thrie.doankAvatar border
TS
thrie.doank
Mengenal Tradisi Suku Baduy
Mengenal Tradisi Suku Baduy


Suku Baduy merupakan suku yang masih memegang teguh adat istiadat dari nenek moyangnya. Hal ini terlihat dari beberapa ritual yang dilakukan oleh suku baduy dalam setiap tahun. Diantaranya adalah kawalu (ngawalu), ngalaksa, dan terakhir seba.

Secara tidak langsung, upacara-upacara sakral tersebut dilaksanakan secara berurutan. Diawali dengan kawalu sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas limpahan rezekinya baik itu hasil bumi dan lainnya, lalu dilanjut dengan ngalaksa yaitu dengan membuat laksa dan memakannya secara bersama-sama, dan dilanjutkan dengan seba atau nyeba yang merupakan acara sillaturahmi kepada pemerintah Lebak dengan membawa hasil bumi sebagai bentuk terima kasih (upeti) kepada pemda Lebak.

KAWALU

Spoiler for :


Kawalu yaitu upacara yang dilakukan dalam menyambut bulan kawalu pada kalender baduy. Dalam bahasa mereka kembalinya padi dari huma (ladang) ke Leuit(lumbung padi). Biasanya upacara ini dilaksanakan dengan berpuasa selama sehari dalam sebulan. Sedangkan kurun waktu kawalu yaitu selama 3 bulan. Dalam rentan waktu 3 bulan tersebut, tidak boleh ada wisatawan yang berkunjung ke Baduy untuk menjaga kesakralan dari upacara tersebut.

Upacara kawalu merupakan bentuk rasa syukur masyakarakat Baduy terhadap Tuhan atas limpahan rezekinya baik itu hasil bumi maupun kerajinannya. Juga sebagai rasa terimakasih terhadap alam yang mereka tinggali. Karena dengan alam lah mereka akhirnya bisa bercocok tanam sehingga mereka tidak kelaparan atau tidak kehausan.

NGALAKSA
Spoiler for Ngalaksa:


Upacara ngalaksa merupakan dari upacara kawalu. Ngalaksa ditandai dengan membuat mie laksa, sejenis mie dari tepung beras seperti kwetiau dan dimakan secara bersama-bersama. Upacara ini wajib bagi seluruh warga baduy untuk mengikutinya baik itu baduy dalam dan baduy luar. Karena ngalaksa ini juga bertujuan untuk menghitung populasi masyarakat baduy secara keseluruhan. Bisa dibilang ngalaksa ini merupakan bentuk sensus penduduk dari suku baduy.

NYEBA atau SEBA

Spoiler for SEBA:

Upacara Seba atau Nyeba merupakan upacara lanjutan dari kawalu dan ngalaksa. Upacara ini merupakan bentuk sillaturahmi masyarakat Baduy terhadap penguasa dalam hal ini pemprov Banten. istilah ”seba“ berasal dari kata ”nyaba“. Dalam Kamus Bahasa Sunda, istilah ini berarti ”menyapa yang mengandung pengertian datang dalam rangka mempersembahkan laksa disertai hasil bumi lainnya kepada penguasa nasional“.

Dari ketiga upacara baduy diatas, upacara seba ini yang sifatnya terbuka untuk umum. Semua masyarakat selain baduy bisa menyaksikan upacara ini tanpa ada larangan adat dari masyarakat Baduy. Upacara ini mereka lakukan dengan membawa hasil panen dari ladang mereka kepada pemprov Banten dengan berjalan kaki. Nyeba ini juga sebagai bentuk terima kasih mereka (upeti) terhadap pemprov Banten dan juga sebagai bentuk sillaturahmi terhadap penguasa.



Thread Lainnya :




Diubah oleh thrie.doank 10-01-2017 01:32
0
26.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.