.

Di kalimantan timur ada yang namanya Sambal Raja, wwiihh dari namanya saja sudah seperti raja ya? Yups, memang benar dinamakan sambal raja karena sambal ini adalah pengiring nasi bakepor dimana dahulu hanya disajikan hanya untuk keluarga kerajaan.

Sambal ini terkenal pedas dengan aroma wangi antara aroma terasi bakar dan perasan jeruk nipisnya. Rasanya yang khas membuat mereka yang menyantap sambal ini nagih dan terus nagih loh pas banget nih buat kalian yang ga doyan makan untuk menggunggah selera kalian.
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
Nah, itulah deretan list kuliner yang TS rangkum dari berbagai sumber. Kalian sudah siap menikmati kuliner yang akan Hype di ibukota baru ini?

Boleh juga sebagai sarana usaha kalian loh dalam membuka warung resto. Menu yang berbeda dengan khas asli Indonesia membuat kita bangga akan kuliner tanah air. Yuk cintai kuliner indonesia lebih alami lebih sehat, bahannyapun terbuat dari rempah-rempah terpercaya loh.

shoyusushi
ontaevo
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.5K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.