ghindonesiaAvatar border
TS
ghindonesia
Wisata Candi Borobudur, Arsitektur Abad Ke-9


Pastinya sudah pada tahu semua tentang candi borobudur, candi yang indah dan memiliki arsitektur yang unik. Dengan keunikannya tersebut, membuat candi borobudur sangat dikenal hampir oleh semua kalangan. Selain itu, candi borobudur juga telah masuk kedalam situs warisan dunia. Dengan begitu, candi borobudur dilindungi oleh dunia.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. 40 km sebelah barat laut jogjakarta, 7 Km arah selatan kota magelang. Candi borobudur memiliki luas 15129 m2, dengan tinggi 35 m. Sedangkan tinggi asli 42 m termasuk bagian chattra.

Candi ini tidak memiliki ruang yang dapat dimasuki, seperti candi prambanan. Candi borobudur ini hanya memiliki undak-undakan. Walaupun merupakan tempat wisata, candi ini juga masih aktif digunakan sebagai temapat ibadah umat budha.

Yang menjadi menjadi ciri khas utama candi ini ialah terdapatnya stupa. Jumlah stupa yang dimiliki candi ini yaitu 72 stupa. Bentuk stupa ini mengerucut dan mempunyai lubang-lubang dibagian sampingnya, serta di dalamnya terdapat archa budha. Archa tersebut duduk bersila dengan tangan “mudra” dan memutar roda dharma “Dharmachakra Mudra”.

Monumen candi tersusun atas 6 teras yang berbentuk bujur sangkar. Dipadu dengan 3 latar yang melingkar. Latar tersebut dipercaya memiliki makna tersendiri bagi penganut agama budha. Makna pertama merupakan Kāmadhātu diartikan sebagai ranah hawa nafsu, sedangkan yang kedua Rupadhatu merupakan ranah berwujud, dan yang terakhir Arupadhatu merupakan ranah tak berwujud.

Jalur Transportasi

Untuk sampai ke candi borobudur anda dapat melalui jalur dari arah jogja atau semarang. Jika dari jogja, anda dapat menggunakan bis melalui terminal giwangan atau jombor. Pilih bus yang lansung menuju candi borobudur. Namun bila anda menggunakan transportasi pribadi, tentunya hal tersebut sangatlah mudah bagui anda.

Kemudia apabila Anda melalui jalur dari Semarang, Anda bisa naik bus jurusan Jogja, kemudian turun di terminal Magelang, dari sini Anda melanjutkan perjalanan kembali ke Terminal Borobudur, sesampai di terminal Borobudur, Anda bisa naik becak atau dokar untuk menuju ke pelataran Candi Borobudur.


Penginapan Murah Jogja / Penginapan murah / Wisata Candi Borobudur
Diubah oleh ghindonesia 06-01-2017 03:32
azidqi
azidqi memberi reputasi
1
649
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.