alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7365508012ae4fee2a1fe0/apa-iya-mobil-esemka-jiplakan-changan-china
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapat bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan.
Lapor Hansip
07-09-2019 15:07

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Past Hot Thread
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapatn bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan, hal ini menjadikan raamai dengan banyak yang mulai menupload kemiripan antara changan dan esemka.

Kecurigaan dari publik jika Mobil Esemka Bima merupakan hasil rebadge Mobil asal China, Changan Star Truck. Sedaikit penjelasan tentang Rebadge merupakan hal lumrah di industri otomotif, seperti terjadi pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Holden Gemini-Isuzu Gemini, Ford Laser-Mazda 323, Mitsubishi Colt T120SS-Suzuki Carry Futura.(https://makassar.tribunnews.com/).

Banyak yang membuat (tagar) hastag #ChanganJiplakEsemka sehingga menjadi trending topic, Sabtu (7/9/2019), prediksi penggunaan tagar itu dimaksudkan untuk menyindir Esemka sebagai kendaraan hasil jiplakan Changan, namun siapa tahu kebenarannya apakah memang menjiplak atau hanyaa ttak sengaja mirip saja, sehingga yang awal membuatnya dianggap sebagai yang dijiplak dan yang kemudian membuat adalah yang melakukan jiplakan.

Kehadiran Esemka diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/9/2019) yang bertempat di pabrik Esemka, Boyolal, Jokowi bahkan sempat mencoba kendaraan jenis pikap itu yang ia uji coba langsung, tapi menurut ane mantap nih ide pak Jokowi bisaa sampai memproduksi mobil dalam negeri, semoga bisa menjadi ladang peluang lapangan kerja yang besar bagi Rakyatnya ya pak.

Jokowi sangat yakin bahwa mobil Esemka bakal laku keras, hal ini di dasari bahwa mobil produksi dalam negeri itu harganya tergolong sangat murah, namun demikian kualitas pada kendaraan esemka tetap diutamakan sehingga kata murah bukan berarti murahan, berdaasarkan beberapa sumber bahwa harga mobil essemka menurut manajemennya harganya sekitar Rp. 95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras," kata Presiden usai peresmian.

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Direktur Utama PT SMK Edi Wirajaya menyatakan, mobil Esemka merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Kendati bukan mobil nasional, namun diproduksi oleh perusahaan swasta nasional 100 persen, meski demikian tentunya menjadi kbanggaan tersendiri bagi kita sebagai waraga Negara Indoneia yang sudah bisa memproduksi sendiri mobil dalam Negeri. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujarnya.(https://www.inews.id/)

Terus bagaimana masalah hebohnya dugaan bahwa mobil esemka jiplakan dari changan, Menurut Jokowi :"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.(https://makassar.tribunnews.com/).

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta, Bukan Mobil Nasional (Mobnas) seperti yang dipahami selama ini."Lebih tepatnya merupakan Mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

"Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini," ujar Eddy.(https://www.cnbcindonesia.com/news/)

Menurut gansis bagaimana?

Sumerrrr gambar Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arayasatriagg dan 12 lainnya memberi reputasi
7
Halaman 1 dari 10
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:14
Kemarin belum launching, nanyain terus kapan launching!

Giliran launching bilang jiplakan.

Bilang terus terang kalau ga punya duit buat beli, jadi bisanya nyinyir pret.. kempret! emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 34 lainnya memberi reputasi
33 2
31
Lihat 4 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:17
ayo viralkan nasbung mbiar makin terkenal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:18
Bukan, gan.
itu jiplakan lamborgini, persis ame seri spyder emoticon-Leh Uga bagian sawang nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:19
Balasan post lupis.manis
Quote:Original Posted By lupis.manis
Kemarin belum launching, nanyain terus kapan launching!

Giliran launching bilang jiplakan.

Bilang terus terang kalau ga punya duit buat beli, jadi bisanya nyinyir pret.. kempret! emoticon-Wkwkwk

yaa namanya juga netijennnn apa aja pasti rameeemoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
uttah1685 dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:21
Onderdil, mesin, peripheral asal dari mana sich...emoticon-Big Grin
Kalo niat TOT noh ke Korsel udah jelas sepak terjangnya...emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edsys23 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:22
Quote:Original Posted By unwell
ayo viralkan nasbung mbiar makin terkenal emoticon-Ngakak

biar banyak yang beli esemka ya gan emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By mibmobz
Bukan, gan.
itu jiplakan lamborgini, persis ame seri spyder emoticon-Leh Uga bagian sawang nya

mirip diliat dari atap genting ya gan emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:26
Balasan post lupis.manis
Kemarin katanya laku 7000 unit tapi ga ada satu pun di jalan. Mungkin yang beli golongan jin yak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uttah1685 dan 17 lainnya memberi reputasi
14 4
10
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:27
rebadge itu biasa,...dulu Timoer jg rebadge KIA & Bimantara rebadge dr Hyundai emoticon-Cool

neh mobil Malaysia...Perodua Aruz
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Daihatsu Terios emoticon-Cool

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

ini Mobil Rumania...Dacia

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Renault Duster ....

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 9 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:27
Balasan post wahrifson
Quote:Original Posted By wahrifson
Onderdil, mesin, peripheral asal dari mana sich...emoticon-Big Grin
Kalo niat TOT noh ke Korsel udah jelas sepak terjangnya...emoticon-Smilie

ya meskipun kebanyakan komponennya masih menggunakan dari luar, ane sih sukur aje dengan adanya esemka bisa juga emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:28
Quote:Original Posted By JohnyPiring
Kemarin katanya laku 7000 unit tapi ga ada satu pun di jalan. Mungkin yang beli golongan jin yak emoticon-Ngakak


Orang ga tahu probabilitas asal jeplak.

Jadi kelihatan bodonya. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:31
Balasan post tukangbeling7
Quote:Original Posted By tukangbeling7
rebadge itu biasa,...dulu Timoer jg rebadge KIA & Bimantara rebadge dr Hyundai emoticon-Cool

neh mobil Malaysia...Perodua Aruz
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Daihatsu Terios emoticon-Cool

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

ini Mobil Rumania...Dacia

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Renault Duster ....

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??


di atas juga ane ssebut beberapa mobil yang rebadge gan,
bahkan ada negara yang suka jiplak jiplak hobinya, namun di indo rame yaemoticon-thumbsup

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:31
Quote:Original Posted By lupis.manis
Kemarin belum launching, nanyain terus kapan launching!

Giliran launching bilang jiplakan.

Bilang terus terang kalau ga punya duit buat beli, jadi bisanya nyinyir pret.. kempret! emoticon-Wkwkwk


emang lu mau beli tu mobil emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:32
Quote:Original Posted By cocktail1987
emang lu mau beli tu mobil emoticon-Cape d...


Jiah ngeles khas kampret.
Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:32
Balasan post desoel
Kagak, gan.
Klo dilihat dari atap genting yak tetep..











esmeka emoticon-Leh Uga
klo bisa berubah mah canggih gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 15:33
Balasan post lupis.manis
Quote:Original Posted By lupis.manis


Orang ga tahu probabilitas asal jeplak.

Jadi kelihatan bodonya. emoticon-Ngakak

kalo iya juga ada sisi baiknya lho gan, bisa ciptain mobil kerenemoticon-Wkwkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:39
kalo emang cuma perakitan ya ngaku aja, jgn bilangnya mobnasemoticon-Big Grin... biar gak heboh esemka mulu, capek taukkkemoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:41
Eh gan kalau udah berbau chinanogen apa barengan kayak yg sedang rame dihongkong mengenai extradisi lah jangan jangan juga kena extradisi cuman bedanya extradisi car riot/chariot (kereta kuda).

Memang sekarang ini apalagi sedang gencarnya perang dagang AS vs China wooow ...benar-benar banyak cinanya ea sampai pemilik facebook saja wifenya orang cina kalau gak salah....

Intinya untuk badan imigrasi diseluruh dunia...

Kalau cewek cina ada di indonesia gak usah dideportasi namun jika cowoknya harus dideportasi kenapa?

Karena kalau cowoknya ada potensi menjajah/yg tidak lain dapat menguasai yg ada didalam negrinya....ampir mirip penjajah lho....kecuali jika ia ada kepentingan khusus seperti kedubes atau bangasawan dahulunya....

Contoh lainnya artis wanita yang nikah dengan lakinya orang asing maka bawa ke luar !!!!

Begitu juga kalau ente punya bini orang jerman bawa kesini trus kelonin atau jajah diranjang dapur yeee....

gak pake paspor sebaiknya kalau ente TKW cewek disunting bule tarik keluar brayy!!!

Kalau enggak pake passpor kaya habib riziq yang lalu....

$upaya tidak kena denda ijin tinggal...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suastikaebiet dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:50
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??emoticon-WkwkwkApa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Diubah oleh albetbengal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 15:57
changan ini bumn china loh
klo esemka 100 persen swasta apa ini rentasan bumn sana dengan nama lain biar keliatan lebih nasionalis atau kerjasama swasta indo dengan bumn

100 persen bisnis sih ga ad yang perlu mikir terlalu jauh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:01
kalo berani, CEO PT solo blablabla ini ngomong ke publik bahwa ini kerjasama dengan perusahaan china

masalahnya buzzer mikirnya esemka itu mobnas dan bikin sendiri dari 0


delusi akut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.