lintankleenAvatar border
TS
lintankleen
Mengenal MBTI melalui Delapan Fungsi Kognitif
Hei, ini thread pertama saya! emoticon-Smilie

Udah ada yang pernah nyobain tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)? Itu lho, tes kepribadian yang nantinya bakal nganterin kalian ke sebuah jawaban tipe kepribadian yang terdiri dari 4 abjad (ESTJ, INTP, INFJ, dsb). Udah pernah? Tos dulu, kalian asyik. Belum pernah? Tos dulu, kalian tetep asyik. emoticon-Blue Guy Peace

Jadi gini bagi yang belum tau apa itu MBTI. MBTI adalah tes kepribadian yang dikembangkan sama Katherine Briggs dan anaknya, Isabell Myers. Tes ini didasari oleh teori dari Carl Jung. MBTI ini udah lumayan populer di luar sana, karena dianggap lebih akurat dibandingkan tes Sanguine-Koleris-Melankolis-Plegmatis atau tes-tes semacamnya. Sayangnya, kebanyakan orang dapet tipe kepribadian MBTI mereka lewat tes yang biasanya hanya berdasarkan perbedaan E/I, N/S, F/T, J/P. Padahal di balik empat huruf itu, ada sesuatu yang lebih bisa menentukan dan memperjelas tipe kepribadian orang.

Langsung aja ya. Kepribadian menurut MBTI terbagi menjadi 16 tipe, yaitu:

The Guardians : ESTJ, ESFJ, ISTJ, ISFJ
The Artisans : ESTP, ESFP, ISTP, ISFP
The Intellects : ENTP, ENTJ, INTP, INTJ
The Idealists : ENFP, ENFJ, INFP, INFJ

Sebelum masuk ke topik ini, bagi kamu yang pernah ambil tes MBTI, coba LUPAKAN dulu sementara hasil tes online kalian selama ini. Saya takutnya kalian udah pada terlalu teracuni dengan hasil itu dan nantinya berkembang dengan stereotype 'kepribadian' kalian (misalnya, "INTJ kan cool, kalo gitu saya juga harus cool dong,") sampe kalian lupa sifat asli kalian gimana (saya udah liat sendiri korbannya lol).

Oke, fungsi-fungsi kognitif. Fungsi-fungsi kognitif itu adalah sesuatu yang menjelaskan bagaimana tiap kepribadian bekerja. Setiap orang punya 8 fungsi, yang terdiri 4 introverted functions dan 4 extraverted function. Tapi pada umumnya, orang-orang hanya fokus ke 4 fungsi paling utama.

Susunan fungsi dibagi menjadi dua, yaitu antara IEIE atau EIEI (I= Introverted Function, E= Extraverted Function) Dua fungsi paling utama (dominant function dan auxiliary function) adalah fungsi yang memengaruhi kebiasaan dan sikap kalian, dan dua fungsi terakhir (tertiary function dan inferior function) biasanya hanya muncul waktu kalian lagi stress.

Gambaran kasarnya ya gini deh, makin ke fungsi terakhir, pengaruh fungsi itu ke sikap kamu makin lemah. Fungsi ketiga dan keempat hanya nongol jarang-jarang. Fungsi kelima sampai kedelapan apalagi, itu udah jadi fungsi-fungsi yang biasanya muncul pas kamu marah gila-gilaan dan besok harinya kamu nyesel kenapa kamu begitu. Pernah? Jeng jeng. Saya sering sih. Eh ya udah sih.

Jadi, 8 fungsi yang ada di MBTI itu adalah:

Se: Extraverted Sensing
Si: Introverted Sensing
Ne: Extraverted iNtuiting
Ni: Introverted iNtuiting
Te: Extraverted Thinking
Ti: Introverted Thinking
Fe: Extraverted Feeling
Fi: Introverted Feeling

Delapan fungsi kognitif ini penting banget untuk dimengerti saat kita belajar tentang 16 tipe kepribadian MBTI. Biasanya orang-orang bakal beranggapan kalau beda satu huruf itu nggak terlalu ngerubah sifat ("Aku ESTJ, dia ENTJ. Dia hanya versi N-nya aku sih,"). Padahal ya belum tentu, karena dengan satu huruf berbeda bisa aja fungsinya udah cukup berubah.

Jadi, dari kedelapan fungsi tersebut, kalau disilang-silang kita bisa dapetin 16 tipe kepribadian dengan susunan fungsi-fungsi yang berbeda:

ESFJ : Fe Si Ne Ti
ISFJ : Si Fe Ti Ne
ISTJ : Si Te Fi Ne
ESTJ : Te Si Ne Fi

ENTJ : Te Ni Se Fi
INTJ : Ni Te Fi Se
INTP : Ti Ne Si Fe
ENTP : Ne Ti Fe Si

ENFJ : Fe Ni Se Ti
INFJ : Ni Fe Ti Se
ENFP : Ne Fi Te Si
INFP : Fi Ne Si Te

ISFP : Fi Se Ni Te
ESFP : Se Fi Te Ni
ESTP : Se Ti Fe Ni
ISTP : Ti Se Ni Fe

Kayak liat barisan itunya Kimia ya. Saya juga nganggepnya gitu pertama kali liat fungsi-fungsi ini. Apaan, gitu.

Nah, oke, fokus. Biar makin jelas, berikut deskripsi/ ciri-ciri tiap-tiap fungsi. Maap kalau ada kesalahan, saya nulis ini berdasarkan hasil pemahaman saya selama ini. Boleh banget dikoreksi lho emoticon-Smilie

PERCEIVING FUNCTIONS:

Se: Extraverted Sensing (ESxP)

Quote:


Si: Introverted Sensing (IS*J)

Quote:


Ne: Extraverted Intuition (EN*P)

Quote:


Ni: Introverted Intuition (IN*J)

Quote:


JUDGING FUNCTIONS:

Te: Extraverted Thinking (E*TJ)

Quote:


Ti: Introverted Thinking (I*TP)

Quote:


Fe: Extraverted Feeling (E*FJ)

Quote:


Fi: Introverted Feeling (I*FP)

Quote:


-----

OOOOKEEE
Jadi, buat nentuin gimana dan apa tipemu, mari kita perhatikan tiga hukum njelimet berikut ini:

Pertama,kalau kamu ekstrovert, fungsi utamamu PASTI adalah fungsi eksternal (Te/Ne/Se/Fe). Tapi, kalo kamu introvert, fungsi utamamu PASTI adalah fungsi internal (Ti/Ni/Si/Fi).
Kedua, ingat, fungsi utama yang internal SELALU diikuti oleh fungsi kedua yang eksternal; dan sebaliknya. Inget susunan fungsi di awal tadi, kalo nggak IEIE ya EIEI (ex: kalau fungsi awalmu Ni, berarti fungsi keduamu OTOMATIS adalah Te/Fe. Kalau fungsi awalmu Ne, fungsi keduamu Ti/Fi).
Ketiga, fungsi [Ti/Te-Fe/Fi] dan [Ni/Ne-Se/Si] adalah fungsi yang berlawanan. Kalau satu dari mereka diletakkan sebagai fungsi pertama (katakanlah Ti), fungsi yang berlawanan (dalam hal ini Fe) OTOMATIS akan menjadi fungsi terakhir. Bingung? Iya saya juga bingung jelasin, mohon maap, tapi gini deh saya kasih tulisannya:

Ti x x Fe (dan sebaliknya)
Te x x Fi (dan sebaliknya)
Ni x x Se (dan sebaliknya)
Ne x x Si (dan sebaliknya)

Jadi ya gampangnya, kamu hanya perlu tentuin fungsi pertama dan keduamu, karena secara otomatis fungsi ketiga dan keempat bakal udah ada sejak kamu tentuin yang 1 & 2.

MISALNYA.
1. Kamu udah dapet fungsi pertama mana yang kamu banget. Btw, tentuin kamu itu ekstrovert atau introvert dulu. Reminder aja, Se/Ne/Te/Se adalah fungsi ekstrovert/ EKSTERNAL, dan Si/Ni/Ti/Si adalah fungsi internal/ INTROVERT. Nggak mungkin seorang ekstrovert fungsi utamanya internal. Kalo iya, ya berarti kamu introvert. Hukum sebaliknya juga begitu.
2. "Ooooh, Si aku banget! Aku paling sering gitu soalnya,".
3. Secara otomatis fungsi kamu udah begini: Si x x Ne.
4. Tentuin fungsi kedua kamu.
5. "Hmmm. Aku lebih sering pake feeling sih..."
6. Fe. Kamu dapet Fe. Nggak bisa dapet Fi. Jadi secara otomatis fungsinya jadi begini: Si Fe Ti Ne. Tipe apa itu? ISFJ.
7. Tadaaah

Masih agak kurang jelas? Maap :') Contoh lain, yak.
1. Kamu ekstrovert. Kamu orang yang imajinasinya liar. Dahsyat. Mengalir terus bikin kamu capek nggak bisa tidur karena mikirin ide-ide gilamu itu. Kamu bagaikan seorang visioner yang dihiasi ratusan kemungkinan di pikiranmu. Temen-temenmu jengkel karena kamu kalo ngomong ngalor ngidul nggak jelas juntrungannya. Ada yang nyeletuk, "Realistis dikit dong, woy.". Fungsi utamamu? Ne. Artinya Ne x x Si.
2. Kamu logis. Kamu suka ubek-ubek informasi dari dalem, kepo banget gitu, nggak mudah percaya kalo denger informasi karena kamu harus cari tau sendiri. Meskipun kamu friendly, kata temen-temen kamu asal nyablak kalo ngomong. Bikin orang lain sakit ati. Tapi di sisi lain kamu sebenernya baik dan pengen ngejaga mereka semua. Tapi ya itu, omonganmu nganu. Fungsi keduamu? Ti. Artinya x Ti Fe x
3. Ne Ti Fe Si = ENTP

Nah! Sekarang coba tentuin tipe kamu apa lewat fungsi-fungsi itu. Mana yang paling memengaruhi sikap dan tindakan kamu selama ini? Kalau udah dapet barisan fungsinya, tentuin tipe apa kamu itu sebenernya. Ribet dan njelimet emang, tapi sekali dipelajarin dengan serius.... MBTI. itu. asyik. baNGET. Saya berasa keracunan MBTI.

Btw mungkin tambahan ini bisa ngebantu:
Quote:


Thanks for reading!
Silahkan kalau mau post result tipe MBTI agan berdasarkan fungsi-fungsi kognitif ini! Tanya-tanya juga boleh banget, saya usahakan buat bantu sekuat pemahaman saya.

Mohon kerukunannya ya emoticon-Blue Guy Peace
Polling
8702 hari lagi - 0 suara
Apa Fungsi Utamamu?
Diubah oleh lintankleen 10-04-2015 02:35
0
38.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.