benben1404Avatar border
TS
benben1404
Olahraga Sebelum Tidur, Aman Nggak Sih?
Mobilitas yang tinggi di pagi dan siang hari membuat sebagian orang sulit untuk menyisihkan waktu buat berolahraga. Karena faktor kesibukan inilah, banyak yang kemudian memilih berolahraga pada sore, bahkan malam hari sebelum tidur. Apakah Agan salah satunya?
Banyak beredar kabar bahwa berolahraga malam hari sebelum tidur itu bakal merusak siklus tidur dan berdampak buruk bagi kesehatan.  Bener nggak sih kabarnya?

Olahraga malam hari mengganggu siklus tidur?



Berolahraga memang bakal meningkatkan detak jantung, serta suhu tubuh seseorang. Kegiatan ini juga bakal menstimulasi hormon-hormon, seperti kortisol dan adrenalin yang bisa membuat kita tetap terjaga. Tapi ternyata, berdasarkan penelitian teranyar yang dilaksanakan oleh Institut Teknolofi Konfederasi Zurich, olahraga sebelum tidur boleh dilakukan dan nggak akan berpengaruh pada siklus tidur seseorang.  

Sebuah polling yang dilakukan National Sleep Foundation menemukan bahwa 83 persen orang yang berolahraga—entah itu pagi atau malam—melaporkan bahwa mereka tidur lebih pulas dibanding mereka yang nggak berolahraga sama sekali.

Jadi, berolahraga sebelum tidur itu aman, Gan, dan nggak akan mengganggu siklus tidur, 
asalkan Agan tetap mengikuti aturan-aturan ini nih :



Quote:



Itu dia Gan, beberapa fakta tentang olahraga di malam hari. Jadi sebenarnya, olahraga di malam hari nggak akan mengganggu siklus tidur kita, kok, asalkan kita melakukannya sesuai aturan di atas. 

Soal kapan waktu yang tepat untuk berolahraga, entah itu pagi atau malam, sebenarnya tergantung tubuh masing-masing. Kalau memang nggak terbiasa untuk bangun pagi dan berolahraga, nggak perlu khawatir.  Kapanpun waktunya, berolahraga pasti bermanfaat bagi tubuh asalkan dilakukan dengan konsisten.
 
 
Spoiler for Referensi:




ziont
ziont memberi reputasi
1
1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.