kenzie16465
TS
kenzie16465
Udah Siap Jadi Orang Tua? Ketahui 5 Hal Yang Tidak Boleh Orang Tua Lakukan Pada Anak




Orang tua memiliki peran penting di dalam tumbuh kembangnya anak. Untuk itu, orang tua harus bijaksana dalam mendidik dan memperlakukan anak.


Mendidik anak memang menjadi tanggung jawab dan tugas yang cukup berat. Ada yang bilang mendidik anak sama seperti membuat sebuah maha karya, ada juga yang bilang mendidik anak adalah seni. Bahkan, ada juga yang bilang bahwa mendidik anak sama seperti membangun perusahaan.

Nah, untuk calon orang tua yang sedang menantikan buah hati tercinta, yuk ketahui beberapa hal penting yang tidah boleh orang tua lakukan pada anak berikut ini.


1. Marah kepada anak secara berlebihan



Pada masa tumbuh kembangnya, terkadang ada saja tingkah laku yang kerap kali mengundang emosi. Boleh saja memarahi anak ketika dia membuat suatu kesalahan, namun harus sesuai dengan kesalahan apa yang diperbuat dan tidak boleh berlebihan. 
Sebagai orang tua yang bijaksana, jangan sampai kamu marah dengan anak lebih dari 10 menit. Kenapa? Karena saat anak dimarahi oleh orang tuanya, di dalam hati nya timbul sebuah pertanyaan. "Kok papa/mama sebegitu marahnya ya sama aku?", "Apakah papa/mama masih sayang sama aku?".

Jika pertanyaan itu terlalu lama tidak ada respon atau jawaban, secara otomatis alam bawah sadar si anak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. "Papa/mama sudah tidak sayang lagi sama aku.", "Papa/mama sudah tidak menginginkan ku lagi.".

Nah, sebelum jawaban itu muncul, maka janganlah kamu marah terlalu lama kepada anak. Setelah kamu memarahinya, jawablah segera pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bagaimana caranya? Kamu bisa langsung memeluk anak dan meminta maaf kepada nya. Utarakan kepada anak apa alasanmu memarahi dia, beri pengertian kepada anak kesalahan apa yang sudah dia lakukan sehingga membuatmu marah.


2. Jangan sampai ada dualisme



Anak: "Mah, boleh ya aku maen gadget sebentar?"
Mamah: "Gak boleh, kalau kamu mau maen gadget kamu harus belajar dulu!"
Papa: "Udah nak, tidak papa maen gadget aja, jangan dengerin mamahmu! Lagian kamu kan juga butuh hiburan."


Percakapan diatas adalah contoh dualisme ketika mendidik anak. Mamahnya ingin anak belajar dulu baru maen gadget, sedangkan ayahnya memperbolehkan maen gadget dan tidak belajar. Hal ini sering terjadi bukan?

Nah, sebagai orang tua yang bijaksana, jangan sampai ada dualisme ketika mendidik anak. Hal tersebut akan membuat anak membenci salah satu dan menyukai salah satu orang tuanya. Lebih parahnya lagi, anak akan menjadi pribadi yang tidak punya prinsip. Karena salalu ada dualisme dan ketidak pastian di dalam hidupnya.


3. Membanding-bandingkan anak dengan orang lain, termasuk dengan saudaranya sendiri



Selanjutnya, jangan membanding-bandingkan anak dengan orang lain, termasuk dengan saudara kandungnya sendiri. Memang sih semua orang tua pasti menginginkan anaknya punya tingkat kepandaian yang menonjol. Namun, sayangnya kenyataan tak selalu sesuai dengan harapan.

Setiap anak memiliki porsinya tersendiri di dalam suatu bidang. Tidak ada anak yang bisa menguasai semua bidang dengan sempurna. Sebagai orang tua yang bijaksana, janganlah membanding-bandingkan anak dengan orang lain, termasuk dengan saudaranya sendiri. Lebih baik, bantu anak untuk memaksimalkan potensi yang di milikinya.


4. Melewatkan 10 menit terakhir sebelum tidur dan 10 menit pertama setelah bangun



Hal ini yang terkadang di lewatkan oleh kebanyakan orang tua. Karena kebanyakan orang tua zaman sekarang lebih menyibukkan diri dengan gadgetnya atau pekerjaannya dari pada meluangkan waktu untuk anak. Perlu kamu ketahui, apa yang anak lihat dan rasakan pada 10 menit terakhir sebum tidur dan 10 menit pertama setelah bangun, sangat mudah untuk masuk ke alam bawah sadarnya.

Hal ini perlu kamu manfaatkan sebagai orang tua, manfaatkan waktu tersebut seperti memeluknya, membacakan dongeng, atau sekedar ngobrol dengan anak. Dan saat bangun pagi, usahakan apa yang pertama kali dilihat anak adalah orang tua. Hal ini bisa menguatkanmu di alam bawah sadarnya. Maka dari itu, sebagai orang tua yang baik, jangan sampai melewatkan 10 menit terakhir sebelum tidur dan 10 menit pertama setelah bangun bersama anak.


5. Bertengkar di depan anak



Setiap hubungan tak akan luput dari suatu masalah, baik itu masalah kecil ataupun besar. Meski sudah berusaha untuk tetap sabar menjalaninya, terkadang masih ada saja yang membuat terpancing emosinya, sehingga kemarahan pun pecah tak terkendali yang mengakibatkan pertengkaran dengan pasangan.

Namun, apabila kamu sudah menjadi orang tua, jangan sampai kamu bertengkar dengan pasangan di depan anakmu. Karena hal itu akan mengganggu psikologis dan mental anak.


6. Memuji anak terlalu berlebihan



Setiap orang tua pasti bangga jika anak bisa mencapai suatu prestasi tertentu. Misalnya anak dapat ranking 1 di sekolah, orang tua pastinya bangga dong, sehingga sehingga segala pujianpun di tujukan ke anak. Sebaiknya jangan memuji anak terlalu berlebihan.

Dari pada memuji anak karena ranking 1, lebih baik memuji anak karena perjuangannya. Kamu bisa sampaikan ke anak, "kamu hebat nak bisa ranking 1, semua itu karna kamu rajin belajar". Jika kamu biasakan untuk memuji setiap perjuangannya, alhasil dia akan menjadi anak yang suka berjuang.


Itulah ke-enam hal yang tidak boleh orang tua lakukan kepada anak. Meski demikian, masih banyak orang tua yang salah kaprah dalam memperlakukan anak. Untuk itu, sebagai orang tua yang bijaksana, yuk kita perbaiki apa yang salah dari kita dalam mendidik anak.


Spoiler for TS:

Diubah oleh kenzie16465 03-09-2019 11:10
maf869pinguinidiotcheria021
cheria021 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
10.6K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.