GutSchreiben
TS
GutSchreiben
5 Aksi Protes Terbesar Dan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Quote:

Para penggagas aksi-aksi protes seperti Mohandas Gnadhi atau Martin Luther King tak menyadari pengaruh yang mereka berikan terhadap dunia karena pergerakan yang mereka ciptakan. Aksi-aksi protes mereka tersebut menginspirasi generasi-generasi setelahnya untuk melakukan, aksi yang tak kalah besar. Di bawah ini merupakan aksi protes Gandhi dan Martin Luther King, serta beberapa aksi yang berpengaruh di dunia.

1. Iring-iringan Garam Gandhi
Quote:

Iring-iringan Garam Gandhi merupakan sebuah aksi protes yang sangat besar. Aksi ini terjadi pada tahun 1930 dan disebabkan oleh kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Inggris terhadap masyarakat India. Para penjajah tersebut memonopoli dan memberlakukan pajak yang tinggi untuk garam. Hal tersebut tidak disetujui oleh Gandhi sehingga dia mengumpulkan pendukungnya di jalan. Protes tersebut berlanjut hingga negosiasi Gandhi di London.

2. Iring-iringan Washington
Quote:

Unjuk rasa Washingron merupakan aksi dari warga AS yang berkulit hitam. Aksi ini terjadi karena masih adanya ketidaksetaraan setelah penghapusan perbudakan terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat. Unjuk rasa Washington menuntut para penegak hukum untuk mengambil tindakan atas ketidaksetaraan yang masih terjadi. Dalam unjuk rasa tersebut, Martin Luther King menyampaikan pidatonya yang berjudul I Have a Dream.

3. Lysistrata
Quote:

Lysistrata adalah aksi protes yang digagas dan dilakukan oleh wanita. Aksi protes ini ditandai dengan adanya 'sex strike' dimana para wanita menyatakan untuk tidak akan melaukan 'hubungan seks' dengan suami atau kekasihnya sebelum perang berhenti. Aksi Lysistrata juga terjadi pada saat perang sipil Liberia. Para wanita melakukan protes tersebut sehingga berakhirlah perang sipil yang telah berlangsung selama 13 tahun tersebut.

4. Aksi bakar diri Thich Quang Duc
Quote:

Aksi bakar diri Thich Quang Duc merupakan aksi protes yang dilakukan oleh seorang biksu di sebuah jalan di Saigon. Aksi ini bukanlah ke pertama namun telah mengguncang dunia. Tak hanya menggemparkan masyarakat, aksi bakar diri tersebut juga membuat cara protes masyarakat semakin beragam. Aksi bakar diri juga pernah dilakukan oleh seorang warga Amerika Serikat yang meminta agar perang segera dihentikan. Tak hanya itu, seorang vendor buab asal Tunisia juga melakukan aksi bakar diri untuk memprotes pemerintah yang ofensif.

5. Take back the Night
Quote:

Sejak tahun 1970an, peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan Take back The Night merupakan aksi yang memprotes ketidaksetaraan terhadap perempuan. Aksi-aksi tersebut dilakukan secara konsisten sehingga bisa ditemukan beberapa waktu belakangan. Salah satu contoh aksi tersebut adalah Slutwalk. Slutwalk merupakan sebuah aksi protes yang dilakukan terhadap seorang polisi Toronto yang menggeneralisasi bahwa perempuan merupakan penyebab pelecehan seksual.

Aksi-aksi protes terbesar menunjukkan bahwa masyarakat punya kekuatan dan keinginan untuk merubah nasibnya. Dalam beberapa kejadian, aksi ini juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk mengoreksi hal-hal yang belum sesuai di masyarakat. Tak hanya itu, beberapa aksi protes juga dijadikan sebagai bentuk perlawanan masyarakat untuk menyelamatkan bangsanya dari ketertindasan.

Spoiler for referensi:


MasUzzanmamaproduktifm4r1c0
m4r1c0 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
10.9K
89
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.